7 tren bisniss inteligence

Kamu pasti tahu bahwa data adalah hal yang cukup penting dalam bisnis dan marketing modern. Hal ini memicu intelijen bisnis di hampir setiap industri dan fenomena ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Berikut adalah definisi singkatnya: 

“Istilah Business Intelligence (BI) mengacu pada teknologi, aplikasi, dan praktik untuk pengumpulan, integrasi, analisis, dan penyajian informasi bisnis.”   

Pada tahun 2020, penyimpanan data dunia diperkirakan mencapai 40 zettabytes data (yaitu 40 triliun gigabytes)!  

Masalah yang dihadapi banyak perusahaan adalah kesulitan mengelola data mereka dengan benar. Seiring meningkatnya skala perusahaan kamu, cadangan data konsumen dapat dengan cepat menjamur di luar kendali. Kini semua orang, mulai dari startup satu orang hingga perusahaan, panik berusaha menyesuaikan model bisnis mereka untuk memaksimalkan penggunaan data.

Lagipula, data hanya sebagus alat dan personel yang kamu miliki untuk menganalisis dan memanfaatkannya.

Dengan pemikiran itu, platform intelijen bisnis ditakdirkan untuk mengambil peran yang lebih sentral dalam perusahaan di masa depan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi tren intelijen bisnis.

Baca Juga : Trend eCommerce Terbaru dan terpenting di 2020!

Tren Business Intelligence Terbaru 2020

Perubahan cepat dalam kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, dan otomatisasi menggoncangkan cara bisnis menggunakan data. Jika kamu ingin memberi keunggulan pada perusahaan kamu dengan solusi yang data-driven, bacalah 7 tren intelijen bisnis pada tahun 2020 ini.

Tren # 1: Akan Ada Cara Baru untuk Mendapatkan Data

Belum lama ini, bisnis mengandalkan formulir berlangganan email dan survei untuk mengumpulkan data konsumen online. Namun kini, pasar yang berkembang untuk perangkat IoT (internet of things) menyajikan beragam saluran untuk mengumpulkan data.

AI and data investor Matt Turck calls it “the datafication of everything,” asserting that as more people go online around the globe, it becomes possible to analyze and catalog information in a way that AI systems can segment and use for business purposes. Take a look at his 2019 Data & AI Landscape (you’ll probably need to click here to zoom in):

AI dan investor data Matt Turck menyebutnya “datafikasi segalanya”. Ia menyatakan bahwa semakin banyak orang yang online di seluruh dunia, maka semakin mungkin untuk menganalisis dan membuat katalog informasi dengan cara sistem AI melakukan segmentasi dan digunakan untuk tujuan bisnis. Lihatlah pada Data 2019 & AI Landscape-ny (kamu bisa klik di sini untuk memperbesar).

(http://mattturck.com/wp-content/uploads/2019/07/2019_Matt_Turck_Big_Data_Landscape_Final_Fullsize.png)

Pada tahun 2020, analis intelijen bisnis akan memiliki akses ke lebih banyak sumber data daripada sebelumnya, dan memberi cadangan untuk memandu operasi, marketing, dan pengambilan keputusan penjualan perusahaan.

Kelemahan dari masuknya saluran penemuan ini adalah merek harus bekerja lebih keras untuk melindungi data mereka. Sebuah laporan dari Forbes mengungkapkan bahwa lebih dari 4,1 miliar catatan dibocorkan dalam enam bulan pertama tahun 2019. Sebagian besar kasus terungkap hanya dalam delapan pembobolan data yang terpisah.   

Saluran baru dapat menghasilkan hasil untuk perusahaan dan analis data, tetapi mereka juga menghadirkan peluang bagi peretas dan penjahat cyber. Mempelajari cara memanfaatkan dan melindungi data pasti akan menjadi tantangan yang berkelanjutan di tahun berikutnya.

Baca Juga Artikel digital Marketing :

Tren # 2: Lebih Banyak Organisasi yang Akan Menggunakan Platform BI

Dengan banyaknya saluran yang harus dikelola dan berbagai cara untuk memasarkan produk dan layanan kamu, tugas pelacakan analitik dengan cepat menjadi misi raksasa. Akibatnya, banyak perusahaan mencari solusi intelijen bisnis yang komprehensif di luar dasar-dasar Google Analytics seperti Amplitude:   

Seperti yang dikatakan Neil Patel , platform intelijen bisnis adalah:  

“Tempat sentral di mana kamu dapat menghubungkan semua data kamu dan membuat keputusan yang lebih baik sehingga kamu dapat mengoptimalkan nilai seumur hidup kamu alih-alih penghasilan jangka pendek kamu.”

Ada banyak pilihan intelijen bisnis, baik yang berbayar maupun yang gratis, seperti: 

Tren # 3: Analisis Bisnis Prediktif Akan Bertumbuh

Marketing dan metrik modern berjalan beriringan, jadi jika kamu tidak berinvestasi dalam analitik yang lebih baik, kamu akan kesulitan dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Masalahnya, kini perjalanan pelanggan menjadi semakin rumit. Kita hidup di zaman omnichannel di mana konsumen rata-rata memesan dari sebuah merek hingga 6 kali sebelum melakukan pembelian:    

Beberapa alat baru ini menggunakan AI untuk memprediksi event secara lebih akurat dengan menggunakan analitik prediktif untuk mengidentifikasi hubungan implisit antar variabel yang tampaknya tidak berkaitan.  

Analitik prediktif memanfaatkan algoritme bertenaga AI untuk membantu analis data memperkirakan hasil bisnis masa depan.

Pada tahun 2020, teknologi big data akan menjadi salah satu tren intelijen bisnis yang paling signifikan karena semakin banyak perusahaan merangkul zaman data-driven untuk meningkatkan kinerja proses dan alur kerja mereka.

Jika kamu butuh bukti akan kekuatan pengaruhnya, lihat saja Amazon. Raksasa ritel itu menggunakan intelijen bisnis untuk menganalisis perilaku konsumen dan memprediksi pembelian mereka sebelumnya. Ini memungkinkan Amazon meningkatkan rantai pasokan mereka, sehingga mengurangi waktu pengiriman bagi pelanggan. 

Tren # 4: Proses Bahasa Alami Akan Menjadi Semakin Cerdas

Pemrosesan bahasa alami (NLP) adalah aspek penting dari intelijen bisnis di masa kini. Teknik AI yang juga dikenal sebagai analitik percakapan ini melatih perangkat lunak komputer untuk memproses bahasa dan memodelkannya dengan cara yang mirip dengan cara manusia membaca (maka kata “alami”) secara akurat.

Berikut adalah beberapa jenis NLP yang mungkin sudah biasa kamu temui:  

  •  Pengenalan Ucapan: Mengubah kata yang diucapkan menjadi data yang dapat dipahami oleh komputer. Ini adalah teknologi NLP yang kamu gunakan setiap kali kamu mengajukan pertanyaan kepada Siri, Cortana, Echo atau Google Voice .   
  • Terjemahan Mesin: Menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini adalah teknologi yang mendasari aplikasi terjemahan seperti Google Translate. 
  •  Generasi Bahasa Alami: Menyampaikan informasi dalam bentuk bahasa manusia. Ini adalah teknologi yang kamu gunakan setiap kali Siri atau Cortana menjawab pertanyaan kamu.
  • Pencarian Semantik: Berkaitan erat dengan pengenalan ucapan ini memungkinkan kamu untuk mengajukan pertanyaan alami dari aplikasi seperti Siri, daripada harus merumuskan pertanyaan kamu dengan cara yang tidak wajar. 
  •  Pembelajaran Mesin: Pada dasarnya, pembelajaran mesin menggunakan data yang ditafsirkan oleh NLP untuk “mengajarkan” tindakan di masa depan kepada dirinya sendiri.   

Perkembangan NLP selama beberapa tahun terakhir telah mengubah cara pemasar menggunakan data, meningkatkan metode pengumpulan dan ekstraksi secara signifikan.

Platform intelijen bisnis terkemuka, termasuk Microsoft Power BI dan Tableau, telah mengintegrasikan fitur NLP, seperti pencarian semantik. Alat yang ramah pengguna ini memungkinkan orang untuk mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami, kemudian platform akan memindai data dan melaporkan informasi kembali.  

Dahulu, analis data harus menyisir ribuan dokumen untuk mencari poin data tertentu. Sekarang, dengan kemajuan dalam NLP, ekstraksi data secara eksponensial menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Perkembangan inilah yang membuat NLP diklaim sebagai masa depan bisnis oleh beberapa ahli.

Baca Juga :

Tren # 5: Augmented Analytics Akan Membuat Intelijen Bisnis Lebih Mudah Diakses

Menurut Gartner, augmented analytics adalah salah satu tren analitik data teratas yang harus diwaspadai pada tahun 2020. Dengan analitik data yang dihubungkan secara inheren dengan intelijen bisnis, kita dapat berharap pertumbuhan dalam augmented analytics akan berdampak pada platform BI.  

Intinya, augmented analytics menggabungkan teknik AI dan otomatisasi berbasis pembelajaran mesin untuk meningkatkan kecerdasan manusia dan memberikan kesadaran kontekstual:  

Apakah teknologi ini mematikan lapangan kerja para ilmuwan data? Bukan itu masalahnya, karena permintaan terhadap para ilmuwan data akan terus tinggi pada tahun 2020. Data Flair melaporkan peningkatan permintaan sebesar 28% yang diperkirakan akan membuka 700.000 lowongan pekerjaan.   

Manfaat menggunakan augmented analytics adalah lebih banyak orang di organisasi yang dapat menggunakan program analytics, bahkan jika mereka tidak memiliki ilmu komputer atau latar belakang matematika tingkat tinggi.

Alat bantu AI ini dapat mengidentifikasi hubungan yang bermakna antara metrik utama dan menampilkan insight data secara sederhana dan mudah dibaca. Penggunaan lain yang menarik dari analisis augmented adalah dalam dunia asisten digital, di mana pekerja produksi dapat menggunakan perintah suara untuk melakukan fungsi analitik atau mengelola dasbor intelijen bisnis mereka

Jadi dengan meningkatnya augmented analytic, banyak platform BI yang bisa menjadi lebih ramah pengguna di tahun 2020.

Tren # 6: Lebih Banyak Perusahaan Akan Fokus pada Seluler BI

Mobile business intelligence – “kemampuan untuk mengakses data terkait BI seperti KPI, metrik bisnis, dan dasbor pada perangkat seluler” – ditetapkan untuk satu tahun ke depan, dengan banyak vendor dan solusi baru diperkirakan akan debut pada tahun 2020.    

Seperti yang dikatakan oleh Klipofolio:  

 “BI Mobile adalah salah satu bagian dari teka-teki BI. Jika BI ingin membuat keputusan yang lebih baik dengan menggunakan data yang benar, maka BI seluler akan memastikan bahwa setiap orang – terutama pekerja jarak jauh – memiliki akses ke data tersebut kapan saja, di mana saja. “

Mengingat 92% eksekutif senior memiliki ponsel cerdas yang digunakan untuk bisnis, maka kamu bisa melihat mengapa BI seluler sangat penting. Tetapi terlepas dari kamu beroperasi di pasar apa, manfaat platform BI seluler sulit untuk ditolak:  

  • Kamu bisa mengakses data kamu kapan saja, dari mana saja.
  •  Karena ini adalah data real-time, kamu dapat bereaksi dengan cepat terhadap peristiwa yang terjadi.
  • Kamu memiliki platform analitik ringan yang sesuai dengan tenaga kerja modern dan tenaga kerja jarak jauh.
  •  Karena sebagian besar pengguna akan memilikinya dalam bentuk aplikasi yang diatur dengan peringatan di perangkat seluler mereka, BI seluler memfasilitasi kecepatan reaksi yang lebih cepat, alur kerja yang lebih pendek, dan komunikasi internal yang lebih baik.

Hingga tahun 2024, nilai pasar intelijen bisnis seluler akan mencapai $20 miliar dan terus bergerak ke atas.

Tren # 7: Tata Kelola Data Akan Menjadi Prioritas Utama

Tata kelola data adalah kerangka kerja manajemen yang mencakup semua proses, teknologi, dan personel yang terlibat dalam penyimpanan dan keamanan data perusahaan.

Pada tahun 2020, tata kelola data akan menjadi semakin dianggap penting ketika perhatian seputar privasi data terus memanas. Pada 1 Januari 2020, Undang-Undang Privasi Konsumen California menandai era baru undang-undang privasi konsumen AS dan banyak bisnis sedang mempersiapkan gelombang permintaan data dari pelanggan mereka.    

Jika dampaknya adalah sesuatu seperti Peraturan Umum Perlindungan Data (GDPR)  (hukum privasi data terketat di dunia) yang relatif baru, mungkin ada beberapa denda yang cukup besar diberikan selama tahun depan untuk kegagalan untuk mematuhi peraturan baru.  

Terlebih lagi, CCPA kemungkinan besar memicu efek domino di seluruh AS, mendorong negara-negara lain untuk mengesahkan undang-undang privasi mereka sendiri. Orang-orang peduli bagaimana perusahaan menangani data mereka. Awal tahun ini, Security Magazine melaporkan bahwa konsumen meninggalkan suatu merek setelah melakukan pelanggaran data: 78% menghentikan engagement online sementara 38% menghentikan semua interaksi dengan merek tersebut.  

Pada tahun 2020, perusahaan perlu lebih serius menangani tata kelola data. Kalau tidak, mereka berisiko kehilangan kepercayaan dari audiens mereka. Dengan platform intelijen bisnis yang cerdas, seharusnya menjaga data bisa menjadi relatif mudah.

Penutup

Seiring dengan kemajuan teknologi AI, platform intelijen bisnis akan menjadi lebih kuat dan hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih leluasa menangani data. 

Dalam iklim ini, mengandalkan solusi sederhana seperti Google Analytics kurang bekerja lagi, terutama untuk perusahaan yang lebih besar. Permintaan terhadap analis intelijen bisnis, seperti para ilmuwan data, akan meningkat pada tahun 2020 dan seterusnya.

Bagaimana caramu meningkatkan intelejensi bisnis perusahaan dalam 12 bulan ke depan?

Berikutnya Baca : 9 Tren Podcast Tahun 2020 Yang Wajib Kamu Ketahui !

Sumber : DJ Haughey