sertifikasi digital marketing

Kepemilikian sertifikat digital marketing tahun-tahun belakangan ini menjadi cukup penting, mengingat mulai banyak perusahaan yang membutuhkan digital marketer berpengalaman untuk membantu mengembangkan bisnisnya.

Digital marketer yang berpengalaman tentu akan lebih paham bagaimana mereka menentukan target market, menganalisa data dan melakukan conversion rate optimization agar peluang keuntungan bisnis semakin tinggi.

Keahlian ini didapatkan karena pengalamannya selama bertahun-tahun. Sedangkan bagi orang-orang yang baru masuk ke dunia profesional digital marketing, belum punya banyak pengalaman, tapi belum tentu juga mereka tidak punya pengetahuan dan kemampuan.

Sertifikasi-lah yang akan membantu semua orang untuk punya pengalaman menjadi profesional digital marketing, dan kami sudah merangkum 7 tempat sertifikasi digital marketing yang up-to-date dan terjamin diakui.

 

1. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

sertifikat digital marketing dari bnsp

Sertifikasi pertama datang dari pemerintahan Indonesia di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP Teknologi digital.

Proses pemberian sertifikat kompetensi dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Standar Internasional dan/atau Standar Khusus.

Keabsahan sertifikat digital marketing dari BNSP tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, setiap bulan bisa dipastikan ada banyak perusahaan dan organisasi yang membutuhkan lulusan yang membawa sertifikat ini.

Topik yang dibahaspun tidak kalah saing dengan sertifikasi swasta kredibel lainnya, diantaranya tentang memahami product knowledge, content marketing, search engine, content writer, social media marketing, email marketing, marketplace, listing bisnis lokal dan riset bisnis digital.

Harga sertifikasi dari BNSP adalah 1 juta Rupiah. Biasanya, akan lebih mudah mendaftar apabila Anda diwakilkan dari sebuah perusahaan, organisasi atau komunitas yang membawa lebih dari 1 orang.

2. Asosiasi Digital Marketing Indonesia (DIGIMIND)

sertifikat digital marketing dari digimind

Asosiasi Digital Marketing Indonesia ( DIGIMIND ) merupakan wadah komunikasi antar pelaku industri Digital Marketing di Indonesia. DIGIMIND ingin memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas Digital Marketing yang dijalankan melalui platform setiap anggotanya.

Salah satu fungsi dari DIGIMIND adalah sebagai wadah pendidikan dan job matching untuk mendistribusikan para ahli di Bidang Digital Marketing pada Dunia Usaha dan Dunia Industri, termasuk melalui program sertifikasi.

Untuk saat ini, tidak ada biaya yang perlu Anda siapkan untuk mendapatkan keanggotaan DIGIMIND, cukup bergabung melalui form yang sudah disediakan di halaman https://digimind.id/executive/.

Sewaktu-waktu, akan ada sertifikasi yang sangat menyesuiakan dengan kebutuhan industri terkini sehingga bisa dipastikan akan banyak dicari dan terpakai.

3. Google Analytics Academy

sertifikat digital marketing dari google analytics

Sertifikasi ketiga datang dari Google yang disebut sebagai program Google Analytics Academy. Program ini sangat penting diikuti oleh Anda yang baru ingin terjun di dunia digital marketing.

Karena, semua website di dunia ini bisa dipastikan menggunakan Google Analytics sebagai tools untuk melacak dan mengukur data traffic yang masuk.

Selain itu, Anda juga akan menemukan berbagai insight dan fakta unik tentang metriks di Google Analytics yang akan membantu Anda melihat efektivitas dari campaign yang Anda lakukan.

Setidaknya ada 3 modul utama yang akan dipelajari:

  • Google Analytics for Beginner
  • Advanced Google Analytics
  • Google Analytics Individual Qualification

Menariknya, sertifikat dari Analytics ini bisa Anda dapatkan kapanpun dan dimanapun. Meskipun ada beberapa exam yang tidak lulus, Anda bisa mengulanginya lagi sampai Anda benar-benar paham.

4. Google Digital Garage

sertifikat digital marketing dari google digital garage

Sertifikasi keempat datang juga dari program milik Google, bernama Google Digital Garage. Sertifikasi disini merupakan sertifikasi yang cukup penting bagi Anda yang benar-benar ingin membangun bisnis online dari awal.

Mulai dari memahami kesempatan di dunia online, langkah pertama untuk sukses berbisnis online, membuat website, materi SEO, content marketing, mengubah data menjadi insight penting hingga langkah-langkah untuk mengekspansi bisnis ke internasional.

Keseluruhan kursus terdiri dari 26 topik dan diakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe and The Open University. Setiap modul bisa Anda ikuti kapanpun seperti Google Analytics Academy. Tapi, semua exam harus diselesaikan hanya dalam waktu 40 menit.

5. SEMRUSH Academy

sertifikat digital marketing dari semrush

SEMRush Academy terinspirasi dari gagasan untuk menciptakan tempat dimana setiap orang bisa mempertajam kemampuan digital marketing di berbagai channel marketing, mulai dari SEO, SEM, PPC, content marketing sampai sosial media.

SEMrush Academy terdiri dari lebih dari 30 kursus gratis dan ujian sertifikasi dalam bahasa Inggris yang membantu siapa pun menguasai keterampilan digital marketing terbaru dan memperkaya CV dan profil LinkedIn Anda.

Berbagai pakar internasional terkenal menjadi pembicara dalam SEMRush Academy, seperti Greg Gifford, Neal Schaffer, Bastian Grimm, Ashley Segura, Joel Bondorowsky dan Jose Fachhin.

Sertifikasi terpenting yang harus diambil di SEMRush Academy salah satunya adalah competitive research dan keyword research. Dua hal ini menjadi sejalan dengan terkenalnya branding SEMRush sebagai tools riset.

6. LinkedIn Learning

sertifikat digital marketing dari linkedin

LinkedIn adalah sosial media profesional yang sudah memiliki users lebih dari 14 juta di Indonesia. Komitmen LinkedIn sebagai sosial media profesional dibuktikan dengan adanya platform LinkedIn Learning yang disediakannya.

Ada lebih dari 15.000 kelas di LinkedIn Learning, termasuk Become a Digital Marketing Specialist yang di dalamnya akan mempelajari tentang Google Analytics, SEO, Google Ads, content marketing, social media marketing dan email marketing.

Untuk mendapatkan sertifikat dari LinkedIn, Anda harus membayar subscription LinkedIn premium bulanan. Jika Anda bisa memanfaatkan free trial di 1 bulan pertama, Anda bisa membatalkan subscription di bulan ke-2 sehingga tidak perlu membayar untuk bulan kedua sedangkan Anda sudah mendapatkan sertifikatnya.

7. HubSpot Academy

sertifikat digital marketing dari hubspot academy

HubSpot merupakan satu dari sekian banyak platform di internet yang mempunyai tools terlengkap bagi seorang digital marketer, mulai dari kebutuhan marketing, sales hingga services.

HubSpot Academy menawarkan kelas dan kursus digital marketing online secara gratis. Kursus ini dikemas dengan tampilan yang simpel dan informasi praktis.

Setiap tahun Anda akan bisa mengambil sertifikasi terbaru lagi menyesuaikan dengan trend digital marketing yang sedang terjadi, khususnya pada sales & marketing.

 

Itu dia 7 sertifikasi digital marketing yang bisa membantu Anda memperbaiki aset di CV, resume dan profile LinkedIn supaya bisa menampilkan kemampuan dan pengetahuan meskipun belum memiliki pengalaman bertahun-tahun seperti yang sudah dilakukan oleh senior-senior kita.

Semoga artikel ini membantu dan Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak orang yang tahu dimana tempat mendapaktan sertifikasi digital marketing terbaik, gratis dan kualitasnya terjamin.