youtube trending

Apa itu Youtube Trending ?

Youtube Trending adalah bagian (Section)  terpisah dari situs web YouTube yang dapat diakses dari menu navigasi utama.

 

Tujuan dari Fitur Youtube Trending itu sendiri adalah menyediakan serangkaian video yang menarik bagi banyak penontonnya.

Terutama untuk video yang :

  • Menampilkan keragaman platform.
  • Berkinerja sangat baik dibandingkan dengan video lain di platform (atau video lain di saluran).
  • Tidak bersifat clickbait, menyesatkan, atau sensasional.
  • Menunjukkan budaya dan tren yang populer di platform pada saat itu.

Trending YouTube adalah salah satu dari sedikit area tempat pengguna dapat menemukan video baru yang tidak dipersonalisasi berdasarkan histori penayangan mereka.

Semua pengguna di seluruh negara melihat daftar video yang sama di Trending YouTube. Daftar ini diperbarui kira-kira sekali setiap 15 menit untuk memastikannya tetap terupdate.

Video yang diunggulkan di bagian Trending adalah hal yang sangat penting. Dengan banyaknya ruang yang dicari, pembuat konten telah mengembangkan teori mereka sendiri tentang mengapa dan bagaimana suatu video dipilih tampil disana.

Berikut adalah beberapa teori / mitos unik yang mereka kemukakan :

 

Mitos 1 : Menawarkan Pelayanan Khusus

Lucunya ada mitos yang beredah bahwa untuk muncul di trending YouTube, kamu diharuskan harus membayar seseorang atau mengenal seseorang yang bekerja untuk perusahaan tersebut.

Padahal kabar Ini tidak benar. YouTube sendiri tidak menerima pembayaran untuk penempatan di Trending, atau memiliki favoritisme apa pun saat mempertimbangkan kelayakan untuk tampil di YouTube Trending.

Apa yang dipertimbangkan YouTube saat melakukan kurasi video untuk Trending adalah :

  • Jumlah penayangan (View  Count)
  • Seberapa cepat video menghasilkan penayangan
  • Dari mana penayangan tersebut berasal (termasuk di luar YouTube)
  • Usia video
  • Bagaimana kinerja video dibandingkan dengan upload terbaru dari saluran yang sama

Terdapat filter untuk memastikan jenis video tertentu tidak muncul di trending seperti video dengan sumpah serapah yang berlebihan, kekerasan ekstrem, konten dewasa, atau konten yang merendahkan orang lain.

 

Mitos 2: Khusus untuk Channel Besar / Terkenal Saja

Sudah menjadi kepercayaan umum di antara pembuat konten bahwa Trending hanya menampilkan konten yang berasal dari Channel besar atau terkenal saja yang memiliki jutaan Subscriber.

Berita ini tidak benar. Faktanya, YouTube bahkan memastikan setidaknya setengah dari video di Trending berasal dari pembuat konten lokal.

Selain itu, Trending YouTube memiliki bagian untuk “pembuat konten yang sedang naik daun (Creator on the rise),” dan “artis yang sedang naik daun (Artist On the rise) “.

Besar kemungkinan lahirnya mitos ini karena timbulnya kesalahpahaman atas kedua bagian tersebut dimana yang “sudah terkenal” saja yang ditampilkan. Padahal kalau kita pikirkan kembali, kedua fitur ini justru berperan sebagai bagian untuk mengapresiasi kerja keras pembuat konten Youtube yang berhasil menarik banyak penonton.

 

Mitos 3 : Adanya Waktu yang Tepat / Tertentu Untuk Mempublikasikan Video

Teori seputar formula di balik Trending YouTube membuat pembuat konten yakin bahwa ada waktu yang “tepat” atau “tertentu” untuk mempublikasikan video  guna meningkatkan peluang seseorang untuk tampil di fitur keren tersebut.

Kabar ini tidaklah benar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daftar pada fitur Youtube Trending kerap diperbarui setiap 15 menit sekali, yang berarti setiap 15 menit lahir peluang baru untuk muncul di Trending.

Berkenaan dengan waktu publikasi, lebih penting untuk kamu agar mempublish video saat pemirsa spesifik kamu kemungkinan besar akan menontonnya. Jadi kembali lagi kepada seberapa tepat dan akurat menayangkan video kamu kepada target audiens.

 

Sumber : https://www.searchenginejournal.com/3-myths-about-youtube-trending-debunked/391333/