Mengapa Harus Email ?
Di tahun 2019, Pengguna Email secara Global terhitung sampai 3.9 Milliar pengguna. Angka ini diramalkan akan meningkat menjadi 4.48 Milliar pengguna pada tahun 2024.
Selain itu, kejadian nyata yang terjadi pada bisnis terkait Email :
- 66% pelanggan melakukan pembelian online berkat hasil dari pesan Email Marketing (oleh Direct Marketing Association)
- 72% pelanggan mengatakan bahwa email ialah pilihan favorit sebagai media komunikasi dengan mitra bisnis / perusahaan mereka (oleh MarketingSherpa)
- 61% pelanggan mengatakan menerima promosi email mingguan, dimana 28% diantaranya menginginkan hal tersebut lebih sering lagi (oleh MarketingSherpa).
Baca Juga :
Pentingnya Brand Awareness pada Iklan Google Ads
Dan uniknya lagi, 72% pelanggan di Amerika lebih suka pemasaran berbasis email (Email Marketing) ketimbang jenis promosi lainnya.
Lagipula tanpanya siapapun tidak bisa menggunakan atau mengakses situs web seperti Facebook, Instagram, bahkan iCloud. Ini membuat Email menjadi bagian sangat penting dalam menjalankan Digital Marketing.
Trik Cepat Mendapatkan Subscriber Email Melalui 4 Kampanye Marketing
- Abandon Cart Campaign
Atau kampanye pengabaikan keranjang belanja. Ketika akan menarik pelanggan via email, hal utama yang harus diimplementasikan adalah jenis kampanye ini. Sebab sebagian % keuntungan bisnis ada di sini.
Kapan waktu terbaik mengirim email untuk ini ?
- Email 1 : 4 Jam kemudian’
- Email 2 : 16 Jam Kemudian
- Email 3 : 2 Hari kemudian
Sebagai contoh, berikut adalah tampilan seperti apa Email untuk jenis kampanye Abandon Cart :
Kuncinya disini yaitu memastikan agar pelanggan kembali dan menyelesaikan keranjang belanja yang mereka abaikan melalui visual, teks persuasive, dan tombol CTA yang sesuai.
- Flash Sale
Flash Sale adalah jenis kampanye marketing singkat dengan beberapa diskon atau promosi, stok terbatas, serta jangka waktu.
Promosi atau diskon ini biasanya diberi jangka waktu yang singkat supaya pelanggan cepat-cepat membeli produk dan tidak kehabisan.
Kapan waktu terbaik mengirim email untuk ini ?
- Email 1 : Hari ke-1
- Email 2 : Hari ke-2
- Email 3 : Hari ke-4
- Email 4 : Hari ke-5
Sebagai contoh, berikut adalah tampilan seperti apa Email untuk jenis kampanye Flash Sale :
- Customer Nurturing
Customer Nurturing pada dasarnya adalah alur yang menunjukan bahwa kamu peduli dengan pelanggan barumu. Ini adalah peluang yang bagus untuk mengedukasi dan menceritakan keunggulan produk.
Kapan waktu terbaik mengirim email untuk ini ?
- Email 1 : Secepatnya
- Email 2 : 2 Hari kemudian
- Email 3 : 4 Hari Kemudian
Sebagai contoh, berikut adalah tampilan seperti apa Email untuk jenis kampanye Customer Nurturing :
- Win – Back Campaign
Sebuah jenis kampanye yang dikemas dan didesain untuk menarik prospek yang ada dan pelanggan yang tidak melakukan kunjungan atau melakukan pembelian selama 120 hari.
Baca Artikel Lainnya :
- 7 Langkah Mudah Membuat Situs Web Toko Online!
- 7 “Search Operator” Canggih di Facebook! | Asosiasi Digital Marketing
Kampanye Win – Back adalah cara terbaik untuk membujuk mereka supaya mau kembali berinteraksi ke bisnis.
Untuk waktu terbaik kampanye ini sebenarnya tidak harus menunggu 120 hari. Kamu bisa mengirim email jenis ini bahkan hanya dalam 60 hari.
Cukup kirim email 1 x dengan ilustrasi seperti contoh berikut :
Untuk praktik terbaik Email marketing bisa kamu terapkan dengan tips berikut :
- Email dengan baris subject yang lebih personalmenghasilkan 50% rasio buka yang lebih tinggi
- Mengirim email 3 kali untuk jenis kampanye Abandon Cart menghasilkan 69% banyak penjualan ketimbang hanya sekali.
- Video yang disisipkan di Email bisa meningkatkan rasio klik hingga 300%.
Baca Artikel Berikutnya,