Digital Marketing menjadi prioritas bagi bisnis di seluruh dunia karena lebih banyak orang menggunakan internet saat ini. Kami akan melihat masalah-masalah berikut:

  • Digital Marketing
  • Perbedaan antara Digital Marketing dan Marketing Biasa
  • Masalah Konten dan User Experience
  • Digital Marketing dan platform konsumen
  • Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Sumber : https://blogs.salford.ac.uk/business-school/digital-marketing-definition-relevance/

Digital Marketing

Digital Marketing adalah proses mengintegrasikan platform dan pengalaman pelanggan melalui saluran digital. Digital Marketing menawarkan prospek untuk meningkatkan dan menambahkan interaksi dan hubungan dengan pelanggan saat ini dan calon, Misalnya melalui situs jejaring sosial, sistem pesan instan, dan aplikasi seluler (aplikasi).

Video dan infografis berikut ini akan memperkenalkan kita tentang Digital Marketing dan termasuk wawancara dengan Dr. Aleksej Heinze.

Pemasaran Fisik versus Digital Marketing

Marketing atau pemasaran melibatkan pemahaman akan kebutuhan prospek dan pengembangan produk dan layanan yang akan menarik bagi pembeli. Ini juga mencakup kegiatan seperti promosi dan penjualan produk dan layanan, riset pasar dan iklan.

Selama bertahun-tahun bentuk fisik pemasaran sebagian besar digunakan untuk menjangkau pelanggan. Namun, evolusi dan popularitas teknologi informasi telah meningkatkan pentingnya kegiatan pemasaran digital ( Digital Marketing ). Digital Marketing menggunakan metode pemasaran yang tergantung pada penggunaan teknologi seperti jejaring sosial sementara pemasaran fisik tergantung pada kemampuan pelanggan untuk menyentuh atau berinteraksi dengan produk dan layanan untuk mengetahui produk-produk ini dalam kenyataan. Misalnya, pemasaran fisik dapat mencakup konsultasi individu, Papan Iklan Pinggir Jalan atau papan petunjuk.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda

Walaupun bukti semakin banyak kegiatan Digital Marketing namun masih ada orang yang tidak pernah menggunakan internet dan hanya dapat diakses oleh pemasaran tradisional atau fisik. Tingkat penetrasi internet di suatu negara dan di antara kelompok demografis tertentu memberikan indikator yang baik untuk membantu perusahaan mengidentifikasi apakah teknik Digital Marketing adalah teknik yang tepat.

Keuntungan utama Digital Marketing dibandingkan pemasaran fisik adalah …

  • Ini membantu bisnis untuk mengembangkan basis pelanggan yang lebih luas karena tidak bergantung pada kehadiran atau interaksi fisik
  • Ini mendorong pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan bisnis
  • Ini tidak dibatasi oleh waktu pembukaan konvensional – pelanggan dapat berinteraksi pada waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka

Kedua bentuk pemasaran ini sangat penting di pasar, dan setiap bisnis harus mengevaluasi basis pelanggan mereka saat ini dan masa depan sebelum memulai tindakan Digital Marketing.

Tempat Kursus Digital Marketing & Website Terbaik

Content dan User Experience

Content, User Experience, dan platform adalah elemen inti dari Digital Marketing. Konten adalah apa yang dikonsumsi, biasanya informasi tentang suatu produk atau layanan, bisa berupa informasi produk, harga, biaya layanan atau penjualan produk digital seperti buku, film atau perangkat lunak. Pengalaman pelanggan adalah bagaimana konten disajikan untuk konsumen produk dan layanan. Pengalaman-pengalaman ini termasuk input komunitas dan pelanggan, rekomendasi, dan antarmuka yang ramah pengguna. Platform adalah bagaimana dan di mana konten yang dikemas dikirimkan termasuk proses bisnis yang dilakukan untuk mengirimkan konten, teknologi yang digunakan untuk pengumpulan data pelanggan dan jaringan yang digunakan untuk mengirimkan konten untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Strategi Digital Marketing Terkini yang Dapat Meningkatkan Profit Untuk Bisnis Anda

Digital Marketing dan konsumen

Digital Marketing mendorong penggunaan saluran komunikasi baru yang menutup lingkaran antara konsumen dan merek. Komentar dan peringkat pengguna membangun hubungan kepercayaan yang transparan antara konsumen dan bisnis. Nilai komentar konsumen adalah cara mereka menawarkan bukti kualitas dan kekuatan merek yang melampaui sekadar menjadi citra yang baik.

Digital Marketing dan platform konsumen

Umumnya ada banyak jenis platform yang tersedia untuk Digital Marketing. Ada beberapa platform dasar yang dapat digunakan sebagian besar pemasar, misalnya, Google AdWords. Google AdWords adalah alat yang ditawarkan untuk membantu bisnis memasarkan produk atau layanan mereka di mesin pencari Google dan situs terkait. Dengan mengidentifikasi kata kunci yang relevan Google dapat menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci itu. Alat ini membantu organisasi mengidentifikasi kata kunci yang berguna yang dapat diintegrasikan ke dalam konten di situs web dan profil media sosial yang sebagai hasilnya dapat meningkatkan peringkat organisasi pada halaman hasil mesin pencari.

Mengevaluasi platform Digital Marketing penting karena memakan waktu dan sumber daya intensif bagi sebagian besar perusahaan untuk berinvestasi dalam semua platform yang mungkin. Ketersediaan berbagai jenis platform memberikan opsi untuk format ramah pengguna di seluruh perangkat dan saluran untuk membantu bisnis menangkap peluang terbaik. Ada banyak solusi teknologi pengiriman iklan. Alat paling populer. sejauh ini, adalah penggunaan media sosial. Facebook, LinkedIn dan daftar email adalah taktik digital populer untuk keterlibatan dengan konsumen.

Digital Marketing – Teknik SEO ( Search Engine Optimization )

Sangat penting untuk pebisnis mengoptimalkan properti online mereka secara efektif untuk mencapai ranking teratas semua halaman hasil mesin pencari utama. Optimalisasi membantu memberi peringkat konten yang lebih tinggi daripada pesaing.

  • On-page Optimisation
  • Off-page Optimisation

Jenis Jenis Digital Marketing

Sumber: https://www.snhu.edu/about-us/newsroom/2017/11/types-of-digital-marketing

Jessica Rogers, Ph.D., pimpinan fakultas pemasaran dari program bisnis pascasarjana Universitas Southern New Hampshire berbicara tentang beberapa jenis pemasaran digital yang paling populer, memberikan gambaran singkat tentang masing-masing:

Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan SEO adalah untuk membuat bisnis mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian Google, yang pada akhirnya meningkatkan lalu lintas mesin pencari ke situs web bisnis. Untuk mencapai hal ini, para pemasar SEO meneliti kata-kata dan frasa yang digunakan konsumen untuk mencari informasi online, dan menggunakan istilah-istilah itu dalam konten mereka sendiri. Menurut perusahaan perangkat lunak SEO terkemuka “Panduan untuk SEO SEO” Moz, mencakup banyak elemen, dari kata-kata di halaman web Anda hingga cara tautan situs lain kepada Anda di web hingga bagaimana situs web Anda disusun. Seorang spesialis SEO dapat menghasilkan sekitar $ 56.000, menurut Salary.com.

Jadi, apa saja hal-hal yang dapat meningkatkan SEO situs? Penting untuk dipahami bahwa salah satu hal yang membuat SEO sulit adalah bahwa jawaban untuk pertanyaan ini selalu tergantung pada Google dan algoritme terkini. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa hal terpenting bagi ahli strategi dan pemasar SEO pada umumnya untuk memahami cara kerja SEO saat ini, dari Moz Beginners Guide to SEO:

  • Pengindeksan konten – Penting untuk memungkinkan mesin pencari untuk “membaca” dengan jelas apa konten situs Anda, dengan melakukan hal-hal seperti menambahkan teks alternatif untuk gambar dan transkrip teks untuk konten video dan audio.
  • Struktur tautan yang baik – Penting agar mesin pencari dapat “merayapi” struktur situs Anda untuk dengan mudah menemukan semua konten di situs Anda. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang spesialis SEO untuk memformat tautan, URL, dan peta situs dengan benar untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh perayap situs.
  • Kata kunci dan penargetan kata kunci – Menerapkan kata kunci Anda dengan benar – yaitu istilah pencarian yang Anda inginkan untuk situs Anda ditemukan — dalam konten dan header Anda adalah salah satu blok bangunan dasar SEO. Bukan lagi praktik yang baik untuk “mengisi” konten Anda dengan sebanyak mungkin kata kunci dan variasi kata kunci. Menulis konten berkualitas tinggi yang menggunakan kata kunci di header dan beberapa kali dalam konten halaman yang dapat dirayapi sekarang dianggap praktik yang lebih baik, dan akan membuat peringkat halaman lebih baik dalam hasil pencarian.

Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click mengacu pada iklan berbayar dan hasil mesin pencari yang dipromosikan. Ini adalah bentuk pemasaran digital jangka pendek, yang berarti bahwa setelah Anda tidak lagi membayar, iklan tidak ada lagi. Seperti SEO, PPC adalah cara untuk meningkatkan lalu lintas pencarian ke bisnis online.

Pay Per Click dapat merujuk ke iklan yang Anda lihat di bagian atas dan samping halaman hasil pencarian, iklan yang Anda lihat saat browsing web, iklan sebelum video YouTube dan dalam iklan di aplikasi seluler.

Salah satu hal lain yang membedakan Pay Per Click dari SEO adalah Anda hanya membayar untuk hasilnya. Dalam model PPC biasa seperti kampanye Google AdWords, Anda hanya akan membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda dan mendarat di situs web Anda. Anda dapat menghabiskan hampir semua jumlah uang untuk iklan Pay Per Click. Beberapa perusahaan mungkin melihat hasil dari investasi hanya beberapa ratus dolar, tetapi banyak perusahaan besar menghabiskan puluhan ribu per bulan untuk membayar per klik.

Baca Juga : Apa yang dimaksud Pay Per Click ??

Sosial Media Marketing

Ini termasuk semua yang dilakukan bisnis melalui saluran media sosial. Hampir setiap orang akrab dengan media sosial, tetapi pemasar harus melakukan pendekatan sosial dengan pendekatan yang terintegrasi dan strategis. Pemasaran media sosial jauh melampaui sekadar membuat posting untuk saluran sosial dan menanggapi komentar.

Agar efektif, upaya-upaya harus dikoordinasikan dan konsisten daripada setelahnya. Untuk menjaga agar posting tetap konsisten, ada banyak alat online yang tersedia untuk mengotomatisasi dan menjadwalkan posting media sosial, meskipun pemasar hanya harus menggunakan otomatisasi sebagai alat, bukan solusi “atur dan lupakan saja”. Pengguna akan mengetahuinya dengan cepat jika tidak ada orang sungguhan di balik pos.

Sosial Media Marketer tidak boleh berada di tempat yang terpisah dari fungsi pemasaran lainnya. Mereka perlu bekerja dengan tim pemasaran perusahaan yang lebih luas untuk mengoordinasikan pesan mereka di semua platform, online dan off, sehingga setiap bagian dari merek menceritakan kisah yang sama. Bagian penting dari pemasaran media sosial adalah analitik: Pemasar media sosial juga harus pandai menganalisis kinerja posting mereka, dan menciptakan strategi berdasarkan data itu.

Alasan lain bagi pemasar untuk secara konsisten mengukur dan melacak kampanye mereka adalah bahwa data ini memungkinkan pemasar untuk menunjukkan kepada kepemimpinan bisnis bahwa upaya mereka mendorong pengguna untuk terlibat dengan merek dan akhirnya mengubah pengguna menjadi pelanggan, oleh karena itu memberikan nilai kepada perusahaan, menurut Kontributor Forbes, Jason DeMers.

Dengan kata lain, pemasaran media sosial jauh lebih rumit daripada mengelola profil Facebook atau Twitter pribadi Anda. Ini membutuhkan perpaduan antara pemikiran kreatif dan objektif, strategi yang didorong oleh data, dan mungkin sangat cocok untuk para profesional yang senang memadukan kedua disiplin ilmu ini. Seorang analis media sosial dengan gelar sarjana dapat memperoleh sekitar $ 60.000, menurut Salary.com.

Content Marketing

Content Marketing menggunakan pengisahan cerita dan informasi untuk meningkatkan kesadaran merek. Pada akhirnya, tujuannya adalah membuat pembaca mengambil tindakan untuk menjadi pelanggan, seperti meminta lebih banyak informasi, mendaftar untuk daftar email, atau melakukan pembelian. “Konten” dapat berarti posting blog, sumber daya seperti buku putih dan e-book, video digital, podcast, dan banyak lagi. Secara umum, pertama-tama dan terutama harus memberikan nilai kepada konsumen, tidak hanya mengiklankan merek atau mencoba melakukan penjualan. Pemasaran konten adalah tentang membangun hubungan yang berkelanjutan dan saling percaya dengan pelanggan Anda yang berpotensi menyebabkan banyak penjualan dari waktu ke waktu, tidak hanya melakukan satu transaksi.

Content Marketing bekerja secara simbiosis dengan jenis pemasaran digital lainnya: Ini adalah cara untuk memasukkan istilah pencarian SEO ke dalam konten situs web baru, dan konten yang dibuat dapat dibagikan sebagai posting media sosial dan dalam publikasi pemasaran email. Melihat analitik untuk pemasaran konten Anda dapat memberi tahu Anda banyak tentang pelanggan Anda: apa yang mereka cari ketika mereka mendarat di situs Anda? Jenis konten apa yang membuat mereka tetap di situs lebih lama dan terus mencari-cari? Jenis apa yang membuat mereka kehilangan minat dan pergi?

Tidak seperti metode seperti PPC, pemasaran konten adalah strategi jangka panjang. Seiring waktu, pemasar membangun perpustakaan konten (teks, video, podcast, dll.) Yang akan terus membawa pengguna ke situs melalui mesin pencari, menurut Marketo, sebuah perusahaan otomasi pemasaran. Pustaka konten ini juga membantu mempromosikan pengetahuan tentang merek Anda dan meningkatkan profil Anda sebagai sumber informasi. Dan, jika pengguna mengunjungi situs Anda untuk mendapatkan informasi, idealnya mereka akan mengingat Anda sebagai otoritas ketika saatnya melakukan pembelian.

Pemasaran konten adalah jalan yang bagus bagi orang-orang yang suka menulis dan / atau produksi video dan audio. Tetapi seperti halnya pemasaran digital pada umumnya, ini juga membutuhkan keterampilan strategis dan analitik yang kuat. Seorang spesialis konten dapat memperoleh sekitar $ 65.000, menurut Salary.com.

Email Marketing

Bahkan dengan kemunculan media sosial, aplikasi mobile, dan saluran lainnya, email masih menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling efektif, kata Rogers. Ini bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran konten, memberikan nilai kepada konsumen dan dari waktu ke waktu mengubah audiens menjadi pelanggan. Pro pemasaran email tidak hanya tahu cara membuat kampanye yang menarik, mereka juga memahami jangkauan audiens yang optimal dan terampil menganalisis interaksi pelanggan dan data, dan membuat keputusan strategis berdasarkan data itu, menurut American Marketing Association.

Perangkat lunak Email Marketing dapat menawarkan banyak langkah analitik yang berbeda, tetapi dua yang selalu berusaha ditingkatkan oleh pemasar adalah tingkat terbuka – persentase penerima yang membuka email – dan klik per tayang – jumlah penerima yang membuka email dan mengklik sebuah tautan dalam email. Menurut perusahaan perangkat lunak pemasaran email Kontak Konstan, ada banyak hal yang dapat dilakukan pemasar untuk membuat email mereka lebih menarik bagi pengguna dan lebih mungkin dibuka. Ini termasuk:

  • Buat rasa urgensi – Menulis salinan email yang memungkinkan penerima Anda tahu bahwa waktu habis untuk mendapatkan penawaran khusus atau bahwa hanya ada sejumlah penawaran yang tersedia, dapat meningkatkan jumlah orang yang mengklik ke situs web Anda.
  • Personalisasi Email Anda – Mengatur email dan baris subjek Anda untuk memasukkan nama penerima adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan buka dan klik tarif. (Baris subjek sampel: “Katie, penawaran khusus hanya untuk Anda.”)
  • Biarkan Penerima Menentukan Preferensi Mereka – Memungkinkan pengguna untuk menentukan seberapa sering mereka ingin mendengar dari Anda dapat membantu menjaga beberapa pelanggan email Anda berlangganan ke daftar Anda dan mengklik email Anda.

Mobile Marketing

Jenis pemasaran digital ini difokuskan untuk menjangkau audiens target Anda di ponsel pintar atau tablet mereka. Pemasaran seluler menjangkau orang-orang melalui pesan teks, media sosial, situs web, email, dan aplikasi seluler. Pemasar dapat menyesuaikan penawaran atau konten khusus ke lokasi atau waktu geografis, seperti ketika pelanggan masuk ke toko atau memasuki suatu acara.

Menurut artikel TechCrunch baru-baru ini, konsumen di Amerika Serikat sekarang menghabiskan lima jam sehari di ponsel mereka. Ini merupakan peningkatan 20% dari kuartal keempat tahun 2015. Pengguna juga menghabiskan lebih banyak waktu mereka di aplikasi daripada di browser seluler. Pada 2017, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu dengan aplikasi daripada menonton televisi. 15% dari waktu aplikasi dihabiskan dengan aplikasi hiburan seperti Netflix dan Hulu, 19% dari itu dihabiskan untuk aplikasi seluler Facebook, 12% untuk aplikasi sosial dan perpesanan lainnya, dan 11% di aplikasi game, menurut artikel TechCrunch.

AdWeek melaporkan bahwa 45% dari semua belanja melibatkan perangkat seluler dalam beberapa cara, apakah itu digunakan untuk melakukan penelitian, membandingkan harga atau melakukan pembelian. Untuk Millennials (mendefinisikan Pew Research Center sebagai orang yang lahir antara 1981 dan 1997), jumlah itu adalah 57%. Sebuah survei Nielsen 2016 mengungkapkan bahwa pelanggan menggunakan ponsel mereka untuk “showroom,” mengunjungi toko fisik sambil membandingkan harga online pada perangkat mobile mereka, dan “webroom”, riset online dan kemudian membeli di dalam toko.

Marketer tahu bahwa Anda perlu membawa pesan Anda ke tempat pelanggan Anda, dan pada 2017 sangat jelas: pelanggan potensial Anda ada di telepon mereka.

Marketing Analytics

Salah satu keuntungan utama dari Digital Marketing adalah sangat mudah dilacak dan diukur. Suatu saat, satu-satunya barang pemasaran yang dapat dilacak adalah kupon dan penawaran surat langsung serupa. Jika pelanggan menggunakan kupon itu, Anda tahu pesan itu menggema. Saat ini, analytics memungkinkan pemasar untuk melacak perilaku pengguna pada tingkat yang sangat terperinci: berapa kali mereka mengklik tautan, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di halaman web, seberapa sering mereka membuka email, dan banyak lagi. Tetapi sejumlah besar informasi yang tersedia tentang kinerja pemasaran digital dapat terasa seperti minum dari selang kebakaran, dan pemasar harus dapat benar-benar memahami apa artinya data dan bagaimana mereka harus menginformasikan strategi.

Ini tidak hanya memungkinkan pemasar untuk mengetahui apa yang berhasil dengan konsumen dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka ke depan, itu juga berarti mereka dapat menunjukkan nilai mereka kepada perusahaan. Memahami semua data ini dan menggunakannya untuk membuat keputusan strategis adalah bagian penting dari pekerjaan seorang pemasar digital, dan yang membedakan mereka dari rekan tradisional mereka.

Ada banyak alat yang tersedia untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran digital, dan banyak pemasar akan menggunakan beberapa kombinasi alat ini, tergantung pada kebutuhan dan audiens mereka (majalah Fortune melaporkan bahwa banyak pemasar menggunakan lebih dari 100 aplikasi dalam total proses pemasaran mereka. ) Salah satu alat yang paling sering digunakan untuk analisis pemasaran adalah Google Analytics, yang dapat dikustomisasi dengan cara yang hampir tak ada habisnya untuk mengukur kinerja situs Anda, kata kunci mana yang membawa pengguna ke situs Anda, bagaimana pengguna menavigasi melalui situs web Anda, dan banyak lagi .

Memiliki analisis yang baik, akurat, dan keterampilan menafsirkannya dapat membantu pemasar “gagal dengan cepat,” dengan cepat memotong kampanye yang tidak berfungsi dan membangun kampanye yang lebih baik di sekitar konsep yang memiliki rekam jejak keberhasilan yang terbukti. Seiring waktu, Anda tidak akan hanya menggunakan analytics untuk mengukur kampanye Anda – analytics juga akan menginformasikan dan meningkatkan kampanye Anda.

Dalam program Master’s in Digital Marketing Anda akan mempelajari berbagai masalah yang berkaitan dengan karier pemasaran Anda, termasuk analitik pemasaran dan perilaku pelanggan serta masalah etika dan hukum dalam pemasaran dan penceritaan dan branding digital. Pasar kerja tumbuh untuk pengiklan. Biro Tenaga Kerja dan Statistik AS memprediksi peningkatan 9% dalam jumlah iklan, promosi, dan manajer pemasaran. Pada 2016, gaji rata-rata untuk posisi-posisi itu adalah $ 127.000, menurut BLS.

Skill Digital Marketing

Digital Marketing mendukung tim pemasaran yang lebih luas dan tujuan strategis seluruh perusahaan dengan meluncurkan strategi pemasaran di lingkungan online, kata Hobson. Digital Marketing berusaha untuk menjadi suara bagi pelanggan dan bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan merek secara digital, kata Rogers. “(Marketer) secara strategis mendekati saluran merek untuk memaksimalkan investasi, mengarahkan lalu lintas dan konversi, serta mengelola konten digital terintegrasi,” katanya.

Kebutuhan untuk berada di tempat pelanggan setiap saat berarti bahwa Digital Marketer memiliki tanggung jawab yang signifikan untuk selaras dengan perubahan teknologi, media sosial dan perangkat lunak.

Teknologi berubah dengan cepat; aplikasi media sosial yang panas saat ini mungkin sudah ditinggalkan pada tahun depan, tetapi banyak prinsip dasar pemasaran tetap sama.

Chris Brogan, seorang Sosial Media Marketer terkemuka, penulis dan CEO dari Owner Media Group, mengatakan dalam sebuah artikel AMA: “Lewatlah sudah ‘kreatif’ yang baru saja menandai papan poster. Anda membutuhkan keterampilan Google Analytics, keterampilan membuat media, dan sejumlah besar dasar-dasar teknologi lainnya. “

Namun, beberapa bagian penting dari teka-teki pemasaran tidak berubah sejak zaman ketika perusahaan terutama beriklan di media cetak, radio, dan TV. Semua pemasar membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat dan dasar yang kuat dalam prinsip-prinsip pemasaran.

“Ketika para pemimpin pemasaran berkolaborasi lebih sering dengan kontak di dalam dan di luar organisasi mereka, memiliki keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting.” Diane Domeyer, Direktur Eksekutif The Creative Group, mengatakan dalam sebuah artikel AMA. “Sementara kemampuan untuk memahami dan memanfaatkan teknologi semakin penting bagi para pemimpin pemasaran, interpersonal yang kuat, atau soft skill, menjadi sama pentingnya.”

Karena Digital Marketing adalah ruang yang berubah dengan cepat dan sangat penting bagi perusahaan untuk tetap up to date pada strategi baru dan yang muncul, kata Hobson. Ada banyak cara perusahaan melakukan ini, beberapa di antaranya adalah tanggung jawab Digital Marketer dan beberapa di antaranya dilakukan oleh departemen lain.

“Tetap di depan kompetisi tidak pernah lebih penting,” kata Rogers. “Lanskap untuk bisnis berubah begitu cepat, yang telah menjadi strategi kunci untuk memasukkan melihat ke kompetisi untuk membantu menginformasikan strategi digital Anda sendiri.”

Sumber : https://www.snhu.edu/https://www.salford.ac.uk/