Apa cara terbaik untuk mengiklankan bisnis ? Banyaknya pilihan platform periklanan seringkali tampak membingungkan bagi banyak pemilik bisnis.

Kamu bisa memanfaatkan iklan Pay Per Click yang disediakan Google, Membeli Banner Ads pada suatu Website, Atau kamu bisa juga dengan mengirim email ke daftar email audiens yang disimpan.

Memang terdapat banyak sekali cara untuk beriklan di platform Digital yang bisa kamu pilih dan semuanya hampir sama efektifnya.

Akan tetapi, agar hasil yang didapat maksimal, bukan berarti kamu bisa sembarang beriklan disana. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, dianalisa, dan dipertimbangkan baik-baik. Berikut lebih lengkapnya :

 

  1. Kenali Calon Pelanggan

Tak kenal maka tak sayang. Untuk iklan yang tepat sasaran kamu diharuskan mengenali pelanggan atau audiens kamu sendiri. Cara ini bisa kamu capai dengan mencari informasi standar seperti :

  • Usia
  • Pendapatan
  • Pekerjaa
  • Industri
  • Pendidikan
  • Jjenis kelamin
  • Dan lokasi geografis pelanggan yang kamu targetkan.

Selain itu, sertakan juga kriteria tambahan seperti tujuan, tantangan, dan keluhan (Pain point) yang mereka rasakan dan seperti apa produkmu akan memecahkan masalah dari keluhan tersebut.

Jangan menebak-nebak informasi yang kamu gunakan untuk disini. Lakukan riset yang cukup sehingga kamu mendapat hasil berdasarkan fakta.

Carilah informasi di majalah perdagangan, bicaralah dengan orang yang menurut kamu akan membeli dan tanyakan kepada teman, kerabat, dan kenalan bisnis yang menurut mereka akan tertarik dengan produk atau layanan tersebut.

 

  1. Kenali Apa Yang Pelanggan Harapkan

Membuat profil pelanggan yang kamu incar hanyalah langkah pertama dalam merencanakan strategi periklanan yang tepat sasaran. Yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan bagaimana pelanggan biasanya mempelajari jenis produk atau layanan kamu dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli.

Berikut ini adalah jenis pertanyaan yang patut kamu pertimbangkan sebelum mulai beriklan :

  • Apakah produk atau layanan ini merupakan pembelian impulsif atau mendadak?
  • Apakah mereka melakukan riset sebelum membeli produk atau layanan ini?
  • Apakah iklan berbayar memengaruhi keputusan pembelian mereka?
  • Di mana mereka berharap menemukan iklan untuk jenis produk layanan ini? Di koran harian? Di Google? media sosial? Di radio atau TV?
  • Apakah mereka meminta referensi dari teman?
  • Apakah mereka meminta rujukan kepada rekan bisnis, atau profesional lain?
  • Apakah ulasan produk memengaruhi keputusan mereka?
  • Apakah mereka berharap menemukan jenis produk yang kamu jual di platform e-commerce atau serupa lainnya ?

Manfaatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan ini untuk menentukan dimana platform yang tepat untuk beriklan.

 

  1. Tentukan Tujuan Iklan

Advertising atau beriklan diplatform digital merupakan poin penting agar produk lebih dikenal banyak orang.

Mulailah dengan menetapkan tujuan pemasaran tertentu dan dengan cara apa saja kamu dapat mencapai tujuan tersebut.

Jangan hanya semata-mata fokus untuk “meningkatkan penjualan” saja, sebab hal itu terlalu rancu atau tidak jelas. Melainkan buat tujuan seperti “Menarik 25 penjualan produk sehari”, “mendapatkan 100 pelanggan baru”, atau “menggandakan penjualan 2x di bulan depat”.

Tetapkan sasaran yang realistis berdasarkan tingkat respons media tempat kamu akan beriklan dan kemampuan kamu sendiri untuk menghasilkan karya atau mengirimkan produk yang kamu jual.

Jika kamu belum pernah beriklan sebelumnya, hubungi beberapa bisnis non-pesaing yang sudah pernah beriklan di internet sebelumnya. Tanyakan respon mereka terhadap  iklanmu saat ini. Kamu juga bisa mencari informasi lain terkait memasarkan produk secara digital di internet atau media lainnya.

 

  1. Menentukan Platform Yang Tepat Untuk Beriklan

Tempat yang tepat untuk mengiklankan satu produk atau jasa belum tentu merupakan tempat yang tepat untuk mengiklankan produk atau jasa yang lain.

Misalkan jika mengiklankan produk baju efektif di Instagram, belum tentu jika kamu mengiklankan jasa pembuatan website akan sama efektifnya disana. Kenali kembali platform mana yang tepat untuk mengiklankan produk atau jasa yang dijual.

Jika kamu akan membeli iklan di mesin pencari, atau di media sosial, luangkan waktu untuk membaca instruksi mereka untuk hal penargetan audiens.

Carilah informasi tentang memilih usia, jenis kelamin, lokasi, dan kriteria lain yang umumnya dimiliki pembeli kamu. kamu mungkin juga ingin membatasi kapan iklanmu ditampilkan pada waktu tertentu dalam satu hari atau hari dalam seminggu.

 

  1. Memperkirakan Budget

Iklan atau promosi pasti membutuhkan budget tertentu untuk mengiklankan produk kepada konsumen. Disini tergantung budget kamu karena setiap jenis media memiliki harga yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, jika kamu pemilik perusahaan besar dengan budget ratusan hingga milyaran rupiah untuk iklan, nasional maka menggunakan TV sebagai media iklan pastinya sangat efektif.

Sebaliknya, jika kamu hanya memiliki modal ratusan ribu atau jutaan, iklan di internet atau koran yang sesuai dengan segmen pasar tertentu, maka hal ini bisa dikatakan efektif.

Jadi, dari sini kamu  bisa menilai iklan kamu efektif dari sisi dana atau tidak. kamu bisa saja melakukan iklan secara besar-besaran dengan dana yang tinggi pula, namun bisa jadi hasilnya tidak maksimal karena kamu tidak mengiklankan sesuai dengan segmen pasar.

Oleh sebab itu, diawali dengan budget agar lebih efektif, kemudian kamu bisa menilai media iklan apa yang tepat untuk promosi produkkamu.

 

  1. Membuat Materi Iklan

Disini menjadi penting karena berhubungan dengan media apa yang akan Anda gunakan. Tentu, hal ini berkaitan dengan materi iklan kamu. Jika materi iklanmu hanya sebatas text atau tulisan, maka bisa dengan media cetak baik offline maupun online. Ini akan lebih mengena dan lebih hemat dari sisi biaya.

Namun, jika materi iklan berbentuk video dan audio, bisa saja beriklan di TV atau di situs video online seperti YouTube untuk mengenalkan pasar ke yang lebih luas.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan audio, maka bisa beriklan di radio baik lokal maupun nasional tergantung dari segmen pasar produk kamu.

Hal ini tidak boleh dilewatkan begitu saja karena materi iklan merupakan kunci dari bagaimana iklan tersebut bisa sukses atau tidak

 

  1. Uji Coba dan Analisa Hasilnya

Periklanan bukanlah hal yang sekali dilakukan dan selesai begitu saja. Satu iklan atau metode periklanan bukanlah tiket kamu menuju kesuksesan.

Agar periklanan berhasil untuk bisnis kecil kamu, kamu perlu menguji iklan terus iklanmu dan mengukur hasilnya.

Judul iklan yang menurut menurutmu menarik belum tentu disukai oleh pelanggan. Promo beli satu dapat satu belum tentu sama efektifnya dengan diskon 25% untuk semua produk.

Hal-hal seperti ini tidak akan diketahui jika tidak kamu coba satu-persatu. Olehh karena itu dalam beriklan di platform media sosial amat penting untuk terus melakukan uji coba iklan untuk menentukan mana yang paling memberi dampak maksimal dan biaya minim.

 

Sumber : https://www.businessknowhow.com/marketing/how-to-advertise.htm