Sudah bukan rahasia lagi kalau memasarkan produk, meningkatkan brand, atau menjangkau lebih banyak audiens sangat cocok dipraktikan pada platform Instagram. Bagaimana tidak, Instagram itu sendiri memiliki fitur yang disebut Instagram Insight dimana didalamnya terdapat data penting terkait performa postingan, follower, atau akunmu.

Dengan Instagram, kamu bisa menerapkan beberapa kunci strategi marketing seperti halnya Influencer marketing, ads (iklan), Giveaway (bagi-bagi gratis), dan yang lainnya.

Marketing di Instagram juga sangat efektif untuk menghasilkan lebih banyak konversi lead, meningkatkan penjualan, dan membuat suatu brand lebih dikenal.

Agar promosi di Instagram terasa efektif dan mampu meningkatkan Follower, berikut ini terdapat tips dan trik cara tepat melakukannya :

1. Promosi Akun Instagram di Platform Lain

Sebagian besar pengguna sosial media menggunakan beraneka ragam platform sosial media yang berbeda, sehingga kamu selalu dapat memulai dengan memberi tahu follower kamu di platform lain bahwa kini bisnis kamu memiliki akun Instagram juga.

Jika mereka menyukai konten kamu diplatform lain, maka sudah dipastikan mereka akan segera menjadi follower baru kamu di Instagram.

Akun bisnis Instagram juga harus ditautkan ke Facebook, sehingga kamu selalu dapat berbagi posting Instagram kamu di halaman Facebook, hal ini memberikan pengguna Facebook sekilas apa yang mereka harapkan pada Instafeed akunmu.

2. Menggunakan Hashtag yang sedang populer

Sama halnya seperti Twitter, Hashtags memiliki peranan penting didalam Instagram. Menggunakan Hashtag yang tepat di waktu yang tepat pula bisa membuat postingan kamu lebih mudah ditemukan orang lain. Yang mana mengarah pada meningkatnya jumlah follower akunmu.

Hashtag terpopuler di Instagram saat ini antara lain :

  • #love (1,271,692,015)

  • #instagood (742,795,562)

  • #photooftheday (507,358,504)

  • #fashion (487,010,088)

  • #beautiful (463,668,566)

  • #happy (427,528,663)

  • #cute (418,686,470)

  • #like4like (417,887,839)

  • #tbt (413,049,020)

  • #followme (392,011,012)

  • #picoftheday (380,504,677)

  • #follow (371,102,705)

  • #me (348,193,980)

  • #art (343,874,151)

  • #selfie (337,204,715)

Dari hashtag-hashtag ini kamu hanya perlu memuat postingan yang relevan dengan hashtag yang kamu pilih dan mencatumkannya dipostingan instagram kamu.

3. Uji Kreatifitas dengan konten video

Dimanapun platformnya, video masih menjadi sarana populer untuk menyampaikan informasi maupun memasarkan produk. Di Instagram itu sendiri, Engagement yang dihasilkan dari suatu postingan video dilansir lebih banyak dari postingan foto.

Akan tetapi bukan berarti kamu harus memuat postingan video terus menerus. Setidaknya dalam satu 1 minggu buat 1-2 konten berbasis video.

 

4. Follow + Like + Comment (FLC)

FLC adalah formula simpel untuk mendapatkan banyak follower secara cepat tetapi membutuhkan sedikit usaha ekstra.

Pertama, kamu bisa mengunjungi akun kompetitor dan engage langsung dengan follower-follower mereka dengan cara menyukai foto mereka, dan meninggalkan komentar. Proses ini bisa kamu ulangi kepada sebanyak mungkin follower kompetitor yang ada sampai mereka memberikan respon.

Menurut suatu riset, dari 100 orang yang diuji dengan metode ini, terdapat setidaknya 30% nya akan akan follow back akun kamu. Proses ini memang membutuhkan usaha, tetapi hasilnya cukup lumayan.

 

5. Manfaatkan Geotags untuk menemukan orang-orang terdekat

Selain menggunakan hashtag, kamu juga dapat memberi tag lokasi (Location) kamu di postingan dan instastory agar dapat ditemukan. kamu dapat menandai kota tempatmu berada atau tempat kamu mengambil video atau foto tersebut.

Lokasi memiliki umpan Instagram mereka sendiri dan hashtag seperti kisah yang dapat kamu sumbangkan sehingga lebih banyak pengguna yang akan melihat konten kamu.

Geotag sangat membantu bagi bisnis lokal yang ingin mendapatkan perhatian dari dan terlibat dengan pengguna instagram disekitar mereka.

Bisnis yang memiliki karya seni unik atau sejnisnya dengan tanda neon cenderung menarik banyak konsumen milenial. Poskan aspek unik bisnis kamu untuk dibagikan dengan geotag, dan bisa dipastikan akan menarik banyak follower baru.

 

6. Mengadakan Event Giveaway

Giveaway adalah suatu event bagi-bagi hadiah gratis kepada follower di akun sosial media. Tehnik ini dikenal sangat efektif karena siapapun pasti suka menerima sesuatu yang bersifat gratis.

Coba terapkan hal serupa pada akun bisnis instagram kamu dengan hadiah yang unik dan menarik dengan syarat paling minimal membagikan postingan giveaway tersebut di akun mereka masing-masing.

Metode ini bisa dipastikan akan menjangkau audiens yang lebih luas lagi karena postingan akunmu akan dibagikan diberanda mereka dengan jumlah follower yang bervariasi pula.

Hanya saja pastikan hadiah yang diberikan dinilai menarik agar follower kamu termotivasi untuk ikut berpartisipasi.

 

Sumber : bluleadz.com