Memulai Bisnis Online

Semakin besar bisnismu, maka semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan. Sayangnya hal yang sama tidak terjadi untuk akun Google Adsmu.

Makin besarnya potensi serta perfoma iklan di Google Ads diiringi dengan datangnya proses optimasi yang perlu dilakukan. Entah itu di keyword, goals, maupun metriks yang difokuskan.

 

Semua pemilik akun Google Ads tentu ingin iklanya turut selalu memberikan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu Google Ads menyediakan fitur Optimization Score biar kamu tahu seberapa besar score iklan di akunmu maupun celah untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

Optimization Score ialah sejenis Tools yang disediakan oleh Google di menu “Recommendations” yang ada di setiap akunnya.

Tools ini mengukur dengan jelas perfoma akunmu dan menyediakan beberapa opsi yang bisa meningkatkan scoremu bilamana menurun di kemudian hari.

Membantu Usernya mendapatkan score 100% merupakan tujuan utama dihadirkannya tools Optimization Score. Kalo kamu pengguna aktif Google Ads pasti penasaran bagaimana perhitungan score tersebut, cara mengubahnya, dan cara memanfaatkan score itu untuk mencapai tujuan iklanmu.

 

Pertama, mari lihat lebih dalam seperti apa perhitungan Score di Score Optimation Google Ads.

Pada gambar diatas, perfoma akun memiliki score 83.8%. Di bagian bawahnya terdapat rekomendasi optimasi yang bisa kamu lakukan lengkap dengan besaran score optimasi yang didapat kalo kamu terapkan. Optimasi yang ada mencakup :

  • Bidding
  • Memuat iklan baru yang lebih relevan
  • Dan menghentikan keyword dengan perfoma yang kurang baik

Sekedar info untukmu, Rekomendasi yang disediakan oleh Google yang ada berdasarkan pengaturan dan perfoma dari akunmu sendiri. Sehingga dampak yang ditimbulkan nantinya jelas besar untuk perfoma akunmu.

Google menggunakan menggunakan Machine Learning, ia menganalisa miliaran jenis akun dan kampanye iklan yang ada guna memberikan bantuan optimasi yang memberikan dampak besar pada iklanmu dan supaya tujuanmu tercapai.

Kamu cukup klik “Apply” untuk menerapkan rekomendasi yang ada, dan secara otomatis scoremu akan meningkat sesuai dengan score optimasi di rekomendasi tersebut.

Semakin banyak rekomendasi yang kamu “Apply” maka semaki besar pula scoremu nantinya.

Tools “Score Optimization” tersedia di setiap kampanye, akun, hingga tingkat manager akun yang di ada. Jadi disini di setiap kampanye yang kamu tayangkan, atau akun yang kamu kelola memiliki perfoma score yang berbeda-beda. Dan rekomendasi yang diberikan pun akan berbeda juga.

Di tools ini juga terkadang terdapat opsi untuk mendownload tools yang tepat untuk proses optimasi yang lebih dalam. Kamu cukup klik icon yang berada di kanan atas di setiap rekomendasi, jika toolsnya tersedia maka akan tampil opsinya “Download” nya.

Google juga memberikan kontrol sepenuhnya kepada kamu. Kalo kamu merasa rekomendasi yang ada tidak sesuai dengan tujuanmu, kamu tinggal pilih opsi “Dismiss”. Serta memberikan Feedback kepada Google untuk rekomendasi yang lebih baik kedepannya.

Satu hal yang perlu kamu ingat, walau scorenya sudah kamu optimasi hingga 100%, kamu tetap harus mengeceknya kembali secara berkala. Karena perubahan selalu terjadi baik itu di industri, akun, hingga behaviour dan interest audiens.

Score dan rekomendasimu akan terus di update sesuai perubahaan yang ditemukan oleh Google.  Pastikan untuk memeriksanya kembali setidaknya 1x dalam seminggu.

Tidak diragukan lagi, menggunakan optimization score secara rutin bisa membantu akunmu tetap terjaga di perfoma terbaiknya.  Kamu juga menjadi lebih cepat mencapai tujuan iklan, dan lebih efisien lagi menggunakan Google Ads.

Tunggu apa lagi, Mulai gunakan Optimization Score yang ada di page Recommendation akun Google Adsmu.