Untuk Bisnis Online Google, Review Summaries adalah Snippet dari 3 ulasan atau review pelanggan untuk suatu brand, produk, bisa juga bisnis perusahaan. Dengan memanfaatkan Algoritma, Google secara otomatis menentukan 3 ulasan mana yang akan ditampilkan.
Ini disebut Summaries (Ringkasan) karena memang hanya satu atau dua baris saja yang ditarik keseluruhan ulasan atau review yang ada. Untuk membaca semuanya, kamu harus mengklik ringkasannya.
Baca Juga :
7 Cara Menarik Turis dengan Iklan Berbayar (Paid Ads)!
Ketiga ulasan ini juga tidak semuanya bersifat positif (bintang 4 / 5), Google bisa jadi menampilkan juga ulasan yang bersifat negatif atau bahkan menggabungkan keduanya.
Di mana Google Review Summaries Tampil ?
Saat kamu mencari bisnis lokal misalnya seperti toko baju, restoran, kedai kopi, atau bisnis lainnya, Google menyajikan daftar informasi secara lokal kepada kamu. Kalau kamu klik salah satunya, Google Knowledge panel akan ditampilkan nantinya.
Sebagai contoh, mencari restoran di Jakarta :
Dimana kalau kita klik salah satu hasilnya, maka :
Akan memicu tampilan panel Knowledge Google. Kalau kamu scroll kebawa. kamu bisa melihat Google Review Summaries dari bisnis tersebut, meliputi informasi :
Question & Answer (Tanya Jawab)
Critics Reviews (Ulasan Bersifat Kritikan)
Popular Times (Waktu Kunjungan Terbanyak) & Foto Bisnis
Review Summary (Ringkasan Ulasan)
Google Review (Ulasan Berbasis User Google)
Dan masih banyak informasi lainnya, Termasuk informasi seperti akun sosial media resmi bisnis tersebut dan profilnya.
Apa dampaknya Bagi Bisnis ?
Review Summaries atau Ringkasan ulasan ini bisa sangat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap bisnis kamu, bahkan sebelum mereka menghubungi atau datang langsung.
Sama halnya seperti ulasan pada produk toko online, ulasan Google ini juga jadi indicator baik maupun buruknya suatu bisnis di mata pelanggan secara online dan terbuka.
Dilansir dari hasil riset Mark Kabana dan PlacesScout mengatakan bahwa review tersebut juga bisa membantu strategi SEO bisnis. Meski tidak termasuk dalam bagian SEO itu sendiri, namun review Google ini bisa menghasilkan kata kunci yang beperingkat tinggi.
Disamping itu juga, Google menyatakan bahwa berinteraksi dengan ulasan pelanggan di Google Review bisa meningkatkan visibilitas. Dengan kata lain, tetap up-to-date dalam menanggapi ulasan bisa meningkatkan SEO bisnis kamu.
Baca Artikel Lainnya :
- 9 Jenis Bot Discord Yang Cocok Untuk Membangun Komunitas Online
- 8 Simple Ways to Improve Website Page Speed
https://www.techfor.id/
Techfor.id
Bagaimana Cara Agar Mendapatkan Review Positif ?
1. Pastikan Pelanggan mendapatkan Pengalaman yang Baik
Coba pikirkan tentang setiap poin yang pelanggan kamu miliki dengan bisnismu, mulai dari bagaimana mereka menemukan produkmu, saat menanyakan produkmu, membeli, serta follow-up kejadian lainnya.
Informasi tersebut bisa memberikan data penting apakah bisnismu sudah memberikan pengalaman yang baik atau belum. Jika belum pastikan untuk mencari bagian mana area yang perlu di tingkatkan kembali.
2. Jangan Malu Untuk Meminta Review
Simpel namun efektir, tetapi seringkali malu untuk melakukannya. Untuk mendapatkan ulasan positif di Google baiknya kamu memintanya langsung kepada pelanggan bisnismu.
Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan link ke lokasi bisnis google ke email atau platform media sosial popular yang lain.
Tapi tentu disini kamu tidak bisa memaksa mereka untuk berkata apa di ulasan tersebut. Pelanggan harus secara jujur menyampaikan pendapat mereka. Makanya, agar mendapat respon positif pastikan kamu sudah memberikan pelayanan maksimal.
3. Respon setiap ulasan yang ada di Google Review (Baik positif atau negatif)
Bila tiba seseorang merespon positif bisnismu, langsung balas mereka dan ucapkan terimakasih. Jangan salah, Menanggapi ulasan di Google menambah bukti sosial kamu dan membawa rasa kemanusiaan pada merek kamu.
Semisal ada yang berkomentar negative, jangan terpancing emosi melainkan meminta maaf dan berjanji akan memperbaikinya secepat mungkin. Bisa jadi orang tersebut dikemudian hari akan mengganti ulasannya menjadi positif.