2019 membawa lebih banyak lagi teknologi acara virtual, anggaran marketing yang lebih ketat, dan persaingan berbagai konten untuk menarik perhatian audiens Anda. Sebelumnya marketer event belum pernah memiliki kendala sebanyak ini untuk diatasi demi mendorong angka hadirin, mengamankan peserta dan sponsor pameran, serta memenuhi tujuan acara.

Apa itu event marketing?

Event marketing adalah upaya gabungan dari kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan suatu event. Marketing yang efektif menciptakan permintaan untuk event Anda melalui penemuan dan penciptaan serta memuaskan kebutuhan pelanggan.

Tujuan utama dari event marketing adalah:

  • memberitahu lebih banyak orang tentang acara Anda.
  • membuat orang tertarik untuk mencari tahu informasi lebih lanjut
  • menyampaikan bagaimana acara memenuhi kebutuhan spesifik
  • meyakinkan orang untuk hadir
  • menciptakan brand presence (keberadaan merek) untuk menarik sponsor, media, dan peserta ke acara mendatang
  • menjual lebih banyak tiket / menambah jumlah pendaftaran

Event yang sukses tidak terjadi secara ajaib.

Sebagian besarnya memiliki strategi marketing yang singkat dengan tindakan yang terarah serta perencanaan sebelum, selama, dan setelah acara. Sementara banyak marketer event percaya bahwa pembicaraan dari mulut ke mulut dan media sosial akan membantu meringankan tanggung jawab marketing mereka, hal-hal itu dilakukan terus-menerus yang dibudidayakan dan diperoleh dengan cara yang sangat strategis.

Inilah cara melakukannya untuk acara Anda:

Marketing SEBELUM acara: membangun minat dan menginspirasi tindakan.

Semua strategi event marketing yang baik dimulai dengan mengidentifikasi sasaran dan membangun tujuan tertentu. Sederhananya, mengidentifikasi mengapa Anda mengadakan suatu acara. Apakah Anda mencoba untuk:

  • meluncurkan produk baru
  • rebrand
  • membangun basis pelanggan yang loyal atau brand ambassador (duta merek)
  • mengajari orang-orang cara yang lebih efektif menggunakan produk Anda
  • memenuhi kebutuhan pembelajaran di industri Anda
  • membuat sumber pendapatan tambahan

Setelah Anda mengidentifikasi “mengapa (alasan)” di balik acara Anda, Anda akan memilih beberapa tujuan yang akan membantu membentuk penawaran dan bagaimana Anda akan memasarkan acara Anda. Berikut adalah beberapa contoh jenis tujuan khusus untuk promosi event dan bukan untuk event Anda secara umum:

  • 35% Menjual lebih banyak tiket daripada tahun lalu
  • Menjual 25% lebih banyak sponsor
  • Meningkatkan retensi peserta sebesar 30%
  • Menjual 25% dari semua tiket ke peserta yang lebih muda
  • Mendapatkan 25% lebih banyak karyawan untuk mendaftar untuk kegiatan membangun tim.
  • Jual produk 15% lebih banyak dari aktivasi merek saja

Ini hanyalah contoh tujuan,tetapi perhatikan seberapa spesifik dan melekatnya sasaran ini dengan tujuan event marketing. Tujuan event marketing dapat ditemukan dengan melihat tanda vital acara Anda. Mereka mungkin berasal dari umpan balik hadirin Anda, mungkin pertanyaan bos Anda, atau bisa jadi hasrat Anda untuk bertumbuh untuk menginspirasi mereka.

Anda akan menemukan bahwa sebagian besar saran tentang strategi event marketing menekankan pentingnya tujuan besar tanpa memberikan contoh obyektif event marketing yang nyata. Artikel ini akan memberi tahu DAN menunjukkan kepada Anda cara membuat strategi event marketing yang sukses.

Tujuan event marketing modern harus memiliki wujud. Bagian yang dapat diukur harus sederhana. Pengukuran berbeda dengan 30 tahun yang lalu dan sudah berkembang menjadi “memotivasi”. Tujuan motivasi ditentukan oleh tindakan akhir yang nyata. Jika Anda memengaruhi prospek Anda untuk mengambil tindakan itu, Anda akan mencapai tujuan spesifik Anda.

Ingat bahwa tujuan event marketing Anda harus:

  • Tepat
  • Action-driven (didorong oleh tindakan)
  • Relevan dengan tujuan utama acara

Lupakan rintangan dari tujuan yang realistis atau dapat dicapai.

Kami telah menganalisis peristiwa yang sangat tidak realistis dan tujuan marketing yang sama sekali tidak dapat dicapai, membuatnya hancur dalam beberapa menit setelah merilis tiket mereka. Jika Anda adalah orang marketing yang bertekad kuat, bidiklah sasaran yang tinggi. Terutama dalam menyelenggarakan acara, karena tugas kita bukanlah mengadakan pesta yang meriah.

Tugas kita adalah mengubah perilaku, bukan menggerakkan, mendidik, menginspirasi, menghubungkan hadirin. Tujuan realistis diterjemahkan ke dalam acara yang menyedihkan. Berikut adalah:

IDE EVENT MARKETING UNTUK MEMBANTU ANDA MENDEFINISIKAN DAN MEMASTIKAN KESUKSESAN ACARA:

Dokumentasikan Strategi Event marketing Anda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa suatu tujuan tanpa rencana atau strategi hanyalah sebuah keinginan. Langkah selanjutnya dalam event marketing yang sukses adalah mendokumentasikan strategi Anda. Mendokumentasikan strategi Anda membantu Anda dalam beberapa cara. Antara lain:

  • Membuat Anda melihat setiap sudut dan perkembangan logis secara tertulis
  • Memastikan semua orang mengetahui proses dan rencana
  • Memberi Anda pegangan untuk mundur untuk mengkonsultasikan keputusan perihal event
  • Membantu Anda melihat dan mengukur apa yang mendukung atau menghambat kesuksesan Anda

Sekarang mari kita melihat langkah-langkah dalam mengembangkan strategi event marketing Anda:

Menetapkan Anggaran Kegiatan yang Mantap

Anggaran sangatlah penting untuk kesuksesan suatu acara. Walaupun media sosial dan pembicaraan dari mulut ke mulut memungkinkan perencana acara untuk menghemat anggaran mereka, event marketing tetaplah tidak gratis dan masih membutuhkan pengeluaran.Maka, Anda memerlukan anggaran. 81% perencana acara perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa anggaran adalah prioritas utama untuk tahun mendatang dengan mayoritas (54%) juga menyatakan ROI sebagai prioritas.

    • Bagaimana Anda mengukur apakah suatu acara berhasil atau tidak?
    • Apakah Anda mengukur jumlah alamat email yang dikumpulkan selama acara?
    • Apakah Anda memeriksa peningkatan traffic situs web atau penjualan segera setelah acara?

Tantangan dari mengukur ROI peristiwa adalah adanya begitu banyak faktor untuk dipertimbangkan, dan tidak ada cara untuk menjadi 100 persen yakin bahwa kenaikan atau penurunan jumlah suatu hal dapat secara keseluruhan atau sebagian berkaitan dengan acara, atau jika itu sepenuhnya disebabkan hal lain. Inilah sebabnya mengapa mengumpulkan data ROI untuk event akan menjadi pekerjaan dengan banyak sisi.

Tim marketing akan mem-posting survei, mengumpulkan data aplikasi mobile, dan menggunakan metode lain untuk menentukan apakah mereka telah menghasilkan hasil yang mereka inginkan atau tidak.

Berdasarkan survei kami, kebanyakan perencana acara percaya bahwa anggaran event marketing akan tetap sama di tahun 2018. 21% yakin bahwa anggaran akan naik. Pertumbuhan dalam industri terbukti dengan 44% dilaporkan memiliki lebih banyak klien daripada 12 bulan sebelumnya. 43% mengatakan jumlah itu tetap sama dan hanya 12% melaporkan memiliki klien yang lebih sedikit. Lebih dari setengah (57%) perencana event setuju bahwa anggaran akan menjadi salah satu tantangan terbesar mereka tahun ini.

  1. Tips untuk Membuat Anggaran Event Marketing yang Sukses
  2. Gunakan data historis

Jika event ini pernah diselenggarakan sebelumnya, lihat data anggaran marketing, kehadiran, dan angka jumlah penting lainnya di masa lalu. Ini membantu dalam menetapkan tujuan dan menghasilkan anggaran yang masuk akal.

  1. Masukkan must-haves dan kemewahan

Tambahkan semua yang Anda butuhkan untuk memasarkan acara Anda dan kemudian buat tambahan dengan hal-hal yang Anda harap mampu dilakukan atau dibeli.

  1. Berorientasi pada detail

Tidak ada detail yang dianggap terlalu kecil ketika membicarakan anggaran. Jangan lupa memasukkan hal-hal seperti iklan media sosial. Kita semua ingin percaya bahwa barang-barang kita akan menjadi viral, tetapi hal itu lebih sering tidak terjadi.

  1. Pahami di sektor mana Anda harus mengeluarkan uang

Menghemat anggaran sangat penting tetapi begitu juga menghabiskan uang untuk hal-hal yang benar. Lihatlah tren dan pahami apa yang diharapkan audiens Anda dan pergilah ke tempat mereka berada.

  1. Analisa apa yang mungkin akan direspon audiens Anda

Apakah penetapan harga early bird membuat mereka mendaftar atau (secara historis) apakah menawarkan referral discount (diskon rujukan) berarti lebih banyak orang? Mengetahui trik marketing apa yang efektif untuk audiens Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda.

  1. Nilai Strategi Marketing Anda

Anda perlu melihat seberapa efektif strategi marketing Anda. Berapa jumlah ROI (return of investment) yang akan Anda peroleh setelah menginvestasikan semua sumber daya dan anggaran iklan Anda untuk memengaruhi peserta untuk membeli tiket?

Berikut beberapa langkah untuk menilai keberhasilan acara Anda:

  • Pilih platform analitik Anda (analitik situs web, analisis iklan berbayar, perangkat lunak manajemen event, dll)
  • Ketahui semua tanda vital Anda (rate klik dari email, jumlah view video, interaksi dengan video, ads CTR, rate konversi halaman, dll.)
  • Jalankan tes (A / B)
  • Sering menganalisis
  • Mengoptimalkan
  1. Sertakan Persona dalam Rencana Event marketing Anda

Semakin baik Anda memahami audiens, semakin baik acara Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi adalah mengembangkan sejumlah persona untuk acara Anda, yang mewakili peserta inti dan stakeholder Anda. Ini membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan pesan event marketing Anda dengan peserta.

Persona adalah karakter fiksi yang menggambarkan pelanggan dan partner Anda yang utama dan paling tipikal. Membuat setiap persona beserta detail pribadi mereka, latar belakang, dan kesulitan mereka akan membantu menggambarkan siapa yang Anda ajak bicara dan memperbaiki pesan yang Anda sampaikan.

“Karakter” harus dibuat dari perkiraan yang didasarkan pada data, tetapi juga harus didorong oleh tujuan dan prioritas marketing Anda. Saat Anda mengumpulkan lebih banyak data, persona dapat berkembang dan menjadi lebih faktual dalam menggunakan informasi dari perangkat lunak event marketing, data survei, analisis situs web, aplikasi seluler, data respons langsung, dan alat lainnya.

Contoh pertanyaan untuk dijawab untuk profil kepribadian Anda:

  • Bagaimana mereka mengonsumsi konten?
  • Teknologi dan media sosial apa yang mereka gunakan?
  • Kapan mereka paling mungkin berinteraksi dan bagaimana?
  • Siapa pemberi pengaruh utama mereka?
  1. Gunakan Survei dan Polling untuk Mengungkap Ide Event Marketing Terbaik

Cara lain untuk mengenal peserta Anda adalah dengan menanyakan apa yang mereka inginkan melalui jajak pendapat dan survei. Anda dapat menggunakan polling untuk menjawab pertanyaan seperti:

  • Durasi konferensi atau hari yang disukai (selama akhir pekan atau selama seminggu)
  • Apa platform media sosial yang aktif
  • Diskon khusus atau cara mendaftar

Selain menggunakan jajak pendapat untuk memberikan apa yang lebih diinginkan peserta, Anda dapat menggunakan jajak pendapat di media sosial untuk memengaruhi peserta dan calon peserta untuk berinteraksi dengan konten Anda sehingga mereka melihat lebih banyak tentang konten di jajak pendapat sosial mereka.

Mengajukan pendapat juga membuat peserta merasa dihargai.

  1. Kumpulkan Data Digital dari Tool Event Marketing Anda

Analisis audiens membantu Anda berbicara dalam bahasa peserta yang ideal sehingga bisa menjual lebih banyak tiket serta memangkas biaya. Dengan menghasilkan kampanye marketing yang lebih kecil dan lebih ditargetkan, Anda meningkatkan efektivitas dan konversi Anda, yang berarti membayar lebih sedikit untuk memperoleh setiap peserta.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak manajemen acara, aplikasi, atau tool acara yang lain, Anda dapat menggabungkan data dari mana pun dari analitik situs web Anda untuk mendapatkan wawasan yang cukup kuat.

Dengan meninjau data digital tentang audiens Anda, dan menganalisis kebutuhan, keinginan serta poin keluhan mereka, kampanye yang ditargetkan dapat menangani hal-hal ini..

Setiap barang atau layanan yang dijual memiliki proses pembelian. Kemungkinannya, peserta Anda memiliki caranya sendiri dalam mempertimbangkan dan membeli tiket.

Misalnya, orang yang lebih muda dapat membaca ulasan dan memilih suku mereka untuk mengetahui siapa yang akan pergi atau mungkin mereka ditugaskan untuk pergi oleh atasan mereka. Mengetahui siapa yang membuat keputusan itu, apa yang memengaruhinya, lamanya waktu yang dibutuhkan, dan apa yang mendorong hasil akhir adalah penting untuk proses marketing event Anda.

Anda dapat lebih memahami perjalanan pembeli dengan memetakan proses secara visual.

PEMETAAN PROSES ADALAH LATIHAN VISUAL UNTUK LEBIH BAIK MEMAHAMI ALIRAN KERJA.

Pemetaan proses dapat menjadi latihan yang berguna untuk menjabarkan perjalanan peserta atau stakeholder dan mengidentifikasi elemen-elemen kunci dan waktu keseluruhan untuk mengambil keputusan. Pemetaan proses dapat membantu kita agar semakin jelas melihat bagaimana cara mempengaruhi hasil tertentu dan mengembangkan strategi di balik apa yang ingin Anda capai.

Latihan ini juga akan mengidentifikasi di mana penggunaan tool yang potensial dapat digunakan serta tujuan utamanya. Anda ingin saluran yang berbeda digunakan secara efektif dan dengan cara yang berbeda, daripada menyebarkan pesan yang sama di semua platform. Tujuan setiap saluran kemudian dapat disempurnakan.

  1. Menarik Lebih Banyak Sponsor = Fleksibilitas Anggaran Event Marketing Lebih Tinggi

Selain peserta, Anda akan menggunakan marketing untuk menarik sponsor ke acara Anda. Ini adalah alasan utama mengapa analisis data acara dianggap penting. Sponsor Anda ingin tahu siapa yang akan mereka jangkau di acara Anda. Anda ingin:

  • Berikan info tentang peserta Anda. Ambil marketing person serta semua data yang telah Anda kumpulkan.
  • Buat proposal sponsor yang sempurna
  • Apa yang disediakan, data yang mereka harapkan serta kapan mendapatkannya harus jelas. Agar dapat bersaing dengan event marketer lain, Anda ingin memastikan mereka menerima data yang dapat ditindaklanjuti. Berilah mereka informasi real-time agara acara Anda disukai.
  • Pastikan Anda mendekati pihak yang membuat keputusan dan menargetkan orang itu dengan semua sponsorship-directed marketing.

Tip Ahli:

Selalu beri spotlight promosi kepada sponsor dan mitra strategis Anda. Begitu mereka melihat bahwa Anda mengadvokasi mereka, mintalah balasan jika mereka tidak langsung melakukannya. Tidak ada salahnya untuk bertanya, kemungkinan terburuknya adalah mengatakan “tidak”. Terkadang, bertanya adalah dorongan yang mereka butuhkan. Mitra Anda dapat bertindak sebagai advokat yang akan membantu menggandakan jangkauan promosi Anda.

  1. Pasarkan Kepada Exhibitor yang Selaras dengan Acara Anda

Seperti sponsor, menarik exhibitor (peserta pameran) bergantung pada ROI kehadiran acara. Anda butuh lebih dari sekadar menarik demografi ideal mereka. Mereka ingin memiliki akses ke pihak yang membuat keputusan, dalam demografis yang terdapat di pasar untuk produk atau layanan mereka.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menarik exhibitor:

  • Tunjukkan pada mereka data exhibitor sebelumnya yang menawarkan layanan serupa, berukuran sama, atau berada dalam industri yang sama. Data historis, termasuk ROI dan hasilnya (jika memungkinkan), adalah prediktor yang baik untuk kesuksesan masa depan.
  • Berikan nama-nama exhibitor di acara Anda. Beritahukan pada mereka jika salah satunya adalah kompetitor mereka.
  • Pamerkan teknologi yang Anda gunakan untuk mengukur traffic, penjualan, pertukaran networking, dan rapat. Mengetahui mereka memiliki akses ke heatmap real-time dan teknologi lainnya dapat membantu mereka mengambil keputusan.
  • Membangun eksklusivitas. Jelaskan bagaimana pemilihan lokasi dibuat dan manfaat pembaharuan tahun demi tahun. Jangan bicara banyak tentang waktu untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, fokuslah pada kelangkaan dan eksklusivitas untuk mendorong keputusan.
  • Tunjukkan testimoni dari exhibitor lain.
  • Bagikan cara kreatif Anda mendapatkan exhibitor di depan para pihak pengambil keputusan dan orang banyak. Buat konten yang akan membantu mereka mendapatkan lebih banyak penjualan. Membuat toolkit exhibitor menunjukkan bahwa Anda peduli dan memahami kebutuhan mereka.
  • Pilih lokasi yang disukai atau ingin dihadiri oleh exhibitor. Gunakan tempat yang exhibitor-friendly.
  • Lakukan riset untuk memahami dengan tepat apa yang mereka cari dalam suatu acara. Masukkan dalam pendekatan Anda. Jika Anda memiliki acara lain yang mungkin juga cocok untuk mereka, sarankan kepada mereka.
  1. Perluas Jangkauan Event Marketing dengan Influencer

Marketing influencer masih menjadi salah satu taktik yang tumbuh paling pesat bagi marketer online namun sebagian masih belum akrab dengan taktik ini.

Jika Anda dapat membangun hubungan yang tulus dan kerja sama antara influencer dan acara Anda, maka hal itu dapat menjadi kombinasi yang kuat dalam memperluas pemasaran acara Anda.

Pastikan influencer memiliki kebebasan untuk membuat konten yang otentik. Memaksakan influencer untuk menggunakan pesan, citra, dan hasil yang Anda inginkan bisa menjadi membuat pengikut mereka menjauh.

Dengarkan saran dan pemikiran mereka tentang apa hal terbaik yang akan memberikan resonansi terbaik dengan audiens mereka dan bersedia mengambil risiko atas apa yang mereka sarankan.

Micro-influencer

Alih-alih bekerja dengan selebriti dengan ratusan ribu pengikut, bekerja dengan sejumlah hyper-targeted influencer dengan ribuan atau puluhan ribu pengikut bisa jadi lebih menghemat biaya.

Audiens micro-influencer dapat lebih fokus pada minat niche (khusus), yang artinya rasio dan interaksi bisa menjadi lebih besar dan lebih efektif.

Bagaimana Cara Meminta Blogger dan Influencer Populer Menulis Tentang Acara Anda

Jika Anda tidak punya waktu untuk menulis posting blog sendiri atau Anda mencari lebih banyak liputan media, cara lain untuk memanfaatkan blogging adalah dengan membuat blogger populer menulis blog tentang acara Anda.

Ini mirip dengan guest blogging, tapi bukan Anda yang menulis posting tersebut. Hal ini mendatangkan banyak manfaat, termasuk dapat menghemat waktu dan uang Anda karena blogger melakukan sebagian besar pekerjaan promosi untuk Anda setelah Anda menyelesaikan kewajiban perjanjian Anda.

Hubungi blogger di niche Anda dan beritahukan mereka tentang acara Anda di masa mendatang. Mohon tanyakan kepada mereka apakah itu adalah hal yang mereka anggap menarik untuk dibahas di blog mereka.

Mungkin ada saatnya Anda harus membayar sponsor, tetapi itu tidak selalu terjadi. Untuk membuat lebih banyak blogger menulis tentang organisasi Anda, undang mereka ke acara Anda.

Jika Anda mengetahui blogger yang pernah menghadiri acara Anda di masa lalu, atau yang berencana untuk hadir kali ini, hubungi mereka. Mereka jelas sudah tertarik dengan acara Anda, dan kemungkinannya teman dan pengikut mereka juga akan tertarik. Anda mungkin menawarkan insentif, seperti tiket masuk gratis, untuk meyakinkan blogger untuk meliput acara Anda.

Ingatlah tips ini ketika menghubungi blogger:

  • Jangan mengirim siaran pers tanpa undangan ke acara tersebut; itu tidak sopan.
  • Jangan mengirim siaran pers sama sekali. Personalisasi nada Anda dan blogger akan lebih cenderung merespons.
  • Ingatlah bahwa liputan media bukanlah sekadar hak melainkan hak istimewa. Membangun hubungan dengan menghadirkan blogger untuk peluang yang lebih baik untuk mendapatkan liputan. Misalnya, berlangganan blog dan saluran sosial mereka, dan komentari post blog mereka sebelum dan setelah acara, terutama jika Anda berencana mengundang mereka kembali tahun depan.

Perlu diingat, bahwa mengundang blogger ke acara Anda tidak menjamin ulasan positif atau liputan langsung, tetapi bisa mengarah pada marketing yang hemat biaya, paparan audiens baru, dan peningkatan brand awareness.

  1. Menarik Pengunjung yang Ideal Dengan Pemilihan Tempat Event yang Tepat
  • Pahami proposisi penjualan unik tempat Anda.

Apa yang membuat mereka berbeda dari tempat yang lain? Apakah ada sejarah yang menarik? Sebuah karya seni atau arsitektur yang menawan? Menu pemenang penghargaan? Mainkan ini sebagai bagian dari marketing Anda.

  • Pasarkan manfaat fisik dan emosional dari lokasi Anda

Orang membuat keputusan berdasarkan emosi. Libatkan emosi mereka.

  • Gunakan merek venue Anda

Apa jaminan bahwa acaranya akan dikenal luas? Apa hal yang lebih baik daripada di tempat lain? Apa kaitannya dengan misi acara Anda atau dengan merek Anda? Bicarakan koneksi tersebut dengan menggunakan bahasa yang Anda gunakan untuk menjual acara Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan kata “family-friendly” untuk menggambarkan acara Anda karena hal itu yang audiens Anda cari, pastikan Anda menunjukkan semua hal tentang venue Anda yang terkait dengan konsep itu untuk audiens Anda.

  • Gunakan saluran marketing yang memuji tempat Anda

Jika Anda memiliki tempat yang cantik, post banyak gambar venue tersebut.

  • Berbicara dengan partner Anda tentang sumber daya marketing

Venue Anda memiliki banyak sumber daya marketing. Beberapa di antaranya seperti posting blog, video, dan artikel di tempat mereka dan daerah sekitarnya. Mereka juga mungkin memiliki teknologi yang mempengaruhi Anda dalam memilih venue tersebut seperti tangan digital, kehadiran web venue, saluran media sosial, dll. Juga jangan lupa memanfaatkan sumber daya marketing seperti yang dimiliki biro konvensi dan pengunjung. Mereka memiliki konten dan sumber daya yang mungkin tidak terpikir oleh Anda. Mereka juga dapat menghubungkan Anda dengan komunitas lokal untuk memperluas jangkauan Anda.

  1. Mainkan Pemrograman Anda dalam Event Marketing Anda

Pemrograman juga memainkan peran besar dalam marketing Anda. Jika Anda merangkul tren pemrograman seperti virtual atau augmented reality, Anda memiliki proposisi nilai unik dalam hal memasarkan acara Anda. Carilah cara untuk menonjol dalam hal:

  • Tren Program

Salah satu tren yang populer adalah menciptakan etos kepedulian. Misalnya, pemrograman yang membahas tantangan dan peluang dari perspektif lokal. Sesi tentang solusi untuk tantangan seperti itu (mis. Kekurangan air bersih) yang dipimpin oleh pengusaha lokal, dapat menunjukkan pencapaian dan mengeksplorasi peluang bantuan.

  • Pembicara

Membawa pembicara yang diminati orang dapat memperluas jangkauan acara Anda karena beberapa pembicara memiliki penggemar yang akan datang untuk melihatnya. Selain itu, menghadirkan pakar lokal dapat menambah cita rasa unik ke acara Anda yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

  • Eksklusivitas

Dorong minat melalui eksklusivitas. Tidak hanya melalui undangan eksklusif tetapi pemrograman dan opsi VIP.

  • Format Presentasi

Interaksi adalah kata kunci dari beberapa tahun yang lalu dan kini masih sangat penting dalam pemrograman. Tetapi pengalaman belajar sekarang lebih dari sekadar umpan balik dari audiens. Cobalah format presentasi populer seperti diskusi meja bundar di mana peserta dapat saling mengenal dan belajar dari pengalaman dengan cara yang dapat ditindaklanjuti.

  • Elemen Pameran Dagang

Buatlah pameran dagang dan pengalaman acara yang tak terlupakan. Pemetaan proyeksi, pameran interaktif, dinding konten LED, dan augmented reality dapat membantu menghasilkan sesuatu yang tidak terduga.

  1. Optimalkan Situs Web Acara Anda untuk Konversi yang Lebih Tinggi

Ada banyak komponen kerja yang terlibat dalam situs web atau landing page acara Anda.

Ingatlah bahwa Anda ingin mengoptimalkan konten Anda sehingga dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencarian. Tetapi bahkan dengan konten yang dioptimalkan dengan sempurna, Anda harus menggunakan iklan berbayar untuk memastikan konten Anda dapat dilihat orang.

Situs web acara yang baik memenuhi kriteria berikut:

    • dioptimalkan mesin pencarian
    • dirancang dengan mempertimbangkan pengguna (baik desktop maupun seluler)
    • menyertakan konten situs yang baik dari perspektif manusia
    • bisa dibagikan

Tips SEO Situs Acara yang Mudah

    • Menaruh nama acara Anda, keyword utama yang penting bagi acara Anda, dan kota di tag judul situs web.
    • Menambahkan nama event dan kata kunci utama di H1 (header satu). Misalnya, jika header Anda berbunyi “Ayo, Bergabunglah dengan Kami!”, Anda dapat mempertimbangkan untuk menulis ulang menjadi, “Ayo, Bergabunglah dengan Kami di <Nama Event>, event terbaik untuk <Kata Kunci>.
    • Menambahkan alamat acara Anda dan Google Maps.

Jika Anda tidak tahu keyword apa yang digunakan untuk acara Anda, cobalah bermain-main dengan Google Keyword Planner atau Moz Keyword Explorer.

  1. Buat Konten sebagai Landasan untuk Kampanye Marketing Event Anda

Marketing konten membutuhkan waktu karena dipusatkan pada membangun hubungan dan mendapatkan pengetahuan, like, dan kepercayaan dari para peserta. Anda dapat membuat konten sendiri atau membayar seseorang untuk melakukannya. Bagaimanapun juga, marketing content akan membutuhkan sejumlah sumber daya.

Jika Anda menginvestasikan waktu dalam membuat konten untuk pengunjung ideal Anda, itu akan membuat Anda diperhatikan dan orang-orang akan ingin mempelajari lebih lanjut tentang acara Anda.

Namun, marketing konten merupakan upaya berkelanjutan. Anda perlu membangun hubungan tersebut di antara berbagai acara agar tetap kuat.

TIP AHLI

Entah acara Anda terbilang baru atau lama, memulai blog yang berfokus pada tujuan, sasaran, dan aspek pendidikan di balik acara Anda terbukti sangat bermanfaat. Ini juga akan meningkatkan hasil pencarian organik seputar acara Anda dan memberi Anda konten untuk dipromosikan melalui jejaring sosial Anda. Ketuk jaringan industri Anda atau komunitas lokal untuk mendaftar sebagai guest blogger. Bonus: Kemungkinannya, mereka akan membagikan konten mereka di media sosial.

Tetapkan jadwal blog pra-acara untuk meningkatkan efisiensi

Selain membuat konten yang baik, mengatur jadwal blog pra-acara dan kalender editorial dapat membantu Anda menguasai sumber konten. Setel seperti yang Anda lakukan pada tool kalender perencanaan acara apa pun selain tugas perencanaan acara. Anda akan merencanakan posting dan konten.

Ini membantu memastikan Anda memiliki kombinasi yang kuat dan memungkinkan Anda untuk melihat apa yang ditanggapi audiens Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menguji keberhasilan mem-posting berbagai jenis konten dan menguji jadwal pengiriman.

TIP AHLI

Jika acara Anda menampilkan pembicara tamu, fokuslah pada garis besar sesi mereka untuk membuat konten promosi untuk acara Anda. Ini menciptakan intrik, minat, dan dapat membicarakan kebutuhan tamu Anda.

Dorong pembicara, sponsor, dan lainnya untuk berkontribusi / berbagi konten berkualitas

Anda tidak perlu, atau seharusnya, membuat semua konten sendirian. Pembicara dan presenter seringkali memiliki konten yang dapat mereka kontribusikan, entah itu asli atau repost yang dirancang khusus untuk audiens Anda.

Sponsor dan exhibitor juga dapat dimintai tolong untuk mem-posting tentang acara Anda.

Anda bisa mendapatkan konten dari biro pengunjung atau selebriti atau pemimpin setempat.

Dan pastikan untuk bersandar pada anggota tim perencanaan yang berbeda untuk konten acara.

TIP AHLI

Ingat konten di blog Anda tidak hanya berupa teks, tapi juga bisa berupa video, infografis, gambar, meme, dan kutipan gambar.

  1. Aktifkan Social Sharing untuk Jangkauan dan Ketertarikan Lebih Besar

Social sharing adalah marketing dari mulut ke mulut yang harus dilakukan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menambahkan tombol social sharing ke konten blog Anda.

Agar berhasil, Anda ingin menjadikannya tanpa gesekan mungkin. Jika sulit, orang tidak akan melakukannya.

Selain mudah, ada beberapa tips lain yang akan membantu Anda meningkatkan social shares. Anda harus:

  • Memintanya. Jika Anda ingin seseorang membagikan sesuatu, minta saja.
  • Tambahkan plugin yang memungkinkan pre-populated tweet atau gunakan ‘Klik untuk Tweet’ untuk memudahkan konten di-tweet.
  • Buat konten yang membangkitkan respons emosional: menginspirasi, menghibur, mendidik.
  • Gunakan gambar menggugah dan tambahkan watermark untuk acara Anda. Jika mereka membagikannya, orang akan tahu dari mana asalnya.
  • Gunakan gamifikasi atau insentif lain untuk membuat orang berbagi.

TIP AHLI

Masuki hadirin lama Anda, penggemar mengoceh, dan sorot kesaksian mereka untuk menunjukkan betapa berharganya menghadiri konferensi atau acara Anda. Jika nomor registrasi Anda substansial, tambahkan tombol penghitung ke situs Anda ketika orang mendaftar, jadi buktinya dalam bentuk tertulis.

  1. Gunakan Iklan Berbayar untuk Pengeluaran Anggaran Marketing Event yang Bijak

Hanya beberapa tahun yang lalu, Anda dapat memposting sebanyak yang Anda inginkan dan posting Anda akan dilihat oleh semua orang yang mengikuti Anda.

Hari-hari itu sudah lama berlalu.

Saat ini, marketer event yang savvy paham bahwa mereka harus menggunakan iklan berbayar.

Iklan berbayar memiliki fungsi yang sedikit berbeda pada setiap platform, jadi luangkan waktu untuk mempelajari nuansa individual untuk setiap tool. Namun, mereka memiliki beberapa kesamaan dan juga cara praktik terbaik yang bekerja terlepas dari platform-nya:

Targetkan audiens Anda untuk menghemat biaya

Luangkan waktu untuk mengenal cara menggunakan filter penargetan untuk setiap platform. Sebagian besar platform media sosial akan memungkinkan Anda untuk mengirim iklan ke semua orang tetapi itu tidak efektif untuk sebagian besar perencana acara karena kemungkinan besarnya, “semua orang” bukan audiens target Anda. Targetkan orang yang memenuhi demografi ideal Anda melalui iklan.

  • Pelajari Facebook Pixel

Kode yang mudah diinstal ini membantu Anda memahami dan membangun audiens Anda dengan lebih baik.

  • Pasang iklan Anda di tempat yang sering dikunjungi audiens Anda.
  • Gunakan retargeting ads untuk orang yang pernah mengunjungi situs Anda dan keluar tanpa membeli tiket.
  • Pasang iklan Anda di situs web yang berbagi keyword yang sama dengan yang Anda di acara Anda.
  • Targetkan orang di lokasi acara Anda.
  • Jika ongkos perjalanan ke acara Anda murah, akan lebih banyak pengunjung pertama yang akan datang
  • Lakukan riset terhadap iklan yang paling banyak diklik
  • Untuk Facebook, inilah ads yang tidak terlihat seperti ads.
  • Desain Anda menentukan apakah orang akan meng-klik iklan Anda atau tidak.
  • Gunakan call to action yang jelas.

Pastikan orang yang melihat iklan Anda tahu persis apa yang diharapkan dari mereka. Anda mendapatkan perhatian mereka sekarang, beri tahu mereka apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Buat iklan Anda menarik secara visual dan pastikan iklan Anda menonjol

Buat iklan Anda menarik secara visual dan pastikan iklan Anda menonjol.

Anda ingin orang meng-klik. Anda tidak akan melakukannya dengan kalimat yang hambar.

Gunakan alat analitik pada platform untuk melihat apa yang berfungsi dan apa yang tidak lalu sesuaikan.

Media sosial menawarkan kesempatan luar biasa untuk menguji dan mengukur keberhasilan pesan Anda untuk melihat apa yang paling sesuai. Dengan menggunakan pendekatan pengujian A / B ini di saluran media sosial Anda, Anda memiliki peluang berbiaya rendah untuk bereksperimen dan tanpa kerugian.

  1. Gunakan Media Sosial dalam Proses Marketing Event Anda

Menurut penelitian kami, 73% dari perencana acara percaya media sosial menjadi tool yang paling efektif untuk event marketing.

Sehubungan dengan jejaring sosial, Facebook adalah yang paling populer (88% dilaporkan menggunakan platform ini). Lebih dari setengah (52%) setuju bahwa Facebook adalah platform media sosial paling efektif untuk mempromosikan acara. LinkedIn adalah saluran media sosial paling efektif kedua (26%).

TIP AHLI

Platform pendaftaran yang memungkinkan pendaftaran dengan menghubungkan jejaring sosial dapat menghemat waktu bagi pendaftar dan seringkali menarik data yang lebih beragam seperti bios, gambar, dan hubungan timbal balik antar peserta. Ini juga dapat mendorong social media sharing yang lebih baik.

Sekarang, bagaimana cara Anda menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi marketing event Anda?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang marketing media sosial yang sukses.

  • Jangan terlalu menjual

Jangan pernah menggunakan media sosial hanya untuk mengeluarkan pesan penjualan. Ini bukan strategi yang efektif. Alih-alih, berusahalah membagikan konten yang menarik dan relevan dan membangun pengikut Anda secara organik melalui percakapan dan interaksi.

  • Optimalkan bio akun media sosial Anda

Inilah beberapa cara untuk memperbaiki deskripsi jejaring sosial yang paling populer.

Halaman Facebook

Nama halaman Facebook, deskripsi singkat, jumlah likes, serta jumlah orang yang membicarakan halaman. Manfaatkan semua peluang yang ditemukan di bagian “About” untuk mengisi informasi tentang merek Anda, menambahkan daftar tautan ke channel dan keyword lain untuk mendukung upaya branding Anda.

INSTAGRAM

Gunakan satu tautan yang dapat diklik yang diizinkan dalam deskripsi biografi Instagram Anda untuk memungkinkan audiens Anda melakukan call-to-action dan memperbaruinya secara teratur.

TWITTER

Hanya disediakan 160 karakter di bio Twitter Anda, manfaatkan tagar, emoji, dan pertimbangkan untuk menggunakan URL selain hyperlink di bawah bio Anda.

  • Bersiap-siap

Siapkan cuplikan tautan dan tagar yang sering digunakan di aplikasi catatan di ponsel Anda dan di dokumen yang mudah tersedia di komputer mana pun. Pastikan Anda juga dapat mengakses konten dan gambar yang digunakan secara berkala mulai dari folder (logo, headshots, situs web, pernyataan misi, dll.).

  • Menambahkan call to action pada gambar sosial media

Manfaatkan semua gambar untuk memaksimalkan call to action (CTA). Cari juga tombol CTA yang dibangun di beberapa jaringan media sosial (mis. Facebook) untuk mencoba beberapa desain kreatif untuk menonjolkan tindakan yang Anda harapkan dari audiens Anda.

  • Dorong kolega dan karyawan untuk terhubung dengan merek Anda di Media Sosial.

Dorong orang untuk terhubung dengan merek Anda dan membagikan konten Anda dengan memberi mereka tautan dan informasi sehingga mereka dapat membantu Anda. Tidak semua orang akan berpartisipasi, tetapi Anda akan memiliki lebih banyak bantuan saat Anda memintanya daripada jika tidak.

  • Membuat konten video yang relevan dengan cepat

Konten video memiliki kemampuan untuk menarik perhatian audiens Anda dan menginspirasi mereka berbagi konten sehingga sangat bagus jika Anda bertujuan untuk memperluas jangkauan Anda. 70% profesional marketing melaporkan bahwa konversi video lebih baik daripada media lainnya. Ada beberapa aplikasi murah yang tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda membuat elemen video yang unik dan menghibur untuk saluran media sosial Anda dengan cepat.

  • Memvariasikan tipe konten yang Anda post (dan kapan)

Gunakan berbagai format konten, seperti video atau slideshow untuk melihat konten seperti apa yang paling ditanggapi oleh audiens Anda. Variasikan panjang dan durasi konten untuk menguji konten mana yang paling cocok untuk audiens Anda. Tantang asumsi Anda, buat tebakan yang tidak sembarang dan pantau hasilnya sehingga Anda dapat terus menyesuaikan strategi Anda sampai pada titik yang paling efektif.

  • Target praktek (Target practice)

Pastikan Anda membuat konten yang ditargetkan untuk grup tertentu. Pesan yang dibuat dengan baik untuk kelompok orang yang sedikit tapi spesifik memiliki pengaruh lebih besar daripada surat massal. Ujilah dengan mengirim pesan yang ditargetkan ke grup tertentu, lacak persentase keterlibatan dan interaksi yang dari pesan kecil itu dan bandingkan dengan pesan massal. Salah satu opsi untuk mengujinya adalah dengan menggunakan direct message (DM) Instagram untuk mengirimkan video berdurasi 15 detik yang berisi undangan ke acara Anda berikutnya kepada kelompok yang berisi maksimal 15 orang.

  • Hati-hati dengan post yang diotomatisasi

Kita semua tahu bahaya dari post yang diotomatisasi. Kita semua tahu bahayanya posting otomatis. Pesan yang telah direncanakan sebelumnya yang dibuat beberapa hari sebelumnya bisa kurang sesuai ketika hal yang tidak terduga terjadi. Bersiaplah untuk berekasi dan menjeda konten terjadwal Anda.

  • Tingkatkan fun factor (Up the fun factor)

Untuk beresonansi dengan audiens yang dituju, Anda harus menjadi penduduk asli (native), artinya berbicara dalam bahasa mereka. Menyisipkan .gif, meme, dan emoji dalam pesan marketing sudah mulai dilakukan. Intinya adalah keterlibatan emosi dan, khususnya, humor. Jangan takut untuk menjadi lucu di media sosial, naskah situs web Anda, dan di baris subjek email Anda.

  1. Gunakan Live Video/Live Stream dalam Rencana Marketing Event Online Anda

Live streaming sudah menjadi mainstream dan setiap orang memiliki teknologi untuk melakukannya sendiri. Live streaming telah menjadi arus utama dan setiap orang akhirnya memiliki teknologi untuk melakukannya sendiri.

Media sosial telah mengadopsi live streaming sebagai masa depannya dan semua raksasa online telah mengembangkan aplikasi live streaming-nya sendiri untuk perangkat mobile dan terus menjadikannya sebagai prioritas mereka.

Live streaming sangat ideal untuk mengabadikan momen dan dapat digunakan untuk melihat sekilas aktivitas pra-konferensi, how-to’s, wawancara singkat, live demo, dan breaking news.

Inilah beberapa platform yang tersedia untuk live streaming di media sosial:

FACEBOOK LIVE

Jika Anda mencari audiens sebanyak mungkin, Facebook Live adalah jawabannya. Siaran di Facebook Live berarti semua orang yang terbiasa melihat posting Anda lebih mungkin untuk menontonnya sehingga ini adalah cara yang bagus untuk mengembalikan dan merevitalisasi halaman Facebook Anda.

INSTAGRAM LIVE

Instagram memiliki layanan streaming langsung yang disebut Instagram Live. Instagram adalah yang paling dikupas (most pared down) dari tiga layanan streaming seluler besar yang tersedia saat ini. Instragram berhasil menempati kedudukan yang sama dengan kompetitor utamanya, Snapchat – dengan memanfaatkan FOMO (takut ketinggalan).

YOUTUBE LIVE

YouTube telah berkecimpung dalam bisnis live streaming profesional selama bertahun-tahun. Namun sekarang, live streaming tersedia untuk semua kalangan. Video YouTube Live dapat diposting pada semua platform yang memungkinkan embedding dan akan memiliki nilai kearsipan yang lebih dalam karena pengoptimalan kemampuan pencarian mesin pencari. Jika Anda tidak mau dipusingkan dengan menarik perhatian penonton secara online dan bolak-balik berinteraksi dengan mereka pada saat yang sama dengan siaran langsung Anda, opsi live streaming YouTube mungkin yang terbaik dari yang terbaik.

Video adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan acara dan melibatkan peserta. Ini cukup murah untuk dibuat namun menarik perhatian dan dibagikan.

66% perencana acara dan marketer sudah menggunakan video sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Apakah Anda juga?

  1. Sederhanakan Halaman Registrasi agar Carts yang Terabaikan Menjadi Lebih Sedikit

Satu area yang mungkin tidak Anda pertimbangkan ketika memikirkan strategi marketing event Anda adalah halaman pendaftaran walaupun sebenarnya sangat penting bagi pengalaman pengguna.

Jika calon peserta mencapai halaman pendaftaran event Anda, Anda ingin memastikan mereka menyelesaikan prosesnya dan tidak meninggalkan pemesanan mereka.

10 CARA MEMBUAT REGISTRASI EVENT ANDA MEMILIKI USER EXPERIENCE YANG LEBIH BAIK

Tamu Anda menginginkan proses pendaftaran yang berjalan lancar. Jika Anda tidak memberikannya kepada mereka, mereka akan pergi ke tempat lain atau tidak sama sekali.

  • Berikan mereka semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan tentang acara Anda secara ringkas.
  • Isi formulir secara otomatis.
  • Memungkinkan beberapa pendaftaran sekaligus dengan penghitungan populasi otomatis. Ini sangat membantu bagi asisten yang mendaftarkan beberapa eksekutif.
  • Uji kecepatan situs web Anda. Tidak ada yang mau menunggu halaman loading.
  • Aktifkan kemudahan untuk social sharing sehingga pendaftar dapat berbagi bahwa mereka pergi ke acara Anda.
  • Menawarkan berbagai opsi pembayaran.
  • Berikan panduan dan kotak bantuan pop-up.
  • Mengaktifkan fitur chat jika orang memiliki pertanyaan. Ingat, pembelian tiket adalah pembelian emosional. Jika Anda membuat mereka menunggu jawaban, mereka mungkin memutuskan untuk tidak hadir.
  • Hindari menggunakan Captcha. Orang tidak menyukainya.
  • Pastikan keamanan cyber terbaik dalam pendaftaran Anda dan lindungi data Anda. Jika perlu, beritahu orang-orang mengenai penggunaan data mereka. Misalnya, jika Anda menggunakan pengenalan wajah, pastikan mereka tahu untuk apa Anda menggunakannya dan bagaimana cara menyimpannya.

Aplikasi acara Anda juga berperan dalam marketing Anda karena banyak acarayang memfasilitasi proses marketing. Mereka dapat membantu Anda membangun komunitas dan tetap berada di garis depan pikiran peserta.

Fitur utama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aplikasi acara yang akan membantu Anda meningkatkan efisiensi marketing adalah:

  • Kemampuan berbalas pesan dan obrolan
  • Feed sosial dan koneksi untuk meningkatkan social sharing
  • Papan peringkat dan pencapaian kustom
  • Integrasi RFID untuk menunjukkan siapa yang lokasinya dekat dan meningkatkan interaksi
  • Branding yang dapat disesuaikan
  • Pelaporan dan analisis ROI

Aplikasi acara seluler adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadikan pengalaman acara lebih baik bagi hadirin. Namun, kesempatan untuk menggunakan teknologi untuk menciptakan pengalaman acara yang hebat tidak terbatas pada aplikasi.

Teknologi interaktif dan virtual reality hanyalah dua bagian kecil dari teknologi yang akan berdampak besar pada acara sekarang dan di masa depan.

Kami akan terus melihat bagaimana aplikasi seperti Snapchat akan digunakan dalam marketing acara. Sepertinya aplikasi ini bisa menjadi sangat penting ketika memberikan tampilan behind the scenes (di belakang layar) pada acara tersebut, atau untuk menciptakan lebih banyak keterlibatan/interaksi dalam acara tersebut.

Akan lebih menarik untuk melihat apa perkembangan lanjut dari AI, pengenalan wajah, dan augmented reality dalam waktu dekat karena mereka terus berkembang dan diadopsi pada tingkat yang lebih luas.

  1. Tetapkan Harga yang Tepat untuk Meningkatkan Penjualan Acara

Harga memainkan peran besar dalam memutuskan untuk menghadiri suatu acara. Harga Anda dapat menjadi lebih menarik (murah), dan memengaruhi pembelian tiket melalui berbagai strategi penetapan harga.

HARGA EARLY BIRD

Penawaran yang dibatasi kurun waktu tertentu sangat berpengaruh. Caranya adalah dengan menetapkan taktik harga pemesanan awal (early bird) yang paling efektif untuk menjual tiket dan meningkatkan pendaftaran. Hampir seperempat dari para profesor acara yang kami survei menyatakan bahwa kode diskon adalah taktik mereka yang paling efektif.

Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan tarif early bird, jangan pernah memperpanjang kurun waktunya. Ini bisa mendevaluasi acara Anda dan mendorong orang untuk menunda pembelian. Alasan menggunakan tarif early bird adalah untuk mendorong pembelian. Jika pembeli melihat Anda memperpanjangnya, Anda membuat mereka menunggu.

PENALTI

HUKUMAN. Alih-alih rate pemesanan early bird, beberapa perencana acara menggunakan reverse psychology (psikologi kebalikan). Dengan memiliki tiket standar dan “tarif pemesanan tiket yang terlambat”, Anda dapat mulai mengubah orang untuk membeli tiket pada menit terakhir karena tidak ada yang mau dikenakan tarif penalti.

LIMIT

Yang lain tidak menetapkan tenggat waktu kapan harga tiket akan naik, sebaliknya, mereka memiliki jumlah tiket terbatas yang tersedia di masing-masing kelompok harga, harga akan naik setiap satu blok habis terjual. Ini mendorong rasa urgensi dan mendorong hadirin untuk bertindak.

TIKET PREMIUM

Tawarkan tiket VIP atau premium. Bahkan jika Anda tidak bermaksud untuk menjual banyak tiket premium, memiliki ketersediaan jenis tiket yang lebih mahal adalah trik psikologis yang bagus untuk membuat tiket lain terlihat lebih menarik dan mendorong permintaan untuk tiket acara secara keseluruhan.

  1. Kuasai Marketing Email untuk Tetap Jadi yang Pertama Muncul di Benak Calon Pembeli

Marketing email adalah salah satu metode yang paling populer digunakan perencana acara untuk berkomunikasi.

Namun, kotak masuk yang melimpah dan filter spam berarti hanya sebagian kecil email yang dibuka, apalagi dibaca atau diklik.

Dengan beberapa penyesuaian dan perubahan, Anda akan dapat meraih lebih banyak dari kampanye email Anda.

MULAI MEMBANGUN DAFTAR ANDA SEKARANG

Segera setelah Anda memutuskan untuk menjadi tuan rumah suatu acara, dapatkan holding page dengan formulir pengambilan email untuk mulai mengumpulkan rincian peserta yang berpotensi hadir. Tingkat pendaftaran email dapat membantu Anda me mutuskan apakah akan menjadi tuan rumah acara tersebut.

MENULIS UNTUK ORANG SUNGGUHAN

Gunakan persona yang Anda kembangkan (seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam posting ini) untuk memandu tulisan Anda dan memastikan pesan Anda dioptimalkan untuk audiens target.

JAGA TETAP RINGKAS

Jaga agar email Anda fokus dan singkat sehingga tidak terlalu mendominasi. Jika perlu, bagi menjadi beberapa email yang lebih singkat untuk membuatnya lebih berpengaruh, dan tuliskan baris subjek yang lebih spesifik.

Template desain email sederhana biasanya melewati filter spam. Ini akan menghemat waktu pengujian di berbagai klien email dan bekerja lebih baik di ponsel. Anda emailnya tampil persis seperti yang sudah Anda rancang.

DIOPTIMALKAN UNTUK SELULER

Sebagian besar audiens Anda akan memeriksa email mereka melalui smartphone. Pastikan desain email Anda responsif dan sudah diuji. Ini termasuk memiliki ruang kosong yang cukup untuk membuatnya mereka mudah membuka hyperlink dari perangkat seluler.

MENGUJI BERBAGAI VARIAN BARIS SUBJEK

Kebanyakan orang memutuskan apakah email Anda akan dibuka berdasarkan “from” (siapa yang mengirim) dan baris subjek sehingga Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk membuat baris subjek dengan mencoba dua atau tiga variasi. Sebagian besar teknologi marketing email memungkinkan Anda menguji sejumlah elemen berbeda pada segmen kecil, dan kemudian mengimplementasikan hasil dengan kinerja terbaik untuk dikirim ke seluruh daftar Anda.

BERSIHKAN DAFTAR ANDA

Email cepat kedaluwarsa, jadi pastikan untuk membersihkan daftar Anda secara teratur, jika tidak, itu dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan pengiriman Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak mengirim email ‘daftar sekarang’ kepada orang-orang yang sudah memesan tempat mereka. Ini hanya menyebabkan kebingungan. Sangat penting bagi Anda untuk sepenuhnya mematuhi GDPR.

GUNAKAN DATA EMAIL UNTUK MELAKUKAN LEBIH BANYAK HAL

Buat skrip yang menambahkan siapa saja yang berlangganan mailing Anda ke CRM Anda. Anda bahkan dapat secara otomatis mengambil titel pekerjaan mereka dari LinkedIn juga.

PENGATURAN WAKTU

Mengatur waktu pengiriman email Anda penting untuk membuatnya dibuka. Email tidak akan mendorong konversi jika tidak ada yang membukanya. Tinjaulah sebelum Anda memutuskan kapan harus mengirimnya.

SATU SAJA BELUM SELESAI

Apakah Anda tahu ungkapan, “Satu lalu selesai”? Itu tidak pernah terjadi dengan marketing email. Dalam marketing email, Anda menciptakan kesan. Meskipun Anda tidak ingin mengganggu, lihat email Anda sebagai bagian dari kampanye multi-touch. Jangan hanya mengirim satu email lalu selesai dengan itu. Follow up.

PENGUJIAN

Selain baris subjek Anda, luangkan waktu untuk melakukan beberapa pengujian A / B pada templat email Anda, frasa, penempatan tombol, warna, dan tautan. Apa pun yang membutuhkan pilihan Anda, dari kata-kata hingga desain, akan mendorong tindakan atau menghentikannya.

CALL TO ACTION (CTA) YANG EFEKTIF

Call-to-action suatu acara yang paling umum adalah “daftar sekarang”. Namun, jika Anda melakukan suatu rangkaian dan kampanye marketing, mungkin bisa jadi “pelajari lebih lanjut.” Anda dapat menggunakan kata-kata yang berbeda untuk memicu minat seperti “Bergabunglah bersama kami di Palm Springs” atau tombol daftar sekarang yang bertuliskan, “Anda bertaruh saya akan berada di sana.” Berkreasilah dan lihat CTA mana yang memberikan hasil terbaik.

  1. Gunakan Media Cetak untuk Memastikan Semua yang Dibutuhkan Pemirsa Event Terpenuhi

Sebelum menghabiskan banyak biaya untuk mencetak, pahamilah apakah audiens Anda menyukai media cetak atau memilih pendekatan tanpa pohon (tanpa kertas).

Bergantung pada anggaran Anda, Anda dapat membuat desain sendiri menggunakan salah satu aplikasi dan situs web yang mudah digunakan, membeli satu dari desainer atau memberi pengarahan kepada seorang desainer profesional.

Inilah beberapa hal yang harus diingat:

  • Beri orang titik fokus. Selebaran yang bersih lebih menarik. Hindari kekacauan.
  • Buat call to action yang jelas.
  • Gunakan palet warna yang enak dilihat, jika tidak, Anda dapat mematikannya bahkan sebelum mereka mencari tahu apa acara Anda.
  • Buat pesan Anda jelas. Jika mereka tidak bisa mengenalinya sebagai selebaran acara, mereka tidak akan tahu bagaimana cara RSVP atau mendaftar.
  • Sertakan detail social media sharing atau kode QR (dan opsi untuk berbagi dengan mudah dalam versi elektronik selebaran / e-flyer Anda).
  • Gunakan versi selebaran Anda sebagai sampul profil media sosial Anda.
  • Pertimbangkan bahwa di dunia digital ini, informasi dalam bentuk cetak terkadang lebih efektif dan kecil kemungkinannya untuk dikubur. Saat ini, menerima sesuatu yang menyenangkan melalui surat adalah hal baru.
  • Bereksperimen dengan ukuran, tekstur, berat, potongan elemen dan efek gloss atau matt.
  1. Bangun Hype untuk Meningkatkan Penjualan Tiket Acara

Anda dapat melakukannya dengan beberapa metode ini:

  • Pengalaman mikro sebelum acara

Anda dapat menggunakan experiential marketing untuk membuat orang berbicara tentang acara Anda yang akan datang. Pengalaman mikro, seperti membuat flashmob menari, menyediakan cara yang murah untuk mendapatkan perhatian.

  • Iklan
  • Webinar

Webinar bisa menjadi cara ideal untuk membangkitkan minat dalam acara Anda. Anda dapat mewawancarai pembicara yang akan hadir, meliput topik yang akan Anda bahas lebih mendalam selama acara Anda, menjadi tuan rumah diskusi meja bundar tentang topik yang diminati, atau menampilkan forum terbuka di mana Anda memungkinkan audiens untuk bertanya apa saja. Anda juga dapat meliput topik unik seperti berbicara dengan koki eksekutif di tempat Anda atau vendor teknologi tentang cara-cara menarik untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi acara Anda. Ingatlah untuk menyimpan webinar agar orang yang tidak bisa bergabung dengan Anda tetap bisa mendapatkan nilai darinya nanti.

  • Podcast

Mereka sangat populer bagi mereka yang bepergian jauh, yang berolahraga, atau ingin melakukan banyak tugas sambil melakukan aktivitas fisik. Sama seperti di webinar, Anda dapat mewawancarai semua jenis orang yang berafiliasi dengan acara Anda. Jangan lupa untuk melakukan podcast untuk mereka yang akan hadir.

  • Promosi

Misalnya, ada promosi “bawa teman”, duta hewan atau promosi maskot, dukungan selebriti dan banyak lagi. Yang utama, mereka tidak perlu biaya banyak.

  • Memberitahu Media dan Publikasi Industri

Memberitahu media dan publikasi industri adalah cara yang baik untuk mendapatkan PR. Ketika Anda melakukannya, berikan mereka alasan mengapa acara Anda layak diberitakan. Misalnya, jangan hanya memberi tahu mereka bahwa asosiasi Anda mengadakan pertemuan di pusat kota. Beri tahu mereka bahwa ini adalah pertemuan terbesar para profesional ini-dan-itu di AS dan pembicara terkenal di dunia akan berbicara dengan kelompok khusus ini. Sebutkan juga jika Anda memiliki koneksi lokal. Jalinlah hubungan dengan reporter. Mereka akan lebih cenderung membahas ide-ide Anda dan menghubungi Anda untuk detail lebih lanjut.

  • Kemitraan yang terpercaya

Media bukan satu-satunya kelompok yang harus Anda jalin hubungan. Ada agen marketing event dan PR yang dapat Anda sewa untuk bantuan tambahan. Ada juga layanan umum yang esensial untuk acara. Antisipasi untuk membangun hubungan dengan mitra foto dan video, misalnya. Mereka akan membantu Anda menyampaikan citra profesional Anda. Akhirnya, mitra afiliasi dapat membantu Anda menjual tiket. Anda bisa memberikan komisi atau bagian dari setiap harga tiket kepada mereka untuk menyebarkan berita kepada kelompok mereka.

Kita sudah membahas apa yang perlu dilakukan sebelum acara, mari kita bahas apa yang harus dilakukan selama acara berlangsung: MEMPERKUAT KETERLIBATAN DAN INTERAKSI HADIRIN DAN KEPUASAN SPONSOR/EXHIBITOR

Marketing selama acara berlangsung berfokus pada orang: peserta, sponsor, dan peserta pameran.

IDE EVENT MARKETING UNTUK MELIBATKAN DAN MEMUASKAN AUDIENS ANDA:

  1. Buat suasana imersif untuk memberikan kesan yang lebih bagus

Expriential Marketing mengkombinasikan Marketing berdasarkan pengalaman mengkombinasikan kampanye marketing yang keren dengan pengalaman yang mendebarkan. Pengiklan dan marketer biasanya memberitahu bagaimana perasaan pelanggan yang akan dibuat produk dan layanan mereka. Kini, mereka menunjukkannya dan terkadang dalam skala yang besar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa acara membuat orang cenderung untuk melakukan pembelian.

Experiential marketing membuat peserta berada di dunia berbeda. Lihatlah contoh dari Barbel Mattel, yang mengubah halte bus biasa menjadi dunia Barbie.

Bagaimana dengan pengalaman imersif yang menakutkan? Konferensi besar seperti South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas adalah kubu pertahanan experiential marketing sehingga persaingan sangat mencolok. Tapi A & E’s the Bates Motel (acara pertunjukkan televisi untuk film Psycho) ada di kelasnya sendiri. A&E membangun replika Bates Motel yang beroperasi penuh. Para tamu dapat menginap, menikmati semua keramahan motel pinggir jalan tradisional, dan beberapa “kesenangan” yang tidak terlalu tradisional, menciptakan malam yang akan selalu diingat.

  1. Sertakan digital signage dalam rencana event marketing Anda

Jika acara Anda cukup besar, Anda bahkan dapat membujuk bisnis lokal dengan papan tanda untuk menyambut grup Anda. Biro Pengunjung dan Konvensi di kota tuan rumah Anda dapat ikut membantu.

  1. Buat tamu terkesan dengan paket penyambutan dan komunikasi yang dipersonalisasi

Paket sambutan dan komunikasi yang dipersonalisasi membuat tamu merasa berada di rumah. Ini dapat mencakup tas swag, makanan ringan, peta dan rekomendasi lokal, toilet rumah dan hal-hal yang mungkin mereka lupakan (seperti pasta gigi), dan kenyamanan tambahan seperti sandal atau masker tidur. Bisa juga kupon diskon untuk penawaran hotel dan tempat menarik setempat. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai peluang sponsor sehingga tidak perlu menambah pengeluaran dari anggaran marketing Anda.

Bicara tentang sponsor … sponsor delivery kamar hotel membuat kesan yang hebat.

Aturlah sesuatu yang istimewa untuk tiba di depan pintu mereka. Camilan sehat, nampan anggur dan keju, topi beanie untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba, atau pengiriman lainnya yang memenuhi kebutuhan atau memuaskan keinginan akan menambah sentuhan yang bagus.

  1. Buat kesan yang hebat dengan lingkungan acara Anda

Lingkungan acara dan desain panggung memainkan peran besar dalam pengaturan pemandangan. Lingkungan acara yang mengesankan memberi peserta Anda alasan yang bagus untuk mengambil gambar dan membaginya di media sosial, membuatnya bekerja sebagai marketer acara untuk Anda.

Berhati-hatilah dengan kesan apa yang Anda buat setiap saat, terutama di awal. Membuka pintu sebelum “sihir” siap tidak disarankan. Siapkan semuanya di di awal akan memberikan kesan yang hebat.

Jika Anda memiliki anggaran, projection mapping dapat mentransformasi ruang apa pun tanpa harus mengaturnya selama berjam-jam pengaturan maupun menghancurkan apa pun.

Terakhir, jangan sampai kehilangan audiens Anda dengan alur yang buruk. Alur pameran Anda sangat penting untuk mendapat pengalaman yang baik. Pikirkan dan pantau traffic dan langkah Anda.

  1. Memanfaatkan peluang konten

Suatu acara kaya akan konten. Bila digunakan dengan benar, Anda memiliki posting media sosial untuk berbulan-bulan.

Selain mencakup semua hal menarik yang terjadi di acara Anda, jangan lupa tentang konten yang dapat berasal dari sumber seperti slideshares dan presentasi lainnya. Jika speaker memiliki handout, buat repositori pusat untuk mereka.

Jika memungkinkan, buat rekaman presentasi tersedia sebelum Anda tiba di rumah sehingga peserta yang berminat dapat menikmatinya nanti di kamar mereka atau mengikuti sesi yang tidak dapat mereka ikuti.

  1. Sertakan live streaming di event marketing mix Anda

Perencana acara melakukan beberapa hal yang sangat menarik dengan live stream.Beberapa menyiarkan semua presentasi di acara mereka sebagai bagian dari tiket virtual. Yang lain menyediakan bagian dari sesi secara gratis untuk membujuk orang untuk bergabung dengan mereka tahun depan. Beberapa perencana melakukan live streaming tamu yang tiba, perayaan di malam hari, wawancara dengan sponsor atau peserta pameran, dan banyak hal lainnya. Bahkan ada juga yang melakukan live streaming kontes dan karaoke.

  1. Gunakan video di acara Anda

Anda dapat menggunakan video dengan cara yang sama seperti Anda menjalankan live streaming. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk penerangan dan kualitas produksi.

Pembukaan bermerek atau judul pada tampilan layar dan pendekatan spontan menjadi sangat populer akhir-akhir ini.

  1. Jadikan acara Anda mesin konten media sosial

Media sosial selama acara Anda adalah pekerjaan penuh waktu.

Anda harus berbagi dan mendengarkan, menjadi bagian dari percakapan dan memulai percakapan.

Akan sangat menyanjung peserta bila Anda membagikan konten mereka di acara Anda, oleh salah satu tim acara Anda, atau bahkan seorang pembicara.

Pastikan Anda mengomunikasikan tagar acara. Letakkan di semua collateral, dan aplikasi acara, serta poster, signage, dan kartu meja.

Secara berkala di sepanjang acara, lakukan pencarian untuk keyword, venue Anda, nama pembicara Anda, judul acara Anda, dan kata-kata lain yang dapat digunakan orang untuk memposting tentang Anda.

Tawarkan banyak ops foto dan drive sharing dengan membicarakannya, menyediakan banyak stasiun pengisian daya untuk elektronik, dan mendorong posting melalui gamifikasi atau kontes.

Social sharing sedang tren dan mengarahkan traffic ke halaman acara Anda! Pencarian Google memiliki fitur share untuk segala yang Anda cari. Buat insentif untuk peserta lama Anda atau peserta baru. Beri mereka tawaran yang tidak bisa mereka tolak dan beri mereka hadiah jika mereka membagikan acara Anda dengan teman-teman.

Untuk hiburan dan untuk meningkatkan social sharing, Anda dapat memiliki dinding Tweet di tempat umum atau sebelum sesi dimulai. Dinding Tweet berfungsi menggunakan tagar dan mereka memproyeksikan apa yang orang lain katakan tentang acara Anda menggunakan tagar. Sangat menyenangkan melihat tweet Anda di layar lebar dan banyak orang akan mengirim tweet hanya untuk melihatnya di sana. Perencana acara kreatif juga menggunakan dinding tweet untuk menyelenggarakan kontes dan opsi crowdsource.

Cara lain untuk menggunakan media sosial di event Anda adalah dengan menggunakan photo booth. Banyak photo booth tidak hanya memberikan peserta suvenir yang menyenangkan, tetapi gambarnya juga dapat dicap dengan branding acara Anda beserta bingkainya dan Anda dapat memberi peserta pilihan mengunggahnya ke media sosial melalui booth. Karena booth secara otomatis memberikan tag, Anda tidak perlu khawatir andai tagar dilupakan pengunjung.

  1. Meriahkan acara dengan kontes dan gambar

Kontes dan gambar sering membantu dengan marketing dari mulut ke mulut. Misalnya, Anda dapat menyelenggarakan kontes untuk gambar acara terbaik dan mengundang publik untuk memberikan suaranya.

Saran kontes lainnya termasuk:

  • VIP meet and greet
  • kontes memperkenalkan pembicara
  • penggambaran business card karena telah menghadiri pameran dagang
  • kontes paspor (dapatkan sebuah stempel untuk setiap spot yang dikunjungi)
  • kontes scavenger hunt (berburu barang)
  • Tiket acara atau sesi gratis
  • Hadiah sponsor

Secara keseluruhan, tren konsumen beralih dari menikmati produk/layanan dan menjadi menikmati pengalaman. Upaya marketing, seperti biasa, mengikuti tren ini dengan cermat. Bukti ini dapat dilihat dalam kampanye iklan. Jika Anda menonton iklan televisi, misalnya, Anda akan melihat lebih banyak fokus pada orang yang menikmati pengalaman menggunakan produk atau layanan daripada pada produk atau layanan itu sendiri, atau Anda akan melihat penggambaran orang-orang yang menikmati pengalaman yang mereka miliki berkat waktu. penghematan atau kenyamanan produk.

Marketer event yang ingin terhubung dengan pelanggan potensial juga akan memperhatikan tren ini. Daripada muncul ke acara dengan pernak-pernik seperti t-shirt dan gantungan kunci, mereka akan fokus memberikan pengalaman sebagai imbalan atas perhatian mereka. Salah satu cara untuk melakukan ini dapat menawarkan orang-orang yang meninggalkan informasi kontak tiket untuk menonton pertandingan tim liga lokal kecil atau tiket masuk gratis ke kebun binatang atau taman hiburan terdekat.

MARKETING SETELAH ACARA BERLANGSUNG : JAGA ACARA TETAP HIDUP SELAMA 365 HARI KE DEPAN

Apakah Anda pikir pekerjaan Anda selesai hanya karena event itu selesai? Hampir tidak.

Ini adalah kesempatan yang terlewatkan oleh banyak perencana acara karena mereka kelelahan dan sibuk. Namun, dengan segala kerja keras Anda, Anda telah mengumpulkan sekelompok penggemar yang tertarik dan loyal. Apakah Anda hanya akan meninggalkan mereka di sana tanpa melakukan apa pun?

Jadi setelah acara Anda berakhir, tiba saatnya untuk kembali ke marketing sementara masih panas-panasnya.

  1. Jaga agar acara Anda tetap berada di benak peserta dengan email marketing

Email pertama harus berupa “terima kasih” untuk kehadiran mereka. Sedapat mungkin, personalisasikan komunikasi. Anda dapat melakukannya dengan menyebut nama peserta, trek mereka, atau acara atau sesi yang mereka ikuti. Jika Anda menggunakan pengenalan wajah, Anda bahkan dapat mengambil foto dari event yang mereka ikuti. Dengan melakukannya, komunikasi Anda lebih tampak sebagai teman daripada orang asing.

Perhatikan baris subjek dengan cermat. Anda ingin membuat seseorang ingin segera membukanya. Ingat yang pertama mengatur nada. Jika Anda menggunakan baris subjek yang membosankan, mereka tidak akan membukanya.

Misalnya, jika Anda mengirim email “terima kasih”, jangan hanya menulis “terima kasih atas kehadirannya” di baris subjek. Sebaliknya, beri mereka alasan untuk membukanya, seperti, “Kami merindukanmu. Ini hadiah. “Dan beri mereka sesuatu yang istimewa bahkan jika itu hanya tautan ke konten.

  1. Tingkatkan aksesibilitas ke konten acara

Event Anda mungkin menghasilkan banyak konten yang menarik bagi peserta Anda. Itu mungkin termasuk:

  • Presentasi dan slide pembicara
  • Rekaman dan video
  • Foto
  • halaman workbook
  • Pembelajaran yang lebih dalam
  • Contoh bab buku-buku pembicara

Buat repositori dari semua hal ini dan putuskan siapa yang memiliki akses: hanya peserta, siapapun yang memiliki kode, atau seluruh dunia.

Dengan memberikannya hanya kepada peserta, Anda menciptakan eksklusivitas dan alasan untuk datang tahun depan; sambil memberikan kode, berharap agar peserta membagikannya dengan orang lain, yang bisa membuat orang lain ingin datang tahun depan.

Memberikan kode yang dapat dibagikan juga membuat pengusaha mengirim satu orang sehingga seluruh kantor atau departemen dapat mengambil manfaatnya.

Membuatnya terbuka untuk semua orang membantu orang lain menyadari pengalaman menyenangkan yang mereka lewatkan. Itu juga berlaku pada hukum timbal balik di mana kita merasa berkewajiban kepada orang lain yang memberi kita barang secara gratis.

  1. Gunakan aplikasi acara agar tetap terhubung

Dengan sebuah aplikasi acara, Dengan aplikasi event, peserta dimudahkan untuk tetap terhubung dan menemukan orang-orang yang terhubung dengan jaringan di acara tersebut. Mereka dapat melanjutkan diskusi mereka tentang topik acara, saling bertanya, membuat halaman wiki untuk menambah pengetahuan satu sama lain, mengakses konten, berbagi berita, dan banyak lagi sehingga Anda tetap berada di puncak pikiran peserta.

Aplikasi ini sering diasosiasikan dengan acara Anda sehingga selalu menjadi pengingat akan pengalaman yang menyenangkan dan pengetahuan yang diperoleh.

Juga, Anda menghabiskan cukup banyak waktu meyakinkan mereka untuk mengadopsi aplikasi. Jangan biarkan mereka mengabaikannya. Beri mereka alasan untuk log in.

  1. Menggunakan survei setelah acara untuk memastikan kebutuh peserta terpenuhi

Perencana acara menyukai survei karena menyediakan sumber data yang baik bagi kami, tetapi mereka hanya menguntungkan acara di masa mendatang ketika data tersebut ditindaklanjuti.

Sifat manusia mengatakan bahwa mereka yang terlibat dalam menciptakan sesuatu sering merasakan hasrat untuk melihat keberhasilannya.

Jika Anda melibatkan peserta dalam membentuk masa depan acara Anda, mereka akan cenderung ingin melihatnya berkembang, terutama jika Anda menindaklanjuti saran mereka.

  1. Pertahankan blog acara Anda

Begitu banyak marketer acara membuat konten sebelum acara yang fenomenal di situs web acara mereka sebelum dan selama event, dan kemudian membiarkan aliran konten berhenti sepenuhnya setelah acara selesai.

Jangan melakukannya!

Blog eksternal atau publik adalah blog yang dapat diakses semua orang, termasuk mesin pencarian. Untuk keperluan SEO dan untuk membuat audiens acara Anda tetap terlibat, tetap mem-posting konten di blog Anda yang ingin dilihat semua orang, seperti gambar-gambar menyenangkan di acara Anda, rekap acara, ungkapan terima kasih khusus, dan klip video teaser.

Anda ingin berbagi konten yang akan membuat publik ingin menghadiri acara Anda berikutnya. Tujuan Anda harus selalu melibatkan/nteraksi, pertunjukan utama yang menjadi faktor utama pembelian tiket tahun depan, dan Anda melakukannya dengan membuat konten yang baik bahkan setelah acara selesai.

  1. Terus memperluas jangkauan acara Anda setelah acara selesai dengan media sosial

Setelah acara Anda selesai, gambar dan video di media sosial menerima interaksi tertinggi.

Bagikan gambar acara Anda, makanan dan tempat Anda.

Buat meme gambar dan kutipan menggunakan gambar dari acara tersebut.

Buat kompilasi video menggunakan gambar yang disetel dengan musik, kompilasikan cuplikan wawancara, testimonial video, dan pengingat lain.

Anda juga dapat menggunakan video yang dipercepat untuk menampilkan seluruh acara Anda dalam 30 detik.

  1. Amankan komitmen mendaftar di acara Anda selanjutnya tahun depan

Peserta, sponsor, dan peserta pameran mungkin tidak memikirkan acara Anda yang selanjutnya segera setelah acara ini berakhir, tetapi ini adalah waktu yang ideal untuk terhubung dengan mereka dan membuat mereka memikirkan acara tahun depan.

Untuk sponsor dan peserta pameran, Anda harus memiliki info dan data ROI untuk mereka tak lama setelah acara berakhir. Gunakan sebagai intro untuk menindaklanjutinya. Diskusikan apakah acara Anda memenuhi atau melampaui harapan mereka. Bicara tentang peluang untuk tahun depan menggunakan kelangkaan untuk mendorong komitmen.

Bagi para hadirin, memberikan mereka sejumlah angka dan insentif untuk memesan lebih awal adalah angka yang bagus untuk membuat orang-orang memesan lebih awal. Sebuah konferensi menggunakan kamar hotel yang dengan diskon yang sangat tinggi sebagai cara untuk membuat peserta memesan tiket segera setelah acara mereka selesai.

  1. Tarik lebih banyak perhatian dengan testimonial dan referensi

Testimoni dan referensi dari peserta acara yang puas bisa menjadi cara yang efektif untuk membujuk orang lain untuk hadir serta lebih hemat biaya dan persuasif daripada iklan berbayar. Berikut adalah beberapa taktik untuk membantu Anda memanfaatkan peluang ini:

Meminta

Jangan takut untuk meminta tolong pada orang lain untuk mengutip perkataannya atau menggunakan umpan balik dari formulir evaluasi mereka. Selain itu, meminta umpan balik yang direkam dengan kamera bisa sangat ampuh untuk dibagikan sebagai testimonial video.

Menyediakan insentif

Insentif bisa sangat efektif jika Anda menemukan sesuatu yang dihargai audiens Anda. Dalam hal peserta acara, diskon bagi mereka yang hadir sangat berpengaruh. Anda bisa memberi mereka kode diskon untuk dibagikan dengan teman-teman atau dengan memberikan potongan biaya pendaftaran mereka untuk setiap orang yang mereka daftarkan. Jika mereka mendaftarkan beberapa, mereka berpotensi menutup harga tiket mereka. Hal ini mendorong lebih banyak orang mendorong teman untuk hadir.

Mengatur landing page spesial

Untuk referensi peserta, buat landing page untuk acara hanya bagi mereka yang memiliki diskon biaya pendaftaran dan sambut dengan pesan “selamat datang”. Hal ini akan membuat peserta merasa seakan mereka memiliki kode rahasia untuk diberikan. Eksklusivitas semacam itu membuat orang merasa dihargai.

KESIMPULAN

Strategi event marketing memerlukan pendekatan tiga cabang dalam hal timing. Ada kegiatan dan strategi yang harus dilakukan sebelum, selama, dan setelah acara. Untuk hasil terbaik, ketiga tahap ini penting karena membantu Anda membangun momentum. Jika Anda lalai membangun salah satunya, semuanya akan gagal dan Anda harus membangun kembali dan memulai dari awal.

Juga, perlu diingat bahwa strategi marketing Anda saling berhubungan. Misalnya, menghasilkan konten yang baik akan meningkatkan probabilitas keterlibatan audiens Anda, menghadiri acara Anda, dan membuat konten mereka sendiri yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan marketing dari mulut ke mulut. Memiliki strategi marketing yang kuat membuat pekerjaan marketing Anda lebih mudah untuk jangka panjang.

Sumber: https://www.eventmanagerblog.com/event-marketing