Kamu pasti seringkan lihat iklan atau promosi, landing page di mana di dalam landing page dan iklan tersebut semuanya berhubungan dengan tulisan yang sifatnya persuasif. Nah Tulisan tersebut kita kenal dengan sebutan copywriting. Tulisan yang berupa ajakan (Call to Action) di setiap promosi penjualan barang atau jasa ini tidak dibuat sembarangan, Tulisan tersebut dibuat dengan teknik khusus oleh orang-orang yang bekerja dalam bidang penulisan pemasaran atau disebut dengan istilah copywriting.
Apa Itu copywriting ?
Penjelasan paling sederhana, copywriting adalah sebuah kata-kata yang mampu membangun rasa dan empati serta dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan apa yang diharapkan seorang penulis atau copywriter. Copywriting merupakan suatu teknik promosi atau pemasaran yang dibuat melalui tulisan tanpa disadari oleh calon pembeli bahwa kita sedang melakukan suatu promosi.
Awalnya teknik copywriting hanya digunakan untuk pembuatan advertorial, billboard, sales letter, dan media pemasaran dalam pada suatu tulisan. Namun seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi serta jangkauan bisnis yang semakin luas, teknik copywriting kini digunakan pula pada media-media promosi dalam bentuk video gambar dan sosial Media.
4 Jenis Copywriting yang bisa anda Gunakan Untuk kegiatan pemasaran
Sebagai pemilik usaha atau bisnis, anda perlu mengetahui betapa pentingnya peranan copywriting dalam kegiatan pemasaran. berikut ada 5 jenis teknik copywriting yang bisa anda gunakan, yaitu:
1. Direct Response Copywriting
Direct response copywriting adalah jenis copywriting yang berfungsi untuk memperoleh tanggapan langsung dari para konsumen. Copywriting ini akan mengarahkan konsumen untuk mengklik tombol CTA atau halaman dalam sebuah website.
2. Marketing Copywriting
Marketing copywriting merupakan copywriting yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk, menyampaikan manfaat dari produk tersebut, dan memberikan solusi kepada konsumen.
3. Brand Copywriting
Jenis copywriting ini adalah copywriting yang fokus untuk menyampaikan dan memperkenalkan identitas dari suatu brand. Di sisi lain, copywriting jenis ini juga yang membedakan sebuah brand dengan brand kompetitornya.
4. Social Media Copywriting
Social media copywriting bertujuan untuk bisa melibatkan pelanggan melalui postingan yang dikemas sedemikian rupa, sehingga pelanggan dapat mengingat brand atau merek tersebut.
Baca Juga:
Strategi marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM
Cara membuat artikel seo untuk website
Pentingnya Teknik Penulisan Copywriting Untuk Bisnis UMKM
Belajar teknik copywriting di zaman serba digital seperti sekarang ini penting, termasuk bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dengan kemampuan copywriting, setiap entrepreneur dapat mempromosikan produk atau layanannya secara persuasif kepada target pasar dan pelanggannya.
Saat ini copywriting dapat dituangkan ke dalam berbagai media pemasaran, sebut saja teks atau suatu tulisan yang ada didalam landing page, artikel blog, email newsletter, postingan di media sosial, headline dan meta description di hasil pencarian Google, iklan berbayar di Google dan media sosial, termasuk judul dan deskripsi pada video YouTube.
Teknik penulisan Copywriting memiliki daya tarik yang baik untuk bisa membujuk target konsumen untuk bisa melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Maka dari itu, berikut beberapa manfaat teknik copywriting untuk para UMKM:
1. Membantu anda untuk membangun suatu brand
Teknik penulisan Copywriting sangat Penting bagi para pelaku bisnis terutama untuk UMKM untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan melalui tulisan-tulisan yang memiliki karakteristik gaya dan tone unik. Hal tersebut akan dapat menjaga agar bisnis Anda tetap konsisten. Dengan teknik penulisan yang baik brand anda akan mudah untuk diingat oleh calon pelanggan anda.
2.Untuk Meningkatkan penjualan
Tujuan utama bisnis tentu adalah mendapatkan keuntungan. Bagaimana bisa untung? Tentu dengan meningkatkan penjualan. Hal ini bisa diwujudkan melalui copywriting. Sebab, copywriting tak hanya sekadar kepentingan promosi tetapi juga cara mendapatkan tanggapan (feedback) dari pembaca yang menjadi target pasar.
Semakin relevan konten yang dibuat dengan produk atau layanan, maka target pasar akan semakin senang untuk membacanya. Tak hanya itu, copywriting yang berisi ajakan untuk membeli produk atau layanan, berpotensi meningkatkan penjualan.