Facebook Shops

Meski teknisnya dirilis untuk dan oleh Facebook yang mana kini merupakan pemilik Instagram. Akan tetapi follower kamu tidak memerlukan akun Facebook supaya bisa melakukan pembelian melalui fitur ini.

    

Facebook Shops, diluncurkan pada bulan Mei, memungkinkan suatu merek atau brand untuk membuat toko online yang terhubung langsung ke Instagram, WhatsApp, Messenger, atau Halaman Bisnis (Bussiness Page) Facebook.

Untuk membuat tokonya pun gratis, suatu merek atau brand dapat mengunggah daftar produk secara individu maupun massal lengkap dengan foto, harga, dan deskripsi produknya.

Kamu juga bisa mengubah warna teks dan tombol toko supaya terlihat konsisten dengan merek kamu dan bisa menentukan agar pengunjung membeli produk langsung dari toko atau bisa melalui integrasi dengan situs web e-commerce yang kamu punya sebelumnya.

Facebook Shop bisa kamu buat melalui Facebook Commerce Manager. Untuk memulainya kamu harus memiliki akses sebagai admin ke baik akun Instagram maupun Facebook  Bussiness kamu yang sudah ditautkan ke toko.

Setelah Toko dibuat, ia dapat ditautkan langsung ke profil Bisnis Instagram kamu. Setelah ini selesai, ikon bertuliskan “View Store / Lihat toko” akan muncul di profil seluler kamu di bagian bawah bio.

Pada titik ini, kamu dapat mengakses Toko Facebook di desktop dari profil Bisnis Facebook, tetapi tidak dari Instagram atau WhatsApp versi desktop.

Facebook Shop bersifat gratis dan cocok untuk semua jenis bisnis. Selama mengikut persyaratan yang ada, apapun jenis industrinya bisa bersinergi dan melebarkan profit serta audiensnya dengan fitur ini.

Ia juga sangat cocok bagi bisnis berskala kecil, sedang, maupun yang besar sekalipun turut serta memanfaatkan Facebook Shop.

 

Instagram Checkout

Untuk merek atau brand yang ingin menjual beberapa produk tertentu di Instagram, atau tidak punya waktu untuk membuat Halaman Bisnis Facebook atau katalog untuk membuka Toko.

Instagram sekarang juga menawarkan pengalaman Checkout dalam aplikasi yang ditautkan ke kiriman Instagram Shoppable.

Sebelum tahun 2020, beberapa merek sudah menggunakan fitur ini. Instagram Shoppable memungkinkan pengguna mengetuk konten untuk melihatnya di katalog online di luar platform tersebut.

Ketika pengguna mengklik kiriman Belanja yang ditautkan ke fitur Checkout untuk pertama kalinya, mereka akan diminta untuk memberikan nama, informasi penagihan, dan alamat pengiriman,

kemudian dapat mengklik “Place Order / Lakukan Pemesanan” langsung di Instagram.

Untuk menghilangkan hambatan lebih lanjut, pengguna dapat menyetel aplikasi untuk

mengingat informasi pembelian sehingga mereka tidak perlu mengirimkan data pribadi setiap kali melakukan pemesanan.

Namun, pada bulan Maret, Instagram meluncurkan fitur Checkout yang memungkinkan pembelian Shoppable terjadi langsung di aplikasi Instagram.

Dalam sebuah pengumuman, Instagram menjelaskan bahwa mereka meluncurkan Checkout dalam aplikasi untuk menjaga pengguna tetap di platform ketika mereka terinspirasi untuk melakukan pembelian.

Instagram juga menambahkan,

Bisnis benar-benar dapat memanfaatkan ekosistem penuh fitur Belanja Instagram untuk membangun pengalaman yang mendorong kesadaran dan transaksi, semuanya di satu tempat.

Saat ini, fitur Instagram Checkout masih bersifat gratis sampai setidaknya tahun 2021, namun ada kemungkinan dikenakan biaya penjualan untuk bisnis setelah itu.

 

Instagram Live Shopping

Selain menambahkan Checkout ke kiriman dalam beranda / feed, Belanja Langsung

Instagram menghadirkan pengalaman pembelian yang serupa dengan konten langsung yang dialirkan di aplikasi.

Pada dasarnya, Instagram Live Shopping memungkinkan merek atau influencer

Instagram menyajikan tombol CTA (Call to Action) kecil untuk produk di bagian bawah streaming Instagram Live.

Di bawah ini adalah contoh di mana influencer mendiskusikan produk secara langsung saat CTA Checkout-nya disorot di bagian bawah layar:

Saat pemirsa Instagram Live melihat CTA Checkout dan mengeklik tombol tersebut,

mereka dapat menyimpan pesanan untuk nanti jika masih ingin menonton streaming tersebut, atau melakukan pembelian produk langsung melalui Checkout.

Semisal pengguna menempatkan produk di  Instagram Bag (Tas Instagram), mereka dapat melihatnya dengan membuka tab Explore dan mengetuk Shopping di bagian atas navigasi.

Dari laman toko, pengguna kemudian tinggal mengetuk ikon tas dibagian sudut kanan untuk melihat produk yang sebelumnya dimasukan kesana.

 

Karena pengguna yang membeli barang melalui Instagram Live Shopping akan diarahkan ke Instagram Checkout untuk menyelesaikan pembelian, suatu brand atau merek perlu mendapatkan akses ke Instagram Checkout sebelum menggunakan Live Shopping.

Sumber : https://blog.hubspot.com/marketing/instagram-shopping-tools?_ga=2.167751230.1284014750.1613384903-104650131.1613384903