Search Engine Optimization (SEO), semua marketer pasti mengenal kata-kata tersebut. Tapi tidak semuanya mampu menerapkan SEO dengan tepat dan mendapatkan hasil maksimal. Bicara tentang SEO tidak lepas dari Crawling, Indexing, dan sejenisnya. Apapun itu, bisa menentukan peringkat suatu website di hasil pencarian Search Engine.

Dengan penerapan yang tepat jangankan perusahaan besar, perusahaan start up sekalipun bisa melesat tinggi apabila tahu cara kerja SEO.

Buat kamu yang mungkin pernah mencobanya tapi hasilnnya tidak memuaskan, bisa jadi karena kamu menggunakan metrik yang salah. Bisa jadi pula karena SEO kamu tidak efektif di platform Google.

Mitos SEO

  • SEO sangat mudah dipelajari, kamu hanya perlu surfing di Google. Ada banyak sekali website yang menyediakan panduan SEO secara gratis.
  • SEO yang efektif adalah SEO yang mampu membuat suatu website atau laman berada di peringkat satu Google
  • Ketika Google melakukan  perubahan terhadap algoritmanya, maka kamu :
  1. Mengupdate elemen-elemen yang ada diwebsite kamu. Sesuaikan dengan algoritma yang google terapkan
  2. Atau kamu bisa mencoba mencari sumber traffic lain selain dari Google.

 

Strategi Monetisasi SEO

  1. Affiliate Marketing

Singkat Cerita, Affiliate Marketing ialah program marketing dimana kamu mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan keuntungan jika mereka membeli produk tersebut dari website atau blogmu.

Cara Kerjanya :

  • Mencari tahu Niche yang sedang Trending

Sebelum memulai, kamu diharuskan mencari tahu produk apa saja yang akhir-akhir ini sedang trending atau dicari. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trend atau Dimia.id guna mengetahui produk apa yang memiliki volume pencarian tertinggi.

  • Membuat Website

Setelah yakin produk apa yang menurutmu sedang banyak dicari, maka kamu harus membuat website atau blog mu sendiri. Karena affiliate marketing merupakan program serius, pastikan kamu menggunakan layanan hosting berbayar jangan yang gratis.

  • Menarik Traffic Pengunjung dengan Tehnik SEO

Tidak ada gunanya bekerja sama dengan orang lain kalo website atau blogmu saja sepi pengunjung. Program affiliate hanya akan membuahkan hasil jika ada pengunjung yang membeli produk mitra web kamu melalui website kamu.

Maka dari itu penting untuk menarik banyak traffic pengunjung menuju blog kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat Konten yang informatif, promosi post di akun media sosial, atau Optimasi Onpage & Offpage SEO website. Setelah dirasa cukup traffic, barulah program affiliate mu bisa berjalan.

Pastikan pula saat membuat konten, konten tersebut relevan dengan produk affilate marketing kamu. Kalo produknya berupa baju, buatlah artikel yang berisi tentang “bahan-bahan baju yang nyaman digunakan”. Kalo tentang otomotif, maka muat post dengan isi yang sama.

  • Mendapatkan Bayaran melalui Call to Action (CTA)

Siapapun yang melakukan klik melalui “link” di website kamu lalu melakukan pembelian, maka kamu mendapatkan komisi.

Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual. Besaran yang diberikan biasanya berkisar antara 15-40%. Semakin banyak pembeli yang berasal dari web mu maka semakin besar pula komisi yang diberikan

Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki pengetahuan mengenai digital marketing.

 

  1. Online Local Business Agency

Tehnik ini meliputi memasarkan produk atau jasa offline lewat media online. Contoh kecilnya ialah, temanmu bisa membuat kue ulang tahun namun area pasarnya hanya kawasan kota tempat ia tinggal saja. Nah tugas mu sebagai marketer ialah memasarkan produknya secara online.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat website dengan niche Food & Beverage. Atau produknya bisa kamu foto dan upload di akun sosial media kamu untuk menjangkau target audiens yang lebih jauh.

Cara Kerjanya :

  • Identifikasi Niche offline yang menurutmu menguntungkan

Kamu bisa analisa sendiri jenis bisnis (offline) apa yang sekiranya punya potensi berkembang jika di online kan. Contoh kasusnya seperti karena disekitar rumahmu banyak institusi pendidikan seperti sekolahan ataupun kampus. Nah kalo kamu analisa, keduanya pasti tidak jauh dari aktivitas traveling, jalan-jalan, atau study tour.

  • Temukan Supplier Offline yang kredibel & dapat dipercaya

Masih lanjutan tahap sebelumnya. Ketiga aktivitas tersebut pasti setidaknya membutuhkan media transportasi agar berjalan lancar. Maka yang kamu lakukan yaitu mencari supplier atau perusaahaan transportasi (Bus / Minivan) yang bisa memudahkan proses mereka.

  • Promosi Online & dapatkan komisinya

Pada tahap ini, kamu perlu menghubungi pihak berwenang transportasi tersebut. Tanyakan pada mereka informasi perihal tarif bus / perjalanannya dan juga kapasitasnya. Setelah mengumpulkan informasi yang menurutmu penting, barulah kamu pasarkan dengan membuat website atau post di akun sosial media kamu.

Jika ada yang berminat tentu kamu akan mendapatkan keuntungan pula. Karena disini kamu sudah berhasil mempromosikan produk mereka. Besaran komisi biasanya tergantung kesepakatan antara kamu dan pihak penyedia transportasi. Tapi tidak menutup kemungkinan akan meningkatnya komisi yang didapat kalo kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan.

 

  1. Online to Offline (O2O) Product Marketing

O2O merupakan singkatan dari Online to Offline, yang didalam dunia marketing maksudnya adalah suatu strategi pemasaran yang menggunakan media online untuk menjaring para pelanggan potensialnya dan kemudian dengan mekanisme yang sudah diatur agar para pelanggan potensial tersebut melakukan pembelian/pengambilan barang di toko fisik.

Pemasaran Online to Offline atau O2O, mengidentifikasi pelanggan dalam ruang online melalui berbagai cara yang memungkinkan seperti email, website, advertorial, iklan internet, dan lain lain.

Cara Kerjanya :

Di Indonesia sendiri perusahaan yang sudah menggunakan konsep O2O datang dari jasa on-demand di sektor transportasi (GrabTaxi, Go-Jek), jasa pesan-antar makanan dan grocery (Foodpanda, Happy Fresh), dan akomodasi (Airbnb, HotelQuickly). Sedangkan di sisi logistik, manifesti O2O di Indonesia datang dalam bentuk layanan loker pintar dan pengiriman barang (JNE, Ninja Ekspres)

 

  1. Virtual Reality Property

Virtual Reality Property ialah propeti bangunan seperti rumah, real estate, atau bahkan hotel yang disajikan dalam bentuk virtual di suatu website. Biasanya mungkin kamu hanya tau kalo virtual reality Cuma untuk game saja, tapi sebenarnya bukan hanya itu saja.

Perlu kamu ketahui Virtual Reality dapat meningkatkan penjualan karena hasil property yang ditampilkan dalam VR maksimal dan terasa lebih nyata dibanding maket rumah atau alat presentasi lainnya. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan properti bagi para agen properti.

Kamu bisa mengajak klien untuk melihat properti tersebut dalam beberapa layout yang berbeda tetapi masih dengan properti yang sama, semua hanya dalam hitungan menit saja dan hanya dengan satu kali klik.

Kamu juga dapat menunjukkan seperti apa properti tersebut dengan warna eksterior yang seperti ini, desain interior yang seperti apa atau bahkan membuat ruangan baru. Istilah lainnya, kamu mengizinkan klien untuk melakukan kustomisasi rumah secara maya, jadi klien dapat mempertimbangkan secara langsung dalam waktu yang singkat.

 

  1. E-Commerce Partnership

E-commerce Partnership adalah bentuk operasi bisnis yang legal di antara dua individu atau lebih yang saling berbagi manajemen dan keuntungan bisnis.

Sebagai ilustrasi, kamu mungkin masih ingat, bagaimana Apple dan IBM mulai menjalankan partnership dalam bisnis mereka. Dua raksasa teknologi yang pernah terlibat persaingan ini telah memulai kemitraan mereka sejak beberapa tahun silam.

Di tahun 2015, partnership keduanya telah menghasilkan seratus aplikasi yang berjalan di perangkat iOS. Kemudian, di awal tahun 2018, dua perusahaan ini semakin mesra dengan mengumumkan langkah mereka menggabungkan machine learning IBM Watson dengan Apple Core ML untuk membuat aplikasi bisnis di perangkat Apple menjadi lebih cerdas.

Partnership itu sendiri ada 3 jenis, antara lain :

  1. Revenue Partner

Rekanan yang bisa memberikan keuntungan ini bisa saja berasal dari:

  • Pelanggan VIP. Pelanggan setia yang sering sekali membeli dalam jumlah cukup banyak. Biasanya pelanggan seperti ini mengharapkan perlakuan istimewa yang tidak bisa didapatkan oleh pelanggan biasa, seperti paket pembelian khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka atau asisten pribadi toko online yang khusus membantu mengurus segala keperluan pembelian mereka. Jika mempunyai toko online di SIRCLO, manfaatkan fitur loyalty poin untuk membuat pelanggan merasa lebih istimewa.
  • Reseller dengan tingkat penjualan tinggi. Kamu bisa bekerja sama dengan perseorangan, toko fisik dan showroom, atau channel penjualan lain untuk memperluas jangkauan penjualan produk toko online kamu. Pastikan kamu memberikan mereka reward khusus bila sudah mendatangkan banyak pembeli, dan jelajahi cara lain agar mereka bisa meningkatkan penjualan lebih tinggi lagi.

Kalau kamu memang ingin menjadikan mereka sebagai partner, coba mulai bangun rencana khusus untuk mulai melakukan kerjasama, seperti membuat paket pembelian khusus atau diskon yang lebih besar

  1. Aliansi

Dengan aliansi, kamu dan partner bisa berkolaborasi dan bertukar value, serta membangun dan berbagi banyak manfaat marketing secara cerdas. Untuk itu kamu bisa membuat grup atau bergabung dengan kelompok lain untuk membuat promosi atau kegiatan penjualan bersama.

Sebagai contoh:

  • Toko baju onlinebisa bekerjasama dengan toko online lain yang menjual aksesori, tas, atau sepatu untuk membuat paket fashion khusus.
  • Toko kosmetik online bisa berkolaborasi dengan make-up artist atau penata rambut untuk memberikan penawaran make overspesial bagi pembeli.

Cari kelompok atau komunitas pebisnis yang anggotanya aktif melakukan kegiatan bersama. Kamu juga bisa melakukan pendekatan langsung pada bisnis tertentu yang produk atau jasanya  bisa dikolaborasikan dengan produk toko online kamu.

  1. Promosi & Public Relation

Partnership ini memungkinkan kamu untuk memanfaatkan value tambahan dengan menyesuaikan aktifitas marketing agar sesuai dengan bisnis lain. Satu hal yang harus kamu ingat adalah: uang bukan alat tukar satu-satunya.

Kamu bisa meningkatkan penjualan dengan melakukan hal sederhana seperti bertukar kupon diskon atau bertukar link dengan toko online lain yang menjadi partner. Menawarkan produk atau service secara gratis adalah cara mudah dan cerdas untuk memanfaatkan dan menegosiasikan publisitas di media promosi atau event lokal.

Sebagai contoh:

  • Toko online kamubisa bekerja sama dengan penyedia jasa transportasi online untuk memberikan ongkos kirim gratis bagi setiap pembeli yang melakukan transaksi melalui layanan tertentu.
  • Bernegosiasi dengan panitia event lokal untuk berpartisipasi dengan memberikan sejumlah produk secara gratis, dengan imbalan nama toko online kamu terpampang di spanduk atau diberikan stand khusus untuk membuka pop up store.

Partnership adalah taktik marketing yang banyak digunakan oleh brand besar karena efektif dari segi biaya, memberikan value lebih untuk semua pihak, dan disukai oleh para pembeli. Karena itu, coba pertimbangkan kerjasama dan kolaborasi apa yang bisa kamu tawarkan dengan pihak lain untuk meningkatkan penjualan toko online kamu