Apa itu Rich Snippet ?
Rich Snippet adalah potongan teks, data, atau konten visual tambahan yang muncul dalam abstrak atau ringkasan halaman hasil mesin pencari Google.
Rich Snippet dapat ditampilkan dalam banyak bentuk seperti bit teks informasi, format visual seperti Ranking atau indikator ikon seperti gambar, ringkasan profil seseorang, dan lain-lain.
Contoh gambar diatas adalah sebagian kecil dari format rich snippet yang ada pada google.
Selain tampil lebih menarik pada hasil pencarian, rich snippet juga mampu meningkatkan Click through rate (CTR) suatu website jika mereka mampu tampil pada rich snippet google.
Rich snippet memungkinkan konten kamu tampil menonjol di hasil pencarian. Di konten berbentuk review, misalnya, mesin pencari akan memperlihatkan star rating. Tampilan seperti ini tentunya lebih menarik pengguna internet. Apalagi jika dibandingkan dengan tampilan hasil pencarian pada umumnya.
Fungsi Rich Snippet Untuk SEO
Rich snippet berfungsi layaknya pakaian namun pada website kamu. Ia memiliki fitur untuk memberikan hasil pencarian dalam form yang unik dibanding hasil pencarian biasa.
Rich Snippet dapat diintegrasikan dalam banyak cara, dengan berbagai format data dan penggunaan kode HTML.
Misalnya, memasang link halaman tertentu ke platform media sosial dapat menciptakan hasil rich snippet. Webmaster juga dapat menggunakan mikrodata atau metode lain.
Jenis Rich Snippet yang masuk ke hasil pencarian tergantung pada jenis konten yang dipromosikan. Misalnya, sejumlah bintang yang ada di bagian bawah URL berfungsi untuk mempromosikan suatu layanan produk atau jasa.
Google menganggap Rich Snippet sebagai “markup data terstruktur” untuk konten Web dan membantu memberikan tips di laman “Developer Google”.
Google mempertahankan dukungan Rich Snippet untuk berbagai kategori seperti informasi produk, resep, ulasan, acara, dan aplikasi Software. Google juga menawarkan alat pengujian data terstruktur untuk menguji kelayakan Rich Snippet Suatu Website.
Sebuah survei menunjukkan tampilan snippet dalam bentuk quick answer meningkatkan organic traffic hingga 516 % dalam waktu empat bulan.
Survei yang sama juga menunjukkan bahwa click through rate (CTR) meningkat dari dua persen ke delapan persen.
Dengan kata lain, rich snippet berhasil mengajak orang untuk mengklik tautan spesifik dibandingkan hanya melihatnya saja. Bagi agensi, ini merupakan kabar baik. Karena artinya, audiens merepons positif kampanye iklan yang dijalankan.
Hasil survei yang tak kalah mengejutkan datang dari sisi pendapatan dari organic visitors. Rich snippet berhasil meningkatkan transaksi dari organic visitors lebih dari enam kali lipat atau tepatnya 677 %
Cara Membuat Rich Snippet dengan Plugin WordPress
Membuat Rich Snippet secara manual bahkan terbilang sulit untuk sebagian besar web developer. Untungnya, ada beberapa plugin WordPress yang bisa anda gunakan untuk membuat rich snippet untuk website kamu.
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin All in One Schema.org “Rich Snippets”. Setelah aktivasi cukup klik pada ikon menu Rich Snippets di sidebar untuk melanjutkan.
Seperti yang kamu lihat, ada beberapa opsi Rich snippet yang bisa anda pilih sesuai bisnismu :
- Item Review
- Event
- Person
- Product
- Recipe
- Software Application
- Video
- Dan Article
Sekarang kamu perlu membuat postingan baru atau mengedit yang sudah ada. Tepat di bawah editor pos, kamu akan melihat kotak meta baru berlabel Configure Rich Snippet.
Di dalamnya, kamu akan melihat menu dropdown di mana Anda dapat memilih jenis konten untuk postingan yang sedang kamu kerjakan.
Nantinya anda akan diarahkan ke form rich snippet setelah memilih jenis konten apa yang diinginkan. Pada gambar di bawah adalah contoh form konten “Article” atau artikel yang didalamnya ada Nama artikel, Penulis, Deskripsi singkat, serta gambar artikel.
Kamy nantinya dapat mengganti rich snippet anda menjadi Recipe, event, atau jenis konten yang lainnya dan kembali mengisi form yang sama. Setiap fieldnya sebenarnya tidak wajib diisi, namun google membutuhkan sebagian diantaranya seperti judul dan gambar untuk ditampilkan di Google rich snippet.
Menambahkan schema pada konten tak lantas membuat pekerjaan Anda selesai. Supaya schema bisa menampilkan rich snippet yang menarik, ada beberapa hal soal konten yang perlu Anda perhatikan.
Berikut ini adalah tips dalam membuat rich snippet yang baik oleh google :
- Pilih jenis schema yang paling sesuai dengan konten yang dibuat. Kalau kamu mereview buku, maka pilihlah schema khusus untuk buku. Begitu juga ketika kamu mereview restoran atau film.
- Jika kamu membuat review, tampilkan dengan jelas bahwa konten memang berisi review. Buat judul yang sesuai dan ulas dengan detil barang yang dimaksud. Hindari terlalu banyak product knowledge dan review singkat di akhir post.
- Berikan informasi atau review soal hal yang spesifik. Alih-alih mereview 10 produk kecantikan dalam satu post, lebih baik Anda membuat satu post yang didedikasikan untuk satu produk.
- Tulis satu bagian khusus untuk snippet yang berisi 200 kata. Bagian ini merangkum keseluruhan artikel dan seharusnya mengundang pengguna internet untuk berkunjung ke web kamu.
Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya mungkin tidak secara langsung menampilkan rich snippet kamu di hasil pencarian mereka. Lalu Bagaimana kamu tahu bahwa Anda menggunakan Rich snippet yang benar di situs kamu ?
Kamu hanya perlu mengunjungi Alat Pengujian Data Terstruktur Google. Cukup copypaste URL website kamu lalu jalankan pengujian dan secara otomatis google akan memeriksa tingkat validasi rich snippet kamu.
Sumber: wp.beginner.com