7 Jenis Digital Marketing Yang perlu Kamu ketahui
  1. Sign Up

Ketik www.Facebook.com/business pada halaman Url kamu dan pilih “Create a Page” pada bagian kanan atas. Kamu nantinya akan disambut oleh beberapa tampilan opsi seperti Business or Brand atau Community or Public Figure.

Jika kamu mengklik business or Brand, akan muncul tampilan box yang menanyakan tentang Nama dari Page yang akan dibuat, jenis kategori, alamat, dan nomor telepon

Begitu selesai mengisi form yang ada. Pilih dan klik Continue untuk melanjutkan

 

  1. Tambahkan Gambar.

Selanjutnya kamu harus mengupload foto profil & Cover image untuk halaman  Page. Sangat penting untuk menggunakan foto yang memiliki kesan pertama yang baik, jadi pilihlah foto dengan bijak. Pastikan foto yang kamu gunakan sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Foto profil kamu akan muncul dalam bentuk persegi di Halaman Facebook, tetapi akan di crop menjadi lingkaran di iklan dan post secara otomatis, jadi jangan menaruh detail penting di bagian sudut foto. Setelah kamu memilih foto yang terbaik, klik upload profile picture.

Sekarang saatnya memilih Cover photo , gambar paling menonjol di Page Bisnis Facebook kamu. Gambar ini harus menggambarkan merek kamu dan menyampaikan kepribadian merek tersebut.

Gambar ini akan ditampilkan dengan format 820 x 312 piksel pada desktop atau 640 x 360 piksel pada ponsel. Ukuran gambar harus minimal 400 piksel dan tinggi 150.

Setelah kamu memilih gambar yang sesuai, klik Upload Cover Photo.

 

  1. Explore Page baru

Kini page kamu telah resmi dibuat. Pada titik ini, di sarankan melakukan eksplorasi terhadap menu dan fitur-fitur yang ada. Lain halnya jika kamu sudah mengetahui cara kerja Page Business di Facebook

Meskipun kerangka dasar dari Page kamu sudah jadi, namun masih banyak hal yang perlu di lakukan sebelum dishare kepada audiens anda.

 

  1. Berikan Sedikit Deskripsi pada Page

Ini adalah kesempatan kamu untuk memberi tahu orang-orang tentang bisnismu. Berikan deskripsi singkat (maks 255 karakter)  mengenai bisnis yang kamu jalankan, jadi tidak perlu terlalu rumit di sini.

Caranya Klik Setting yang ada dibagian atas Page, lalu bagikan apa yang perlu diketahui pelanggan ksmu sejelas dan sesingkat mungkin. Disini juga kamu dapat menambahkan deskripsi yang lebih panjang di lain waktu.

Klik Save Changes begitu selesai.

 

  1. Buat Username

Username kamu, atau biasa disebut Vanil Url. Adalah bagaimana kamu memberi tahu orang-orang cara menemukan Page ini  di Facebook. Username memiliki batas maksimal 50 karakter. Buat username yang jelas dan mudah diingat, seperti nama bisnis kamu dengan sedikit variasi

Klik Create Username begitu selesai. Dan akan muncul pop up yang menginformasikan bahwa page kamu akan lebih mudah ditemukan di facebook dan Facebook messenger.

Klik ok untuk melanjutkan.

 

  1. Lengkapi Informasi Page

Meskipun kamu mungkin malas mengisi detail tentang Page, sangat penting untuk mengisi semua bidang di bagian Facebook Page About sejak awal. Karena Facebook sering kali menjadi tempat pertama seorang pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang kamu.

Semisal Jika seseorang mencari bisnis yang buka 9 pagi dan Page kamu tidak memiliki informasi perihal hal tersebut, maka Page anda akan sulit untuk ditemukan.

Merupakan ide yang bagus juga untuk membuat daftar informasi tentang protokol Facebook Messenger, seperti waktu dimana kamu melayani secara online dan perkiraan waktu respon pesan.

Untuk memulai, klik About di menu sebelah kiri Halaman Facebook.

Pada bagian About, kamu dapat menambah atau mengedit detail spesifik mengenai bisnis kamu seperti tanggal mulai, informasi kontak, dan akun sosial lainnya.

Bergantung pada jenis bisnis yang kamu kelola, Kamu dapat menambahkan detail spesifik seperti menu produk yang disajikan atau informasi tentang kisaran harga yang ditawarkan.

 

Untuk menentukan lokasi dan jam kerja bisnis kamu, klik Edit Page Info di bagian kanan atas.

Klik Save Change jika sudah selesai

 

  1. Buat Post Pertama

Sebelum mulai mengundang orang-orang untuk menyukai Halaman Facebook kamu, kamu perlu memastikan bahwa konten yang dibagikan merupakan konten yang patut dibagikan, kamu bisa berdiskusi dengan orang-orang terdekat anda untuk menentukan jenis post seperti apa yang menarik

Disanan  juga dapat membuat jenis postingan yang lebih spesifik, seperti Event atau penawaran produk — cukup klik tab di bagian atas Status Box untuk memunculkan semua opsi yang ada.

 

Pastikan bahwa apa pun yang kamu  posting memberikan nilai lebih atau manfaat bagi pengunjung ketika mereka tiba di Page Facebook kamu, sehingga mereka cenderung untuk tetap tinggal dan nyaman berinteraksi denganmu.

 

  1. Undang orang-orang untuk menyukai Page

Sekarang saatnya untuk memberikan Page Bisnis Facebook kamu sedikit dorongan. Undang keluarga dan teman-teman untuk menyukai Page Facebook tersebut.

Gunakan platform sosial media yang lain, seperti situs web Anda, Twitter, Instagram, atau LinkedIn untuk mempromosikannya. Tambahkan logo “Follow Us” di materi promosi kamu atau Email Signature.

kamu Juga dapat meminta mereka meninggalkan Review di salah satu postingan yang kamu buat.

Jangan merasa cepat puas dengan satu atau dua postingan saja. Analisa kompetitor kamu, Lihat cara mereka melakukan promosi, dan dari hasilnya tentukan bagaimana kedepannya strategi marketing Page Bisnis Facebook kamu.

 

Sumber : https://blog.hootsuite.com/steps-to-create-a-facebook-business-page/