Search Engine Optimizer (SEO)

Search Engine Optimizer atau SEO pada dasarnya mengubah situs web Anda sehingga muncul secara alami atau organik pada hasil pencarian di Google, Yahoo Bing atau mesin pencari lainnya. Google memperbarui algoritmanya secara teratur sehingga hanya hasil yang relevan yang muncul. Dari perspektif itu, banyak ahli mengatakan bahwa SEO sudah mati dan upaya itu sia-sia. Namun, kenyataannya adalah bahwa Google mencoba untuk mencegah manipulasi algoritma dan menyaring situs yang tidak layak berada di puncak SERPs (Halaman Hasil Mesin Pencari). Jadi tidak ada keraguan bahwa Anda harus berinvestasi dalam SEO. Situs web Anda harus membahas masalah teknis yang terkait dengan konten dan pencocokan kueri, spidering , pengindeksan, dan menafsirkan konten non-teks. Perlu diingat bahwa ini adalah strategi pemasaran yang paling hemat biaya   yang akan membawa traffic organik ke bisnis Anda.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi komprehensif untuk mengarahkan traffic ke bisnis Anda, terutama melalui Promosi Berbayar (Paid Promote). Karena itu juga disebut Paid Promote Marketing.

Berdasarkan pada struktur bisnis Anda, Anda dapat memilih model PPC (bayar per klik) atau CPC (biaya per klik), atau CPM (biaya per seribu tayangan). Ada berbagai platform untuk SEM. Sejauh ini, Google AdWords dan Bing Ads  adalah yang paling populer. SEM juga mencakup Iklan Bergambar, Penargetan Ulang Pencarian & Remarketing Site, Mobile Marketing, dan Paid Social Media Marketing. Anda dapat memilih strategi titik tunggal seperti Pay-per-Click (PPC), atau memilih strategi SEM lengkap, termasuk Tampilan dan Penargetan Ulang. Tetapi apa pun yang Anda lakukan, pastikan pekerjaan yang Anda dikelola dilakukan oleh para ahli karena perencanaan yang salah dapat meningkatkan biaya yang anda keluarkan.

  • Content Creation

Penelitian menunjukkan bahwa pembuatan konten adalah metode pemasaran yang populer pada tahun 2014. Perubahan terbaru yang ada pada algoritma Google – baik itu Panda, Penguin atau Hummingbird – menunjukkan fakta bahwa konten adalah metrik yang paling penting saat menyaring hasil pencarian. Konten dapat disajikan dalam berbagai format, termasuk blog, Whitebook, E-book, studi kasus, Tutorial, Artikel tanya jawab, forum, berita dan pembaruan, gambar, spanduk, infografis , podcast, webinar, video, atau konten untuk situs microblogging dan media sosial.

Anda dapat menjadi kreatif dan membuat konten pada topik apa pun dan kemudian menautkannya secara tidak langsung ke bisnis Anda. Perlu Penyesuaian konten untuk platform yang berbeda.

Misalnya, konten untuk ponsel harus Singkat dan Jelas. Ingat, strategi yang efektif akan melibatkan pembaca Anda dan membuat mereka tertarik pada informasi lebih banyak dari Anda. Membagikan konten yang kreatif merupakan cara terbaik untuk membantu bisnis Anda.

  • Sosial Media Marketing (SMM)

Sosial Media Marketing atau SMM adalah merupakan cabang dari Search Engine Marketing Anda. Hal Ini membahas tentang mengarahkan traffic ke situs atau bisnis Anda melalui situs sosial seperti Facebook, Instagram , Twitter, Pinterest , Google+, Linkedin , dll. Seperti di sebutkan di atas, konten yang baik dibagikan dan disukai.

Jadi buat dan sesuaikan konten untuk berbagai platform media sosial. Ingatlah untuk menjadi produktif dan Original, Anda perlu terlibat dengan pengguna setiap hari, setidaknya buat empat hingga lima kali postingan dalam sehari. Upaya SMM Anda dapat sangat membantu untuk memperkenalkan branding dan mendorong omset penjualan.

  • Digital Display Advertising

Digital Display Advertising juga bagian dari upaya SEM Anda. Anda dapat menggunakan berbagai format periklanan tampilan untuk menargetkan audiens potensial – baik itu teks, gambar, spanduk, iklan interaktif atau video. Anda dapat menyesuaikan pesan Anda berdasarkan minat, topik konten, atau posisi pelanggan dalam siklus pembelian. Namun, perhatikan bahwa Iklan Tampilan Digital relatif mahal. Anda memerlukan pakar untuk mendorong ROI yang baik untuk bisnis Anda.

  • Remarketing & Retargeting

Pada dasarnya, Remarketing & Retargeting adalah strategi untuk menargetkan pelanggan yang telah mengunjungi situs web Anda. Ini didasarkan pada teknologi cookie. Penargetan ulang telah muncul sebagai strategi pilihan saat Anda menargetkan pelanggan yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda, dan karenanya tingkat konversi tinggi. Anda dapat terlibat dalam Retargeting di situs Anda, atau di jejaring sosial atau di ponsel. Visualisasikan strategi Anda berdasarkan siklus pembelian pelanggan.

  • Mobile Marketing

Menurut sebuah laporan, Mobile Marketing di AS saja bernilai sebesar $400 Billion pada tahun 2015 . Kami sangat menyarankan Anda mencoba Pemasaran Seluler. Ingat, situs web, aplikasi, dan konten harus disesuaikan untuk perangkat seluler. Pada 2016, perangkat seluler diperkirakan mencapai 2,6 miliar unit di seluruh dunia. Jadi karena semakin banyak orang menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat seluler lainnya, potensi pasar Mobile Marketing akan terus tumbuh.

  • Email Marketing

Email Marketing ialah Ketika Anda mengirim pesan komersial melalui email ke daftar pelanggan potensial, strategi ini disebut Email Marketing. Dengan Software Email Marketing yang efektif, Anda dapat mengelola daftar email yang dipisahkan berdasarkan beberapa faktor, termasuk suka dan tidak suka seorang pelanggan, dan kebiasaan belanja mereka.

Ingatlah untuk mengirim email pribadi, hal ini membantu mengembangkan kepercayaan terhadap calon pelanggan. Sangat penting diperhatikan bahwa Email marketing juga dapat dianggap sebagai spamming dan ada hukum yang melarangnya di beberapa Negara

  • Affiiate Marketing

Affiliate Marketing adalah program pemasaran berbasis kinerja, di mana Anda membayar si Penerbit yang memberi Anda pelanggan. Kinerja dapat didasarkan pada konversi – promosi, arahan atau hanya penjualan. Anda mungkin ingin menjadi bagian dari program afiliasi penerbit yang berbeda. Pada dasarnya, penerbit akan memberi Anda ruang di halaman mereka untuk mengiklankan bisnis Anda guna membantu Anda mendapatkan konversi rate yang tinggi. Anda akan membayar mereka berdasarkan Kompensasi yang disepakati

Affiliate Marketing sangat berguna untuk pemula atau Start up, karena akan mendatangkan lebih banyak traffic ke bisnis mereka melalui situs dengan traffic yang tinggi. Intinya, Affiliate Marketing adalah situasi win-win untuk pedagang dan penerbit. Situs-situs seperti Amazon, eBay, LinkShare dan Flipkart menjalankan Program Afiliasi. Bahkan, sebagian besar bisnis online dengan lalu lintas yang cukup memiliki program afiliasi mereka sendiri.

  • Web Analytics

Mungkin, aspek terpenting dari Digital Marketing Anda adalah Web Analytics (Analisis Web). Intinya, Web Analytics membantu Anda mengumpulkan, mengukur, memahami, menganalisis , merencanakan, melaporkan, dan memprediksi aktivitas web untuk bisnis Anda.

Analytic Web tidak boleh disamakan dengan Statistic Web . Berbeda dengan pelaporan sederhana, Web Analytics memberi Anda analisis dan sudut yang berbeda untuk merenungkan vis-à-vis bisnis Anda. Beberapa alat Web Analytics yang penting adalah Google Analytics, Fall Metric, Woopra , Clicky , Mint dan Chartbeat .

Tak perlu diragukan lagi bahwa setiap pengiklan harus menggunakan Web Analytics untuk memahami bisnisnya dan meningkatkan ROI dan konversi.

Kesimpulan Adalah penting bagi Anda menggunakan strategi pemasaran yang berbeda untuk bisnis Anda dan kemudian mencari tahu mana yang terbaik. Dalam kebanyakan kasus, kombinasi dari banyak strategi pemasaran akan meningkatkan bisnis anda secara pesat. Digital Marketing adalah media yang dinamis dan Anda harus selalu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Gunakan alat Web Analytics untuk melacak kinerja dan merencanakan langkah Anda selanjutnya

Sumber : https://unisa.edu.au/