seo

Langkah 1 : Konversi Profil Instagram anda Menjadi Profil Bisnis

Mengubah profil Instagram Anda ke profil bisnis memberi Anda akses ke sejumlah opsi penjualan dan pelaporan yang sangat diperlukan. Sebelum kita membahasnya, inilah cara untuk mengkonversi profil anda :

  1. Masuk ke akun Anda dan klik tombol yang tampak seperti cheeseburger di bagian kanan atas dasbor Anda.
  2. Klik Pengaturan di bagian kanan bawah
  3. Scroll ke bawah ke “Beralih Ke Profil Bisnis”

Beberapa fitur penting yang tersedia setelah Anda beralih:

  • Instagram Insight (Wawasan Instagram) : Tidak mudah di Instagram seperti halnya di Facebook, untuk mencari informasi pribadi dan demografis Follower (Pengikut). Bahkan lebih sulit untuk mengkompilasi data tersebut secara agregat. Instagram Insights hadir untuk masalah tersebut.

ketika Anda beralih ke profil bisnis, semuanya mudah diakses melalui aplikasi di Smartphone Anda. Di bawah tab Activity, Anda akan menemukan metrik seperti kunjungan profil, klik situs web, Reach (jangkauan), dan Impression(tayangan). Di tab Konten, Anda dapat melihat lebih rinci kinerja setiap post atau cerita, termasuk kunjungan profil dan keterlibatan masing-masing. Di tab Pemirsa, Anda dapat melacak lokasi, usia, dan jenis kelamin pengikut Anda, serta hari dan waktu mereka paling aktif — semua informasi yang sangat berguna ketika kita sampai ke Langkah 3 pada daftar ini.

  • Tombol CTA (Call To Action). Ini muncul di bagian atas profil Anda di bawah bio Anda, dan itu memberi orang pilihan untuk menelepon, mengirim email, atau mendapatkan Link ke bisnis Anda.
  • Storylink (Tautan Cerita). Seperti yang Anda ketahui, Instagram tidak mengizinkan pengguna untuk menautkan dalam posting. Itu juga hanya memungkinkan satu link situs web dalam bio yang diberikan. Mampu menambahkan link dalam cerita Instagram Anda memberi Anda kesempatan untuk mengarahkan audiens Anda ke berbagai produk dan Landing Page di situs web Anda.
  • Facebook Alignment (Penyelarasan Facebook). Anda sekarang dapat terhubung ke halaman bisnis Facebook Anda dan mulai menjalankan iklan melalui Bussines Manager / Ads Manager
  1. Langkah Kedua : Tampung Kampanye Organik anda dengan Riset Hashtag (Tagar)

Pemilik bisnis sangat ingin menjangkau lebih banyak orang, namun mereka tidak tahu caranya. Jika Anda seorang pemilik bisnis yang serius, Anda mungkin melihat Hashtag atau tagar dan berpikir, Itu hal yang sepele dan tidak perlu diperhatikan

Tetapi pada kenyataannya, Hashtag adalah cara terbesar untuk membuat dampak dengan kampanye Instagram organik Anda . Beralih ke profil bisnis memberi Anda kemampuan untuk melihat, secara post-by-post, berapa banyak tayangan yang datang melalui Hashtag, dan berapa banyak akun yang Anda jangkau tetapi bukan follower anda ketika mereka melihat posting Anda.

Anda ingin menggunakan kombinasi Hashtag yang memiliki volume posting tinggi dan volume posting yang rendah. Keduanya memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk dilihat dan dilibatkan oleh Audience yang beritikad tinggi.

  1. Langkah ketiga : Mulai Menjalankan Iklan

Jika ingin benar-benar mendapatkan keuntungan bagi anda, hindari hanya menggunakan tombol “Promote” pada aplikasi instagram anda. Dan mulai mempelajari “Custom Audience” yang ada pada Instagram.

Jalankan iklan Anda bersamaan dengan Facebook Ads, atau edit penempatan Anda untuk hanya menjalankannya di Instagram. Tetapi luangkan waktu untuk mengatur kampanye Anda di Ads Manager.

Melakukan hal itu berarti Anda akan memiliki akses ke serangkaian opsi penargetan Facebook yang lebih canggih, serta jenis kampanye Jangkauan dan Kesadaran Merek, yang keduanya memungkinkan Anda untuk mendapatkan iklan di depan sejumlah besar pengguna dengan harga murah. Anda dapat menggunakan lalu lintas dan keterlibatan yang Anda dapatkan dari kampanye ini

  1. Langkah Keempat : Gunakan Fitur Instagram Shopping untuk produk Fisik

Penjelasan singkat tentang cara kerjanya, dan cara mengatur. Postingan belanja terlihat seperti postingan organik, dengan pengecualian ketika pengguna mengklik atau tap “Tap to view product” , nama dan harga produk tersebut akan muncul.

Dan ketika mereka mengklik tag yang muncul, mereka akan dibawa ke halaman detail produk yang berisi deskripsi produk dan CTA. Dari sana, mereka akan diarahkan menuju landing page website anda

Saat Anda menggunakan fitur Instagram Shopping sebagai media iklan, Anda memperlengkapi diri Anda dengan kapasitas Google Shopping dan penargetan audience yang dimiliki facebook. Penargetan manual (Demografis, Perilaku, Minat audience) memungkinkan Anda mencapai Jangkauan customer dan audience yang lebih luas melalui hashtag pada Instagram shopping. Untuk menunjukan tingkat relevansi produk terutama, seperti apa dan berapa biayanya — memastikan bahwa siapa pun yang terlibat dengan iklan Anda sangat berminat begitu mereka mendarat situs Anda.

Sebagai bonus tambahan, post Instagram Shopping Anda menjangkau lebih banyak pengguna di Channel / saluran Belanja yang baru dibuat di Instagram Explore.

  1. Langkah Kelima : Bermitra atau menjalin kerja sama Dengan Influencer di Instagram

Influencer Marketing atau yang lebih dikenal dengan Endorse mengalami peningkatan terutama di Instagram sebagai sarana memperkenalkan produk anda kepada follower dari Influencer tersebut. Dengan demikian memberikan akses kepada calon customer baru secara masif

Ada banyak influencer Instagram milenial saat ini yang tumbuh menggunakan aplikasi dan memiliki pemahaman yang melekat tentang bagaimana memanfaatkannya untuk bertambah dan mempertahankan Follower yang setia.

Dengan mengeluarkan biaya yang di sepakati anda dan influencer tersebut, secara tidak langsung anda mempromosikan produk anda di Instagram mereka

Menjual di Instagram berarti membeli

Untuk benar-benar mendapatkan keuntungan yang ditawarkan Instagram — untuk membuat pengguna membeli apa yang ingin Anda jual — pertama-tama anda harus mempelajari lebih dalam tentang instagram dan berkomitmen menjadikan instagram sebagai lahan mencari keuntungan. Jangan biarkan anggaran kecil menghalangi Anda untuk menjalankan iklan, membeli jasa influencer, atau bahkan membayar untuk manajemen kampanye organik.

Sumber : https://www.wordstream.com/blog/ws/2018/11/15/selling-on-instagram