struktur website

Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

struktur SEO

 

Memiliki ​​Struktur website yang baik Bisa  memudahkan user ketika user mencari informasi di website yang kita optimasi atau kita kelola. Sebaliknya, Jika anda tidak memiliki  struktur yang baik , Tentu website anda akan berantakan dan susah dinavigasi oleh user maupun oleh robot Google atau spider. Google pun akan kesulitan membedakan konten mana yang penting dan mana yang tidak.

 

Apa yang dimaksud dengan  Struktur Website?

Struktur website Merupakan susunan halaman yang ada di dalam website yang kita buat. Biasanya arsitektur dari  website ini  terdiri dari menu Utama dan navigasi serta internal link yang kita buat untuk melakukan perpindahan halaman dari page satu ke page yang lain

Struktur website yang baik anda bisa memberikan User experience yang baik kepada pengunjung sehingga pengunjung betah untuk berlama lama di dalam website yang kita buat, dikarenakan navigasi nya mudah untuk dipahami. 

 

struktur website

 

Mengapa struktur Website itu  penting?

Mengatur struktur website  merupakan peranan terpenting bagi para SEO, Karena bisa memberikan kemudahan ketika user mencari suatu informasi ketika mereka masuk ke dalam website kita. 

berikut beberapa manfaat struktur website yang baik :

 

A. Membantu  Mesin Pencari Google untuk mempermudah Membaca struktur website

Membantu mesin pencari memahami tentang struktur data website anda. Struktur situs yang layak juga memungkinkan mesin pencari menemukan dan mengindeks konten dengan cepat. Oleh karena itu, struktur yang baik harus mengarah ke peringkat yang lebih tinggi di Google.

Struktur website yang baik tidak hanya bisa membantu user menemukan konten yang dibutuhkan. Tapi juga membantu web crawler untuk mengakses dan menemukan hubungan antar konten yang Anda buat. Dari situ, web crawler akan lebih mudah untuk mengindeks konten Anda di mesin pencari.

 

B. Menghindari Kompetisi Antar Konten dari suatu Website

 

Kompetisi yang dimaksud mungkin terjadi ketika Anda memiliki beberapa konten blog post yang mirip. Misalnya saja, Anda punya beberapa artikel tentang error WordPress dan menggunakan beberapa kata kunci yang sama untuk konten tersebut. 

Konten-konten yang mirip tersebut membuat Google kesulitan untuk memutuskan mana konten yang paling penting. Hasilnya konten Anda tadi saling berkompetisi untuk berada di posisi teratas Google.

Baca Juga :

5 Tools untuk Cek Broken Link dan Cara Memperbaikinya

Keyword Stuffing: Pengertian, Jenis, Bahaya dan Tips Menghindarinya

Kursus SEO

 

Cara mengatur struktur situs Website yang baik

 

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat struktur website yang Ramah  SEO , yaitu:

1.Buat Navigasi atau Struktur yang baik

Untuk membuat website agar lebih  mudah dipahami baik itu oleh user atau oleh googlebot , kita harus membuat navigasi yang baik, seperti : 

  1. Beranda
  2. Kategori (atau bagian)
  3. Subkategori (hanya untuk situs yang lebih besar)
  4. Halaman dan posting individual

Contohnya seperti Gambar di bawah ini: 

 

 

Struktur Website

 

Beranda harus sepenuhnya berada di atas. Kemudian, Anda memiliki beberapa bagian atau halaman kategori di bawahnya. Anda harus dapat mengajukan semua konten Anda di bawah salah satu kategori ini. Jika situs Anda lebih besar, Anda juga dapat membagi bagian atau kategori ini ke dalam sub kategori. Di bawah kategori dan subkategori Anda adalah halaman dan posting individual Anda.

 

Gunakan Taksonomi

WordPress menggunakan apa yang disebut taksonomi untuk mengelompokkan konten (CMS lain sering kali memiliki sistem serupa). Kata ‘taksonomi’ pada dasarnya adalah istilah mewah untuk sekelompok hal – halaman situs web, dalam hal ini – yang memiliki kesamaan. Ini nyaman karena orang yang mencari lebih banyak informasi tentang topik yang sama akan dapat menemukan artikel serupa dengan lebih mudah. Anda dapat mengelompokkan konten dengan cara yang berbeda. Taksonomi default di WordPress adalah kategori dan tag.

Posted in SEO