Demografi Instagram memberi para marketer atau pemasar cara untuk mengenal orang-orang di balik angka.

Dan dengan lebih dari satu miliar orang di jaringan sosial di seluruh dunia, ada banyak orang yang perlu dikenali.

Wawasan (Insight) yang ada dibalik demografis harus menginformasikan strategi pemasaran Instagram kamu, terutama jika kamu baru mengenal platform ini.

Kamu juga bisa menggunakan demografi untuk membandingkan audiens Instagram kamu saat ini dengan audiens yang ingin kamu jangkau, baik melalui pemasaran organik atau iklan Instagram.

Pelajari tentang usia, lokasi, jenis kelamin, dan demografi Instagram lainnya sehingga kamu dapat menyesuaikan strategi dan kontenmu untuk audiens yang tepat.

Demografis Instagram Secara Umum

  • 1,2 miliar Jumlah pengunjung unik yang aktif di Instagram pada Oktober 2020, menurut SEMrush.
  • 500 juta Jumlah akun yang melihat Instagram Stories setiap hari (per 2019).
  • 1,16 miliar: Potensi jangkauan audiens untuk pengiklan di Instagram (per 2020).
  • 90 juta: Jumlah orang yang mengetuk tag produk Instagram setiap bulan (per 2018).
  • 9 dari 10 orang di Instagram mengikuti akun bisnis (per 2019).
  • 2,54 miliar Jumlah orang yang aktif setiap hari yang menggunakan salah satu keluarga aplikasi Facebook (per Kuartal 3 2020). *
  • $ 25,57: Pendapatan rata-rata per orang untuk keluarga aplikasi Facebook pada 2019.
  • 3%: Margin kesalahan perkiraan Facebook ada dalam metrik Keluarga (per 2020).

Mereka yang menggunakan Instagram utamanya juga aktif di platform social media lain terutama Tiktok. Sebuah polling baru-baru ini menunjukan bahwa pengguna berusia 16-64 tahun  setengahnya selain menggunakan Instagram, mereka juga menggunakan Tiktok.

Demografis Umur Instagram

Dilansir dari Hootsuite.com, data menunjukan bahwa :

  • Usia 25-34 tahun mewakili audiens iklan terbesar di Instagram, diikuti oleh kelompok usia 18-24 tahun
  • Pria sedikit lebih banyak daripada wanita dalam kelompok usia ini. Namun, wanita melebihi jumlah pria di antara pengguna berusia 35 tahun ke atas

demografi

Semakin muda pengguna Instagram, semakin besar kemungkinan mereka menggunakan jejaring sosial beberapa kali per hari. Jajak pendapat oleh Ipsos memecah persentase orang yang logon lebih dari sekali sehari berdasarkan usia:

  • 18-24 tahun: 67%
  • 25-34 tahun: 60%
  • 35-44 tahun: 49%
  • 45-54 tahun: 43%
  • 55+ tahun: 31%

Demografis Lokasi Instagram

Dalam hal jangkauan iklan, negara dan wilayah teratas dengan audiens terbesar di Instagram adalah Amerika Serikat, India, Brasil, Indonesia, dan Rusia.

Antara Oktober 2019 dan 2020, India mengalami pertumbuhan 20% dalam ukuran audiens iklannya, hal ini semakin membuatnya menyusul posisi Amerika Serikat.

penduduk

Sumber : Hootsuite

 

Demografis Jenis Kelamin Instagram

Saat mempertimbangkan demografi gender di Instagram, perlu dicatat bahwa situs tersebut menyediakan tiga opsi: pria, wanita, dan tidak ditentukan. Meskipun “tidak ditentukan” tersedia, banyak penelitian dan pelaporan terbatas pada klasifikasi biner.

  • 51% dari audiens iklan Instagram mengidentifikasi sebagai wanita, dan 49% mengidentifikasi sebagai pria. (Hasil analisa Tool iklan Facebook tidak melaporkan data untuk jenis kelamin non-biner.)

 

Demografis Hobi / Ketertarikan (Interest) Instagram

Tidak peduli demografi Instagram, orang menggunakan jejaring sosial untuk mempelajari minat mereka.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Facebook menemukan bahwa 91% orang yang disurvei mengatakan mereka menggunakan Instagram untuk mengikuti suatu minat. Di India, 98%.

Penelitian menemukan bahwa minat teratas di Instagram adalah wisata (45%), musik (44%), dan makanan dan minuman (43%). Melawan tren, orang-orang di India menyukai teknologi sebagai minat utama mereka.

Di Argentina, Brasil, Korea, dan Turki, film menempati urutan tiga besar. Di antara orang tua di Inggris, lima minat teratas adalah makanan, perjalanan, mode, kecantikan, dan tidak mengherankan, menjadi orang tua.

instagram

90% orang di Instagram mengikuti merek. Tetapi mereka tidak hanya mengikuti bisnis kamu untuk sekedar mencari foto-foto indah semata. Di 13 pasar yang disurvei oleh Ipsos, mayoritas orang ingin melihat brand memposting konten yang juga menyenangkan (55%) nyata (53%), dan kreatif (53%).

Gunakan demografi Instagram untuk menyusun strategi pemasaran social media kamu.  Setelah mengenal lebih dekat orang-orang dibalik angka tersebut, jumlah keterlibatan, dan Follower kamu akan cenderung naik dimasa mendatang.

Sumber : https://blog.hootsuite.com/instagram-demographics/