Google membahas bagaimana indeks pencariannya diatur, dan bagaimana itu membuat SERP tampil lebih informatif. Berita ini mereka publish pada blog situs resmi mereka.

Dokumen tersebut membahas apa tujuan utama Google dalam menyajikan hasil penelusuran. Yang terpenting, Google bertujuan untuk mengatur informasi dalam hasil penelusuran dengan cara yang mudah dipindai dan dicerna.

Tantangan terbesar Google saat ini bukan hanya mengindeks semua yang ada di luar sana, tetapi menyajikannya dengan cara yang berguna dan dapat diakses oleh penelusur.

Cara Google Mengorganisir Informasi

Pada masa-masa awal Google, indeks pencariannya diperbarui hanya sebulan sekali. Sekarang, ada begitu banyak informasi yang harus diatur sehingga indeks penelusuran Google tidak pernah berhenti diperbarui.
Membuat hasil pencarian mudah untuk dipindai dan dicerna adalah hal yang paling diperhatikan, dan SERP akan sering disajikan dalam format yang berbeda sesuai dengan informasi yang dicari.

“Saat mencari pekerjaan, Anda sering ingin melihat daftar peran tertentu. Sedangkan jika Anda sedang mencari restoran, melihat peta dapat membantu Anda menemukan tempat terdekat dengan mudah. ”

Google menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk membuat hasil pencarian lebih mudah dipindai, seperti:

Carousel video dan berita
Rich Snippet untuk hasil resep masakan
Pemberian bintang label untuk ulasan
Panel pengetahuan untuk orang, perusahaan, dan acara
Fitur ini sangat umum di perangkat seluler, di mana hasilnya telah berevolusi dari awalnya hanya 10 tautan biru tradisional, kini menjadi memiliki rata-rata 26 tautan pada laman hasil pencarian pada device perangkat seluler.

Google mengatakan penambahan fitur rich snippet saling menguntungkan bagi pencari dan penerbit blog. Orang-orang dapat menemukan apa yang mereka cari dengan lebih mudah, dan situs web memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama.

Cara Google Memberi Peringkat Hasil Pencarian

Cara lain Google mengatur informasi dengan cara yang berguna bagi penelusur adalah dengan memberi peringkat untuk menampilkan informasi paling berguna di bagian atas.

“Untuk membuat semua informasi ini benar-benar berguna, kita juga harus memesan, atau memberi peringkat, hasil dengan cara yang memastikan informasi yang paling berguna dan dapat diandalkan naik ke atas.

Sistem peringkat kami mempertimbangkan sejumlah faktor – dari kata apa yang muncul di halaman, hingga seberapa segar kontennya untuk menentukan hasil apa yang paling relevan dan berguna untuk kueri tertentu”

Google menyimpulkan penjelasannya dengan mengatakan peringkat itu dinamis dan memahami arti kueri dapat berubah dari hari ke hari.

Untuk mengikuti perubahan tersebut, Google terus mengevaluasi kualitas hasil penelusuran untuk memastikannya masih memberikan informasi yang paling relevan.

Ribuan perubahan dilakukan pada hasil pencarian setiap tahunnya. Mulai dari perubahan kecil yang sebagian besar tidak diperhatikan, hingga pembaruan inti utama yang memengaruhi semua hasil pencarian di seluruh dunia.

Meski bukan perkara sulit bagi Google, akan tetapi mereka terus berusaha mengembangkan algoritma pencarian mereka dimasa yang akan datang.