Sebelum membuat dan menjalankan suatu strategi, kita harus mempunyai sebuah ide atau gagasan. Didalam melakukan optimasi SEO juga dibutuhkan yang namanya  plan sebelum kita mulai untuk melakukan optimasi pada website. Jadi singkatnya, di tahap awal yang harus kita lakukan sebelum melakukan optimasi SEO pada website, kita harus melakukan riset dan analisa kompetitor website, website mana saja yang muncul di halaman pertama dengan kata kunci yang akan kita targetkan.

Apa fungsi dan manfaat dari melakukan analisis SEO Website Kompetitor? Fungsinya yaitu untuk bisa mengetahui beberapa hal dan strategi yang digunakan oleh kompetitor anda. Mulai kata kunci yang mereka gunakan, seperti meta title, meta deskripsi, konten website sampai backlink yang mereka gunakan, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan optimasi yang mereka lakukan.

Melakukan perencanaan dan analisa kompetitor sangat bermanfaat untuk anda. Karena dengan teknik ini, anda bisa menghemat banyak waktu dengan bisa langsung riset apa yang sebenarnya dilakukan oleh kompetitor kamu.

 

Lalu bagaimana caranya? Tools apa saja yang dibutuhkan Untuk Melakukan SEO Analysis?

Terkait Tools yang dibutuhkan disini kita akan menggunakan aplikasi dimia.id, apa itu dimia, dimia merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan riset produk dan analisa SEO.

SEO Analysis

 

4 Langkah yang harus diLakukan sebelum Optimasi SEO :

1. Tentukan Kata Kunci Apa yang Akan  Gunakan

Sebelum kita melakukan optimasi SEO, pastikan anda sudah melakukan riset keyword dan sudah menentukan kata kunci  apa yang akan anda gunakan untuk di pasang di website anda. Jika belum melakukan riset, segera lakukan riset keyword terlebih dahulu.

Kenapa? Karena jika anda belum mengetahui kata kunci  apa yang akan  gunakan dan jumlah pencarian nya berapa, anda tidak akan bisa mengetahui siapa kompetitor anda. Karena itu sebelum anda melakukan optimasi SEO, Riset keyword merupakan hal yang penting dilakukan,  mari kita coba riset kata kunci dengan menggunakan aplikasi dari dimia.id

seo analisis

2.Analisa Kompetitor anda

Setelah kita melakukan riset keyword. Langkah selanjutnya sekarang kita akan mencari tahu website mana saja yang muncul dihalaman pertama dengan kata kunci yang kita targetkan.

Seperti tahapan diatas, Silahkan anda masukkan keyword yang akan kamu gunakan ke dalam mesin pencari disini saya menggunakan Google. Kata Kunci yang saya gunakan contoh adalah jual rumah Tangerang, Otomatis akan muncul beberapa website yang telah menggunakan keyword tersebut. itulah kompetitor kamu. Silahkan buat list di dokumen untuk website-website kompetitor ini yang berisi kelebihan dan kelemahan masing-masing kompetitor kamu.

3. Cek On-Page SEO Kompetitor Kamu

Untuk melakukan analisa SEO On-Page kompetitor anda bisa masuk ke menu SEO Analyzer dan silahkan input nama domain website kompetitor anda, nanti anda akan melihat    secara detail on-page SEO dari website kompetitor kamu. Mulai dari meta tag, sampai on page keyword yang kompetitor kamu gunakan. Fungsinya untuk apa? Sama seperti sebelumnya. Untuk kamu jadikan referensi untuk menyusun strategi SEO

4. Cek Backlink Kompetitor

Untuk yang terakhir kita akan coba melakukan analisa backlink kompetitor. lalu apa untungnya  untuk anda dengan mengetahui jenis backlink dan banyak backlink yang digunakan oleh kompetitor anda ? dengan melakukan analisa backlink kompetitor anda  bisa mendapatkan referensi dari mana saja kompetitor kamu mendapat backlink. Selanjutnya tinggal kamu lihat saja bagaimana strategi kompetitif dalam menanam backlink. Mulai dari bagaimana anchor text yang digunakan, link mengarah kemana, dan lain-lain.

Selain itu kamu juga bisa melihat anchor text apa yang digunakan oleh kompetitor kamu. Dari situ kalian bisa menyimpulkan kira-kira anchor text seperti apa yang tepat untuk meningkatkan ranking website kamu pada keyword yang kamu target.

Mari kita lakukan analisa backlink kompetitor dengan menggunakan aplikasi dimia.id