1. Berikan Hadiah Kepada Pelanggan

Kebanyakan pelanggan bersifat sensitif jika menyangkut masalah harga. Apabila terdapat aplikasi yang bisa menghemat pengeluaran mereka, jelas mereka tidak akan segan-segan mengunduhnya.

Saat memberikan hadiah kepada pelanggan dalam suatu aplikasi bisa kamu lakukan dalam bentuk :

  • Gratis Ongkos kirim pada pembelian pertama
  • Diskon untuk mikro transaksi yang terjadi di hari tertentu
  • Program loyalti : Bisa dengan memberikan poin setiap terjadi transaksi, dan pelanggan bisa menggunakan poin tersebut untuk membeli barang yang lain secara gratis.

Memberikan insentif atau fitur tambahan dalam suatu aplikasi bisa membuat pelanggan tetap setia menggunakan aplikasi tersebut dan meningkatkan jumlah unduhan.

 

2. App Store Optimization (ASO)

Mengoptimalkan aplikasi kamu agar mudah ditemukan konsumen melalui penelusuran organik di toko aplikasi pilihan mereka sama pentingnya dengan pengoptimalan SEO untuk situs web kamu.

Baik Apple dan Google memiliki pedoman khusus untuk pengoptimalan aplikasi, namun keduanya memiliki elemen inti yang sama yaitu :

  • Keyword (Kata Kunci) : Pada bagian deskripsi aplikasi harus terdapat kata kunci yang relevan dan menggambarkan beberapa fitur spesifik didalamnya. Sehingga algoritma mesin pencari bisa menampilkan aplikasimu pada hasil pencarian relevan
  • Category (Kategori App) : Memilih kategori yang tepat untuk suatu aplikasi merupakan hal yang penting. Sebab kategori memfilter hasil pencarian yang tidak sesuai dengan apa yang pengguna mau
  • Rating and Review : Terakhir tapi tidak kalah penting. Pelanggan biasanya melihat Rating dan review suatu aplikasi sebelum mendownload. Bahkan baik Apple maupun Google, algoritma hasil pencarian keduanya sangat bergantung pada rating dan review suatu aplikasi

 

3. Promosi Omni-Channel

Disamping membuat aplikasi yang membuat penggunanya nyaman, kamu juga harus memikirkan bagaimana metode pemasarannya. Omni-Channel meliputi promosi melalui berbagai macam platform periklanan guna meningkatkan popularitas produk yang dipasarkan.

Misalnya saja kamu bisa memanfaatkan platform Facebook, Google Ads, atau website untuk turut serta mempromosikan aplikasi kamu.

Tehnik yang lebih jitunya lagi, kamu bisa membuat fitur “bagikan ke teman” didalam aplikasi yang kamu bangun. Berikan beberapa hadiah atau insentif untuk mereka yang mampu mengajak teman untuk ikut mengunduh aplikasi kamu dalam jumlah tertentu.

 

4. Multi-Language Application

Multi-Language Application yakni aplikasi yang menghadirkan beberapa jenis bahasa yang bisa usernya pilih ketika menginstall aplikasi tersebut. Jangan hanya karena kamu tinggal di Indonesia, hanya menggunakan bahasa Indonesia.

Hadirkan pula bahasa inggrisnya karena bahasa tersebut merupakan bahasa dunia yang sudah disepakati. Bila aplikasimu populer di suatu negara, ada baiknya juga menambahkan bahasa asli dari negara tersebut.

 

5. User Experience (Pengalaman Pengguna)

Dalam membangun aplikasi, jangan hanya mengikuti apa yang dikatakan developer atau si pengembang aplikasinya saja. Pikirkan juga kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi kamu.

Jika bisa minimalisir tampilan iklan karena bisa sangat menggangu pengguna kamu. Atau sediakan fitur Upgrade untuk bebas iklan dengan harga yang terjangkau.