1. Lakukan Riset Secara Manual

Via Google Autocomplete

Google Autocomplete, sugesti kata kunci yang ditawarkan Google saat pengguna mengetik pada kueri pencarian.

Cara pakainya?

Cukup kamu ketik kata kunci dan catat semua sugesti yang ditawarkan Google. Kalau kamu perhatikan akan ada banyak jenis kata kunci Long-tail (panjang) di sana yang cocok untuk SEO.

 

Baca Artikel Lainnya :

Featured Snippet (Cuplikan Unggulan)

Juga dikenal sebagai “Zero Position / posisi nol”, Featured Snippet atau cuplikan unggulan yaitu daftar pertama di halaman hasil mesin telusur (SERP).

Punya tampilan berbeda dari hasil lain yang berisi lebih banyak informasi. Kedua faktor tersebut membuatnya lebih menarik bagi pengguna.

featured snippet

Contoh Featured Snippet

People Also Ask

Fitur People Also Ask atau orang lain juga bertanya Google juga cara bagus lainnya untuk mencari kata kunci populer. Google akan menampilkan pertanyaan relatif  yang sering orang lain tanyakan  pada tampilan kotak seperti ini :

also ask

Contoh FAQ

Related Searches

Bagian Related Searches terdapat di bagian bawah hasil pencarian Google. Fitur yang menampilkan pencarian terkait sesuai dengan apa yang pengguna ketik.

Contoh : Related Search

2. Manfaatkan Tools Riset Kata Kunci

Cara manual memang bagus, tetapi jangan mengabaikan sepenuhnya kehadiran tools SEO yang bisa membantu kamu menemukan kata kunci populer.

Umumya, tools-tools tersebut memiliki fitur utama seperti :

Domain Overview

Fitur Domain Overview memberikan kamu wawasan (Insight) SEO kompetitormu, pemasaran konten (Content Marketing), dan Strategi social media.

Hal ini memberikan kamu informasi apa yang bekerja efektif di niche yang digarap dan mengimplementasikan strategi tersebut di kampanye pemasaranmu.

 

Top SEO Pages

Fitur ini membantu kamu menemukan peringkat teratas laman situs web milik kompetitor untuk kata kunci organik. Ia juga menampilkan performa konten mereka di social media.

 

Keyword Ideas

Keyword Ideas memberikan gambaran statistik perfoma suatu kata kunci yang ditargetkan.  DIdalamnya memuat informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan SEO, Biaya PPC, dan yang lainnya.

 

Kamu bisa cobain Ubber Suggest :

google

Aplikasi Ubersuggest

 

Kamu bisa cobain Dimia.id

dimia.id

 

Aplikasi Dimia.id

3. Gunakan Extension Chrome

Untuk menemukan kata kunci populer, kamu juga bisa menggunakan ektensi Chrome seperti Ubersuggest.

Ia memberikan kamu metric SEO yang bisa segera ditindak lanjuti seperti :

  • Hasil Pencarian Google
  • Hasil Pencarian Youtube
  • Saran Instilah Pencarian (Suggested Term) di Amazon

 

4. Analisa Riset Kompetitor Dengan Bantuan Tools

Memata-matai kata kunci unggulan competitor nggak semudah yang dibayangkan. Tetapi bisa kamu permudah dengan bantuan tools seperti TagCrowd.

Cukup masukan URL dari kompetitormu dan nantinya akan muncul kata kunci apa saja yang mereka pakai.

Selain TagCrowd, kamu juga bisa memanfaatkan tools lainnya seperti :

  • Spyfu
  • Buzzsumo
  • SemRush
  • Ahrefs
  • Ubersuggest
  • Dimia.id

Sumber : Neil Patel 

 

Selanjutnya Baca Artikel berikutnya :

4 Tips & Tools Menemukan Tren Kata Kunci di Amazon