Google Analytics adalah bagian dari bisnis meningkatkan keberadaan web mereka secara online.  Sebagai pengguna Google Analytics, Kamu kini memiliki kemampuan untuk melihat kebiasaan pembeli ideal kamu, bagaimana mereka berinteraksi dengan situs webmu, dan bagaimana kinerja situs web secara keseluruhan.

Sepanjang tahun 2020 Google telah meluncurkan banyak pembaruan untuk lebih melengkapi bisnis penggunanya, baik yang besar maupun kecil agar lebih beradaptasi dengan kehadiran online. Dan memberi mereka data yang dibutuhkan untuk belajar dan berkembang dengan cepat.

Bersamaan dengan itu, mereka merilis Google Analytic 4

Vidhya Srinivasan, selaku Vice-president of Measurement analytics and buying platform di Google  mengatakan pembaruan Google Analytics sekarang lebih cerdas daripada sebelumnya. Selain itu, ia dibangun di atas properti Aplikasi + Web yang diluncurkan tahun lalu dan diperbarui untuk tahun 2020.

Google Analytics 4 akan menjadi opsi default ketika kamu menyiapkan properti analytics baru. Berikut ini adalah 4 update baru yang mereka lakukan :

 

  1. Data Berbasis AI yang lebih canggih

Algoritme pembelajaran yang didukung AI telah tersedia di Analytics untuk sementara waktu sekarang. Namun, dengan hadirnya pembaruan GA4, kita sebagai pengguna mendapatkan fitur unik didalamnya, termasuk prediksi metrik baru.

Misalnya, kamu akan memiliki kemampuan untuk melihat potensi pendapatan yang dapat kamu peroleh dari sekelompok pelanggan tertentu.

Ini memberi kamu kemampuan untuk menargetkan pelanggan yang bernilai lebih tinggi dan menganalisis kebiasaan mereka untuk melihat mengapa belanja lebih banyak produk ketimbang pelanggan yang lain di toko onlinemu.

Algoritma juga dapat memprediksi hasil tertentu seperti churn rate yang memungkinkan kamu mengantisipasi nilai umur kelompok pelanggan tertentu.

 

  1. Integrasi Lebih Dalam dengan audiens Google Ads

Meluncurkan integrasi yang lebih kuat dengan Google Ads akan memungkinkan kamu dapat memberikan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan bermanfaat kepada audiens tertentu.  Terlepas dari bagaimana mereka berinteraksi dengan perusahaan kamu.

Misalnya, kamu akan dapat melihat konversi dari Google dan saluran berbayar non-Google bersama dengan penayangan video YouTube, sosial dan email. Ini memberi kamu gambaran holistik tentang apa yang terjadi dengan upaya pemasaran kamu.

 

  1. Pemahaman Lebih Baik Akan Siklus Pelanggan

Penggunaan unik sinyal Google dari pengguna memungkinkan Google memberikan pelaporan yang lebih baik di seluruh siklus  pelanggan mulai dari klik pertama mereka hingga konversi maupun retensi.

Dengan seberapa cepat kebutuhan pengguna berubah dan kenyataan perlunya membuat keputusan waktu nyata untuk memenangkan dan mempertahankan klien.  Ini bisa menjadi pengubah permainan bagi banyak pemasar.

Google juga menyederhanakan pelaporan didalamnya dan diatur ulang sehingga kamu dapat secara intuitif menemukan wawasan pemasaran kamu sendiri.

  1. Kontrol Data Yang Ditingkatkan

Google Analytics 4 juga membantu kamu menanggapi ekspektasi dan peraturan yang terus meningkat seputar privasi pengguna dengan meluncurkan pendekatan baru untuk kontrol data. Pembaruan ini memberi kamu kemampuan yang lebih baik untuk mengelola cara data dikumpulkan, disimpan, dan digunakan di dalam Google Analytics.

Peluncuran kontrol yang lebih terperinci untuk personalisasi iklan memberi pemasar kemampuan untuk membatasi apakah mereka menggunakan data untuk mengoptimalkan iklan atau untuk membatasinya pada pengukuran.

Dengan Google Analytics 4, memberi pengguna seperti kamu gambaran yang lebih holistik tentang siklus  pelanggan lintas platform kamu.

Selain itu, kamu akan memiliki kemampuan untuk melaporkan dengan lebih baik tentang kebiasaan pengunjung situs web menggunakan machine learning untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna dan mengoptimalkan pengeluaran iklan mereka untuk menargetkan audiens yang lebih tepat.

 

Sumber : https://www.impactplus.com/blog/google-analytics-4-updates-business-website-data