seo

SEO bukanlah hal yang baru. Pasti ada formula yang bisa kita salin dari data yang ada di luar sana, bukan?

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan bagaimana cara membangun halaman yang berada pada peringkat nomor satu di Google secara konsisten.

Apa hal-hal yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin terus berada pada peringkat nomor satu atau bahkan di halaman pertama Google? Jadi, inilah beberapa data yang kami temukan di web. Banyak data yang kami temukan berasal dari Backlinko, Authority Hacker, dan Ahrefs. Mari kita mendalaminya.

1. Ajukan pertanyaan pada judul Anda.

Tag judul berbasis pertanyaan biasanya memiliki tingkat CTR 14% yang lebih tinggi. Dengan kata lain, judul tersebut mengundang klik. Jika Anda berada pada peringkat nomor dua di Google tetapi listing Anda mendapat lebih banyak klik dari yang berada pada daftar nomor satu, menurut Anda apa informasi yang diberitahukan kepada Google?

Ini memberitahu Google bahwa daftar nomor dua harus menjadi nomor satu, dan daftar nomor satu harus turun ke daftar nomor dua. Jadi pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan dalam tag judul Anda.

Baca Juga : 10 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui !

Tidak hanya Backlinko yang memiliki data itu, tetapi ClickFlow oleh Eric Siu juga mendapati data yang serupa. Jadi dengan kata lain, ajukan pertanyaan dalam judul Anda.

2. Tulis tag judul sepanjang 15 sampai 40 karakter

Biasanya tag judul yang panjangnya 15-40 karakter bekerja dengan lebih baik. Kami menemukan bahwa zaman sekarang, tag judul yang lebih pendek bekerja dengan sangat baik.

Salah satu alasan utamanya adalah, banyak dari kita yang sekarang online dari perangkat seluler, kita tidak lagi hanya menggunakan laptop, atau komputer desktop. Bahkan, Google sekarang memiliki lebih banyak pencarian melalui perangkat seluler daripada perangkat komputer desktop. Ini menunjukkan bahwa konten yang singkat dan lugas bekerja dengan sangat baik.

Tempat Kursus Digital Marketing & Website Terbaik

Yang menarik adalah Etsy melakukan penelitian dan mereka menemukan bahwa hal ini tidak hanya berlaku pada tag judul tetapi juga pada URL. Ketika mereka juga memperpendek URL mereka, URL-nya bekerja dengan lebih baik dari sebelumnya.  

Baca Juga : 9 Tips Jitu Buat Toko Onlinemu Sukses dan Menghasilkan Profit Besar

3. Tambahkan deskripsi meta

Saya tahu ini tampak seperti akal sehat dan kita berpikir bahwa kita semua punya deskripsi meta. Tapi selama kami berjelajah menggunakan Ubersuggest dengan aplikasi kami sendiri, kami melihat lebih dari 30% situs yang tidak punya tag meta. Sebaliknya mereka hanya membiarkan Google memasukkan deskripsi meta untuk mereka.

Sekarang, ini masalahnya, dengan menambahkan deskripsi meta, Anda bisa mendapatkan klik 5,8%  lebih banyak. Sederhana, mudah dilakukan, karena dengan begitu Anda mengendalikan bahasa, teks, dan pesan yang Anda sampaikan yang membuat naskah tulisan Anda lebih menarik daripada naskah tulisan milik pesaing Anda.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

4. Optimalkan untuk featured snippet

Menurut Ahrefs, 50% hingga 65% dari semua posisi nomor satu didominasi oleh featured snippet. Dan menambahkan markup terstruktur (structured markup) ke situs Anda, membantu mewujudkan hal tersebut.

Itu juga membuat situs Anda sangat ramah untuk perangkat seluler (mobile friendly)yang juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic. Jadi tambahkan markup terstruktur, karena itu akan meningkatkan peluang Anda untuk ditempatkan di kotak featured snippet.

Baca Juga : Digital Marketing : Definisi dan Relevansi untuk bisnis saat ini

5. Penempatan dan kepadatan kata kunci masih merupakan hal yang penting

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Authority Hacker, setelah mereka menganalisis
1 juta SERPS, ditemukan bahwa menempatkan kata kunci Anda dalam tag h1, tag meta, seperti deskripsi meta dan tag judul menunjukkan korelasi yang jauh lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat di halaman satu.

Jadi dengan kata lain, taktik lama yang biasa kita lakukan enam, tujuh bahkan 10 tahun yang lalu masih sangat penting.  

Jaga kepadatan kata kunci sekitar 1%, 4% bahkan 5% sudah dianggap terlalu berlebihan dan kini algoritma Google sudah cukup pintar. Mereka tahu bahwa ketika Anda berbicara tentang makanan anjing, anda juga membicarakan tentang pit bull, makanan anjing, atau makanan anak anjing, dan semua jenis kata kunci terkait.

Dengan kata lain, mereka memiliki kerangka yang besar dalam tesaurus dan kamus sehingga mereka dapat mengetahui apa yang sebenarnya orang maksud. Mereka tahu bahwa ketika Anda mengetik apel, Anda mencari apel yang Anda makan atau komputer Apple sehingga Anda tidak memerlukan banyak hal.

Baca Juga : Cara-Cara Digital Marketing Yang Bisa Diterapkan Bagi Bisnis Anda atau Start-up

Dan jika Anda mencoba mencari tahu bagaimana melakukan semua hal ini untuk mengoptimalkan tag judul, tag meta dan tag h1 Anda, Anda tidak perlu melakukannya secara manual. Anda bisa memasukkan URL ke dalam Ubersuggest dan klik pada laporan laporan site audit/audit situs pada bagian kiri navigasi dan  halaman tersebut akan memberi tahu perubahan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan kata kunci tertentu.

6. Menambahkan kata kunci Anda pada URL.

Rata-rata, URL dengan kata kunci memiliki CTR 45% lebih tinggi dibandingkan dengan URL yang tidak mengandung kata kunci yang dicari banyak orang.

Anda telah melihat tag judul dan deskripsi meta yang mengundang klik dan tentu saja melakukan hal-hal semacam itu bisa membantu, tetapi memiliki kata kunci Anda di URL juga memberitahu pencari hasil ini adalah yang saya cari.

Baca Juga : Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) dan Bagaimana Menggunakannya?

7. Optimalkan untuk topik induk.

Contoh yang baik dari poin ini adalah, panduan pemula SEO oleh Moz. Jadi, Moz memiliki banyak artikel tentang SEO. Namun, jika Anda melihat panduan pemula mereka, mereka memiliki halaman utama yang berbicara tentang SEO  dan ikhtisarnya, lalu mereka masuk ke masing-masing bagian SEO yang berbeda mulai dari optimasi halaman hingga membangun tautan dan semuanya  kembali lagi ke halaman induk melalui tautan internal. Peringkat Anda akan naik jika Anda melakukannya.

Baca Juga : Berjualan Di Instagram : 5 Langkah Untuk Menghasilkan Uang & Mengembangkan Bisnis di Instagram

8. Halaman format panjang

Menurut sebuah studi oleh Brian Dean, halaman format panjang adalah yang paling mendominasi halaman satu. Konten format panjang mendapatkan klik 77% lebih banyak dan engagement sosial yang jauh lebih banyak. Bukan berarti Anda otomatis masuk ke halaman pertama jika Anda menulis tulisan yang panjang dengan asumsi bahwa orang ingin membaca tulisan dengan format yang panjang.

Jika seseorang hanya mencari dua tambah dua, mereka menginginkan jawaban bahwa dua tambah dua sama dengan empat, mereka tidak menginginkan artikel sepanjang 5 ribu kata. Tapi jika artikel Anda panjang, orang-orang akan mencari pembahasan yang dalam, nilai, artikel yang mendidik, yang bisa ditindaklanjuti dan membuat mereka tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Jika artikel Anda memenuhi kriteria itu, artikel itu akan berhasil menempati halaman pertama karena Anda memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Sumber : Neil Patel Youtube Channel : https://www.youtube.com/watch?v=LEUb_wTHv4I