Baik didalam negeri maupun diluar negeri, Shopee dikenal sebagai platform E-commerce besar yang mampu bersaing dengan Alibaba atau Amazon. Walau tidak sebesar dan sehebat keduanya, Shopee menjadi pilihan favorit bagi siapapun yang suka belanja online untuk beragam jenis produk.

Untuk kamu yang punya toko dishopee tapi merasa sepi pembeli, rugi, atau jumlah follower tidak mengalami peningkatan. Mungkin itu semua terjadi karena kamu belum mempraktikan 6 fitur berikut :

 

1. Fitur My Campaigns Shopee

Tahukah kamu bahwa shopee memiliki In-App campaign atau sistem kampanye didalam aplikasi ? Fitur ini bisa meningkatkan profit dari produk yang kamu jual dan juga menjangkau pembeli yang lebih luas lagi. Fitur ini juga menciptakan peluang bagi semua penjual agar produknya tampil dihalaman utama / depan Shopee, yang mana jelas akan menarik banyak pelanggan dan keuntungan didalamnya.

Pada fitur ini, penjual harus melewati beberapa seleksi proses agar produknya bisa tampil dalam nominasi tersebut :

  • Tingkat akurasi informasi dari produk yang dipasarkan
  • Ketersediaan penjual untuk memberikan diskon 10-20% ketika terpilih
  • Seberapa menariknya harga produk yang dicantumkan.

Keuntungannya antara lain :

  • Bersifat Gratis
  • Tampil baik pada Shopee versi Desktop, Mobile, maupun Aplikasinya
  • Produk yang masuk nominasi akan disorot lebih dan diprioritaskan
  • Meningkatkan Click through Rate (CTR) menuju tokomu

Cara mengakses yaitu dengan menavigasi ke laman Seller Center > Marketing Centre > My Campaign.

2. Fitur “Top Pick From Shop”

Top Pick From Shop” merupakan fitur in-app shopee lainnya yang patut kamu coba. Yang perlu kamu lakukan hanya membuat koleksi produk dan memilih maksimal 8 item yang mau kamu tampilkan di bagian depan / teratas di tokomu.

Keunggulan fitur ini yaitu memastikan produk terpopulermu tetap eksis ketika pengunjung mengunjungi tokomu. Yang artinya profit dari produk tersebut akan tetap stabil bahkan meningkat pesat.

 

3. Flash Sale

Kalau kamu menggunakan Shopee, maka kamu pasti sangat akrab dengan 2 kata ini. Flash Sale merupakan penawaran terbatas yang biasanya muncul dihalaman utama Shopee. Produk yang ditampilkan memiliki stok dan batasan waktu selama tampil disana.

Tapi jangan salah, diskon harga yang diberikan saat proses Flash Sale tidak tanggung-tanggung besarnya.

Shopee biasanya akan memberi tahu pengunjung atau pengguna aplikasinya bahwa sedang terjadi Flash sale berupa banner pada bagian atas laman mereka.

Dan bila kamu scroll kebawah maka akan tampil beberapa produk yang masuk kedalam promosi Flash Sale.

Kalau produkmu berhasil tampil disini maka bukan hanya tokomu kebanjiran pengunjung, ada peluang besar pula Follower ditoko kamu akan meningkat tajam pula.

Tapi sayangnya untuk masuk nominasi Flash sale terbilang sulit dibanding fitur yang lain. Tetapi sangat layak kamu coba :

  • Produk harus memiliki harga termurah
  • Hanya 1 produk yang bisa masuk nominasi di satu waktu flash sale
  • Minimal 5 stok produk
  • Gambar background cover produk harus berwarna putih
  • Pre-order tidak diperbolehkan
  • Wajib gratis ongkos kirim
  • Review Toko wajib diatas 4 bintang
  • Point pinalti toko harus dibawah 3

 

4. Shopee My Ads

Fitur My Ads merupakan fitur canggih yang bisa membuat produkmu tampil lebih sering pada hasil pencarian. Ia memiliki 2 opsi yang bisa kamu pilih :

  • Keyword Ads : Seperti halnya Google Ads, kamu bisa memasang bid untuk kata kunci tertentu dan iklanmu akan tampil sesuai dengan produk relevan yang pengguna shopee cari
  • Targeting Ads : Penjual bisa memasang bid untuk produk sejenis (Similar products) dan iklan akan ditampilkan pada laman detail produk yang sama yang dilihat oleh pengunjung shopee

Setelah itu kamu bisa mengatur durasi iklannya, budget, biaya bid, dan detail iklan. Begitu iklanmu berjalan beberapa hari, kamu bisa melihat hasilnya di laporan perfoma iklan.

5. Shopee My Voucher

Tools keren shopee lainnnya yang patut kamu coba yaitu “My Voucher”. Fitur ini membuatmu bisa membuat voucher sendiri di produk apapun yang ada ditoko supaya lebih menarik pembeli.

Misalnya saja, kamu bisa membuat voucher diskon 30% untuk setiap pembelian minimal Rp.300.000. Nominal tersebut hanya contoh saja, kamu bisa dengan bebas menentukan besarannya maupun durasi waktunya.

Fitur ini tepatnya dapat meningkatkan jumlah barang yang dimasukan kekeranjang belanja pengunjung tokomu karena mereka wajib memenuhi syarat minimal pembelian sebelum merasakan voucher yang kamu tentukan.

 

Shopee My Discount Promotion

Berikut ini adalah cara untuk menjadi penjual kompetitif di platform shopee. Fitur My Discount Promotions merupakan serangkaian tools untuk memberikan diskon untuk jangka waktu tertentu di suatu produk atau beberapa produk secara bersamaan.

Tapi perlu diingat dalam praktiknya untuk menerapkan batasan pembelian agar produk tersebut tidak habis diborong oleh 1 pembeli saja, berikan kesempatan juga untuk pembeli kamu yang lain.

 

Sumber : https://shopee.sg/blog/clever-ways-to-sell-better-and-earn-more-money-on-shopee/