Setiap pemilik usaha sudah pasti ingin agar bisnisnya berkembang, menjangkau banyak pelanggan baru, dan menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Tetapi hanya sedikit yang tahu caranya. Untuk kamu yang terutama hobi bermain sosial media, jangan hanya digunakan untuk eksis saja. Gunakan platform tersebut untuk melebarkan bisnismu juga.

Buat kamu yang bingung cara kerjanya, tenang saja. Disini kamu akan belajar 5 cara kreatif meningkatkan bisnis melalui platform media sosial Facebook

1. Melakukan Kampanye Berbasis User Generated Content (UGC)

Kampanye User Generated Content (UGC) adalah tentang meminta dan membagikan konten yang dibuat kepada audiens kamu. Pengguna Facebook sangat suka dan cenderung membagikan foto atau video yang mereka sukai, jadi perlakukan mereka layaknya Brand Ambassador produkmu.

Cara terbaik melakukan kampanye UGC adalah dengan cara menawarkan kepada audiens kamu giveaway (Bagi-bagi hadiah gratis) dengan cara memposting foto mereka beserta dengan produkmu.

Kamu juga dapat menawarkan Diskon bagi follower yang membagikan foto tersebut dengan hashtag yang relevan dengan produkmu.

Contoh User Generated Content yang dilakukan Bank BCA

 

Selain di Facebook, kamu juga bisa melakukan hal ini di Twitter, Instagram, atau bahkan Youtube. Bahkan lebih baik lagi jika kamu mempromosikan brand kamu di semua platform tersebut. Dengan begitu pemasukan atau calon pelanggan yang kamu dapat nantinya berasal dari banyak sumber

 

2. Demonstrasikan Cara Kreatif Menggunakan Produk Kamu

62% pelanggan mengatakan mereka menginginkan konten dari suatu Brand yang menunjukkan cara menggunakan produk mereka. Kamu dapat memenuhi kebutuhan itu dan membagikan beberapa ide kreatif cara menggunakan produkmu dengan video.

Singkat kata, kamu seperti membuat video tutorial seperti yang banyak beredar di Youtube tentang cara menggunakan produkmu yang baik dan benar.

Contoh video demonstrasi menggunakan produk oleh Samsung

 

Di Videomu, kamu bisa menunjukkan produk dan menjelaskan cara menggunakannya. Atau kamu juga dapat menunjukkan bagaimana orang lain telah menggunakannya (Kombinasi kampanye UGC) dan memberikan tips gaya hidup yang positif serta inspiratif yang sesuai dengan lini produk yang kamu tawarkan.

 

3. Berikan Insentif kepada mereka yang mempromosikan Produkmu

Referensi dari pelanggan adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau orang orang yang memiliki minat yang sama dengan pelanggan tersebut. Ini juga bisa dijadikan sarana promosi gratis sebab pelangganmu mau secara suka rela mempromosikan produkmu.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengadakan program loyalitas untuk bisnismu, cari program yang memungkinkan kamu untuk menghargai berbagai tindakan yang dilakukan pelanggan.

Sebagai contoh, kamu bisa memberi hadiah atau diskon kepada mereka karena mengundang teman menuju bisnis kamu dengan membagikan halaman kamu dengan teman-teman Facebook mereka.

Contoh lainnya, kamu memberikan diskon 30% bagi follower setia Page kamu jika mereka mampu mengundang 50 atau lebih teman mereka agar menyukai Page Facebookmu.

Dengan demikian, follower kamu menjadi lebih bersemangat menyebarkan konten-konten yang kamu buat, dan loyalitas merekapun akan ikut meningkat.

Shopee menawarkan hadiah bagi followernya yang berkomentar di postingannya

Dengan Program ini, kamu seperti menghargai follower kamu sendiri yang sudah turut serta mengembangkan Page Bisnismu.

 

4. Bangun Kepercayaan Dengan Rating & Review Positif

Kalau kamu sudah memiliki banyak follower di Page Facebook, jangan takut dan ragu untuk meminta penilaian atau ulasan dari follower kamu terhadap perfoma Page kamu selama ini.

Pastikan untuk melakukannya dengan cara yang tidak mengganggu dan tanpa menawarkan insentif. Jangan salah, setiap tahun pengguna media sosial jelas semakin cerdas. Mereka akan mengetahui mana rating atau review positif yang benar-benar asli dan mana yang palsu (bayaran).

 

Page Powell mendapatkan review 4.8 dari 10 ribu lebih ulasan

Bahkan meskipun Page kamu hanya memiliki beberapa Review *5, hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas Page kamu secara tidak langsung. Karena review dapat muncul di hasil pencarian seseorang ketika mereka mencari informasi mengenai hal-hal yang terkait dengan bisnismu.

Review (ulasan) juga memegang peranan yang sangat penting bagi customer dalam menentukan keputusan pembelian produk.

Jika kamu tidak melihat adanya tab Ulasan / Review untuk Page kamu, cukup buka halaman Facebook Page kamu dan klik Setting. Pada tab General Setting, klik Review dan pilih opsi “Allow Visitor to Review This Page”. Pastikan untuk mengklik Save Changes saat kamu selesai.

Setelah itu, tab review akan muncul di Page kamu, memungkinkan pengunjung Page kamu meninggalkan review mengenai bisnis yang kamu kelola.

Jangan lupa juga untuk berterima kasih kepada pelanggan atau follower kamu yang merasa puas dan memberikan review positif. Pastikan bahwa kamu segera menanggapi semua pertanyaan mereka di Facebook dan Coba berikan sedikit kejutan kepada mereka dari waktu ke waktu.

5. Maksimalkan Profit Dengan Iklan Facebook Ads

Iklan Retargeting dan Lookalike Audience yang ada pada Facebook Ads adalah metode periklanan yang bagus di facebook untuk e-commerce, terutama jika menyangkut postingan tentang produk baru atau mempromosikan halaman produk yang ada dengan format iklan Klik website.

Dalam hal Retargeting ads, kamu dapat menggunakan data perusahaanmu sendiri untuk menargetkan audiens yang serupa dengan pembeli kamu saat ini.

Jika kamu telah mengumpulkan alamat email dari pelanggan, cukup import daftar alamat email tersebut ke Facebook untuk membuat Lookalike Audience. Hal Ini merupakan cara yang bagus untuk menargetkan profil demografis yang serupa. Namun perlu diingat bahwa beberapa alamat email yang kamu miliki di file mungkin tidak sama persis dengan yang ada di profile audiens kamu di Facebook

Jika pada website kamu sudah terinstall Facebook Pixel, kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan customer yang membeli produk di website kamu.

Misalnya, kamu mungkin ingin mempromosikan produk yang ditambahkan pelanggan ke keranjang belanja mereka tetapi tidak benar-benar membeli. kamu dapat menggunakan retargeting ads untuk menampilkan produk-produk itu kepada orang-orang yang tertarik.

5 tips ini akan membantu kamu dalam membangun kepercayaan kepada pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan popularitas brand / produk secara keseluruhan.

Jadi mulailah membuat video promosi baru, lakukan kampanye User Generated Content, dan membuat iklan Facebook yang menyoroti apa yang kamu jual dan mengapa itu berguna bagi pelanggan kamu.

 

Sumber :  socialmediaexaminer.com