Satu tahun setelah mengumumkan rencana untuk mematikan cookie pihak ketiga,

Google minggu lalu mengungkapkan perkembangan terbaru mereka dari proyek Privacy Sandbox untuk membangun web yang lebih personal atau pribadi.

Cara Kerja Cookies Alternatif Google

Raksasa teknologi tersebut mengatakan bahwa dengan teknologi Federated Learning of Cohorts (FLoC),

pengiklan dapat berharap untuk melihat setidaknya 95% dari konversi per uang yang dibelanjakan yang saat ini mereka dapatkan dengan iklan berbasis cookie.

Pengukuran iklan digital

Meski memiliki nilai tinggi di mata para pengiklan, namun tanpa adanya cookie dilansir bisa mengubah penargetan dan pengukuran iklan digital.

Berbeda dengan cookie pihak ketiga, FLoC menciptakan audiens serupa (Similar Audience) yang melindungi privasi dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin (Machine Learning) untuk memproses perilaku penjelajahan web pada perangkat individu.

Cara kerja FLoC serupa dengan berapa banyak penyedia data yang menggunakan cookie pihak ketiga dalam menggabungkan berbagai sumber data untuk membangun audiens,

Tetapi dengan data pihak ketiga yang khas, para marketer atau pemasar memiliki wawasan langsung ke dalam sumber yang digunakan untuk membangun audiens.

Statistik efektivitas 95% Google

Statistik efektivitas 95% Google memperjelas bahwa ketidakefisienan dan pemborosan melekat pada periklanan berbasis kelompok seperti FLoC, kelemahan yang mungkin diperlukan dalam pertukaran untuk privasi.

“Akan tetapi, hasil awal dari FLoC dan langkah terkait yang telah dibuat Google untuk memasukkan feedbacj industri ke dalam Privacy Sandbox

menjanjikan bagi pemain dunia iklan yang mencari kemampuan penargetan yang efisien setelah kematian cookie pihak ketiga”,

menurut Michael Schoen, wakil presiden senior dan manajer umum dari solusi pemasaran di Neustar.

“Untuk sebagian besar pemasar kami, mereka akan terus menargetkan dalam berbagai cara berbeda, beberapa di antaranya akan terus menggunakan pengenal lain.

Namun sebagai semacam penampung semua bagi konsumen yang menggunakan browser Chrome,

[FLoC ] tentunya memberikan cara yang efektif untuk menjangkau konsumen dalam skala besar, “kata Schoen.

Transisi dari cookie

Transisi dari cookie pihak ketiga ke solusi seperti FLoC juga akan memengaruhi pengukuran dan analitik.

Sebagai bagian dari Privacy Sandbox, Google mengatakan akan memberikan solusi atribusi klik-tayang untuk mendukung pengukuran sambil menjaga privasi.

Namun, ini hanya mencakup sebagian kecil dari gambaran pemasaran karena klik-tayang iklan tidak efektif dalam mengukur dampak video,

spanduk, dan iklan sosial, atau dampak kampanye multisaluran yang memaparkan konsumen ke suatu kampanye dalam beberapa cara.

Sumber https://www.marketingdive.com/news/how-googles-third-party-cookie-alternative-will-affect-marketers/594228/