User-Generated Content (UGC) merupakan suatu konten hasil buatan pengguna / pelanggan yang dengan cepat menjadi alat pemasaran online yang sedang populer. Bagaimana tidak, dengannya publik menjadi terbiasa dengan produk yang dipasarkan karena memang berbasis dari pelanggan dan untuk pelanggan.

Sejak kebangkitan Insta-marketeer, Otoritas Standar Periklanan telah menetapkan aturan baru untuk mempromosikan produk dan layanan melalui platform media sosial dan blog online, di mana promosi berbayar harus dapat diidentifikasi dengan jelas sebagai iklan.

Hal Ini biasanya dicapai dengan menggunakan “#ad” pada postingan influencer. Namun, sejak dibuatnya aturan ini pada tahun 2018, persepsi masyarakat terhadap pemasaran otentik semakin meningkat.

Mereka Menyadari bahwa selebriti favorit mereka tidak hanya mempromosikan produk yang mereka gunakan dan diyakini secara ritual telah menjadi kenyataan yang tajam bagi pengguna media sosial.

Berdasarkan Laporan Konten berbasis Pelanggan dari Authenticity Sells  menunjukkan bahwa 86% orang berpikir bahwa keaslian itu penting ketika memutuskan merek mana yang akan didukung.

Selain itu, 57% orang percaya bahwa kurang dari setengah dari semua merek membuat konten yang asli.

Masa depan pemasaran otentik terletak pada konsumen itu sendiri, memungkinkan mereka untuk membuat konten yang menjual dan tampak otentik dengan menciptakan peluang untuk berbagi pengalaman kualitas dan penggunaan produk kamu. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa UGC adalah bentuk konten paling berpengaruh di internet.

Tapi bagaimana konten ini dibuat? Dan bagaimana kita bisa mendorong pelanggan kita untuk membuatnya? Berikut lebih lengkapnya :

 

Mulai Dengan Kampanye UGC yang Positif

Untuk mendorong UGC positif, langkah pertama adalah menjadikan produk atau layanan kamu sesuatu yang layak untuk dibicarakan. Pekerjaan dimulai dengan pengalaman pelanggan yang baik.

Laporan tahun 2016 menemukan bahwa 75% pelanggan akan berbagi pengalaman positif mereka dengan sebuah merek kepada teman atau kerabat mereka.

Jika kamu yakin bahwa setiap produk atau layanan yang kamu berikan sudah bagus, maka kamu memiliki potensi untuk mengekspresikan kepuasan mereka di domain publik dengan menjalankan kampanye UGC.

Selain itu juga, membuat forum untuk berbagi ulasan tentang produk kamu akan memungkinkan calon pelanggan melihat bagaimana bisnismu tampak berbeda

Lagipula membagikan informasi ini di platform periklanan kamu memungkinkan untuk mengambil ulasan dan cerita dari pelanggan dan mengubahnya menjadi studi kasus untuk rencana marketing kamu kedepannya.

Dengan membagikan testimonial pelanggan di platform media sosial kamu sendiri, kamu dapat membangun kepercayaan pelangganmu pada merek dan produk.

 

Promosikan Customer Kamu

UGC tidak dibuat hanya dengan niat positif semata, kamu masih perlu mengkampanyekan konten yang terorganisir. Mendorong pembuatan UGC memungkinkan bisnis dengan cepat menerima konten dan cerita positif untuk dibagikan kepada calon pelanggan dengan menawarkan hadiah untuk kreasi terbaik atau postingan yang disukai.

Hadiahnya yang kamu berikan disini tidak perlu mahal. Dengan merek otoritatif yang menawarkan fitur khusus atau diskon di Instagram atau situs web kepada mereka pun sudah sangat cukup dan memuaskan dimata pelanggan.

Hadiah produk juga bisa menjadi investasi yang sesuai untuk menghasilkan konten dari pengguna (UGC), membangun pengikut kamu, dan meningkatkan kesadaran merek.

 

Membangun Komunitas

Terkadang, inspirasi terbaik datang dari pelanggan kamu sendiri. Forum komunitas menjadi tempat orang-orang atau pelangganmu berbagi kiat tentang produk yang kamu tawarkan dan bagaimana respon mereka terhadap produk itu. Manfaatkan komentar maupun masukan yang mereka kemukakan sebagai bahan untuk membuat produkmu lebih baik lagi.

Sebagai contohnya yaitu Vanish, sebuah merek detergen pembersih yang memanfaatkan teknik ini di tahun 2014 dengan forum bernama Vanish tips Exchange.

Forum ini memungkinkan pelanggan mereka membuat video berdurasi pendek yang menjelaskan cara bagaiana mereka dapat menghilangkan noda dari berbagai objek dengan menggunakan Vanish.

Jenis konten seperti ini dapat dengan mudah dicapai untuk produk dengan berbagai kegunaan. Contoh lainnya yatu, perusahaan pengembang perangkat lunak bisa mendapatkan keuntungan dari pengguna yang membagikan tutorial tentang program mereka.

Selama perusahaan kamu menciptakan ruang online untuk membagikan ide-ide ini, konten yang dibuat oleh pelanggan kamu dapat membantu mengarahkan prospek ke website produkmu dan mempromosikan bisnis.