Meskipun merupakan topik yang luas pada umumnya, penting untuk mempelajari bagaimana meraup keuntungan dari aplikasimu yang dipasarkan di Google Playstore.

Penting juga  untuk menetapkan nilai yang dirasakan dengan jelas sehingga pengguna merasa nyaman ketika mereka melakukan pembayaran didalam aplikasimu.

Artikel ini membahas tentang bagaimana ekonomi perilaku terkait erat dengan nilai langganan aplikasi berbayar (Paid App Subscription).

Selepas berhasil terhubung dengan pengguna, membuat aplikasimu menonjol dan menetapkan konteks. Maka sekarang saatnya untuk memikirkan tentang jenis model monetisasi apa yang harus kamu pilih.

Strategi Monetisasi Aplikasi pada Toko Aplikasi

Dalam Strategi Monetisasi Aplikasi pada Toko Aplikasi seperti Playstore atau Apple Store, umumnya terdapat 2 metode yakni :

  • Subscription(Langganan Berbayar)
  • In-App Purchase(Pembelian didalam Aplikasi / game)

Selain menggunakan salah satunya, kamu juga bisa menggabungkan keduanya. Tentunya diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya.

Strategi Subscription (Langganan Berbayar)

Dengan Subscription, seorang pengguna membuka pengalaman premium dalam jangka waktu tertentu.

Setelah itu, pengguna perlu memutuskan lagi apakah nilai ini layak untuk dibayar lagi. Jadi layanan subscription kamu  harus mendapat peringkat tinggi pada pengukur nilai secara konsisten. Harga yang kamu tentukan disini juga memegang peranan penting, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

Diskon, uji coba gratis (Free-trial), dan penawaran perkenalan (Introductory offers) misalnya adalah cara yang bagus untuk menunjukkan nilai kamu dan membiarkan pengguna merasakan layanan kamu.

Google Play menawarkan berbagai bantuan mulai dari memahami subscription  hingga harga aplikasi melalui integrasi pustaka Layanan Penagihan Google Play, yaitu  platform pembayaran global yang menangani pembayaran sehingga aplikasi kamu tidak perlu memproses transaksi keuangan lagi.

 

Strategi In-App Purchase

In-App purchase atau Pembelian dalam aplikasi terkait erat dengan keterlibatan (Engagement). Jika pengguna terhubung dengan fitur atau aktivitas tertentu dalam aplikasi kamu, mereka tentunya akan melakukan pembelian dalam aplikasi.

Jadi, pentingnya pengait tersebut menjadi sangat penting untuk mendorong lebih banyak pendapatan melalui strategi In-app purchase.

Dalam konteks ini juga, akan sangat bagus untuk melihat pohon monetisasi di mana setiap metrik induk adalah produk dari metrik turunan di bawahnya.

Di sini persentase pembeli harian membantu menilai kesehatan monetisasi. Sebagai praktik terbaik, memonetisasi dengan% besar pemain selalu lebih baik daripada menghasilkan lebih banyak pendapatan dari pembeli yang banyak.

Menggunakan metode ini mengharuskan kamu selalu waspada terhadap tanda dan sinyal monetisasi yang kurang optimal.

In-App Billing Purchase

atau Pembelian penagihan dalam aplikasi  sebagai bagian dari aplikasi atau game yang menggunakan penagihan dalam aplikasi adalah strategi promosi penting lainnya.

Sebagai praktik terbaik, biasanya yang terbaik adalah membuat aplikasi tersedia untuk diunduh gratis dengan fitur terbatas atau fitur lengkap untuk waktu terbatas dan kemudian gunakan pembelian dalam aplikasi untuk membuka aplikasi penuh dan tidak terbatas.

Dari perspektif praktik terbaik sebelum menentukan langganan atau model monetisasi dalam aplikasi, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan diantaranya :

  • Petakan rangkaian fitur inti dan penawaran nilai Anda dan tentukan mana yang menjadi dasar gratis kamu.

 

  • Kemudian pada fitur tambahan, kamu menentukan mana yang akan mengikuti harga dalam aplikasi vs. model langganan.

 

  • Sebelum menentukan ritme penetapan harga, penting dilakukan evaluasi fitur dengan menilai daya tarik dan masukan dari pengguna.

 

  • Dari sana, kumpulan penawaran / opsi harga pertama yang perlu dipertimbangkan adalah perkenalan

 

  • (meningkatkan dari uji coba gratis) dan harga diskon (yang mungkin berlaku untuk sejumlah periode penagihan).

 

  • Halaman bantuan dukungan langganan menjelaskan semua detail tentang cara menambahkan ini.

 

  • Berikutnya dalam rantai, akan menentukan berbagai tingkatan langganan dan poin harga untuk itu. Sangat penting untuk mempertimbangkan semua faktor lokal saat mengatur harga. Dan menjalankan eksperimen A / B untuk menentukan jenis tingkat harga mana yang berfungsi untuk Anda pengguna bukanlah ide yang buruk.

 

  • Integrasikan dengan Google Play API untuk menjual:

 

  • Produk dengan biaya satu kali seperti mata uang dalam game (targetnya adalah game dalam kasus ini

 

  • Produk dengan fitur tambahan seperti peningkatan premium

 

  • Akses ke konten atau layanan dengan biaya berulang

 

  • Pelajari cara menggunakan notifikasi dan fitur dalam aplikasi seperti konfigurasi jarak jauh serta tampilan dan nuansa aplikasi

 

  • Terakhir, kelola dan lacak semua pesanan kamu melalui Google Play Console

 

Tips terakhir yaitu menggunakan Google Admob. Google AdMob adalah platform monetisasi cerdas untuk aplikasi yang membantu memaksimalkan pendapatan dari iklan dan pembelian dalam aplikasi.

AdMob bekerja dengan jutaan pengiklan untuk bersaing memperebutkan ruang iklan, sementara kamu tetap memegang kendali penuh atas proses tersebut untuk memaksimalkan penghasilan.

Kunjungi halaman Google AdMob untuk info lebih lanjut.

 

Sumber  https://medium.com/googleplaydev/make-your-app-shine-on-google-play-96a9ada56455