Membahas tentang digital marketing atau Internet Marketing tentunya tidak asing bagi kita semua. Bahkan membuat kita tertarik untuk terjun langsung ke bisnis Digital Marketing. Namun berapa banyak jenis Digital Marketing ? Apakah Memasarkan produk pada sosial media juga termasuk ? Bagaimana jika memasarkan produk dengan radio ?
Sebelum mengetahui lebih lanjut jenis-jenis Digital Marketing, mari kita analisa kembali apa maksud dari kata tersebut, apa saja yang terkandung di dalamnya, serta bagaimana menggunakannya untuk membuat bisnis anda menjadi maju
Pengertian Digital Marketing
Pada umumnya Digital Marketing adalah segala jenis aktifitas marketing (pemasaran) yang menggunakan media elektronik seperti internet.
Digital Marketing jelas mewakili semua aktifitas marketing secara online. Namun, mengandung beberapa aktifitas yang bersifat offline juga. Mengapa demikian ? Berikut adalah Jenis-jenis Digital Marketing yang bisa kamu Implementasikan pada bisnis kamu.
1. Content Marketing
Content Marketing adalah jenis Digital Marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar atau pengunjung. Tujuan utama dari kontennya ialah menarik aksi menguntungkan dari para customer yang memiliki potensial.
Contoh Content marketing antara lain :
- Postingan Blog
- Video
- Podcast
- Studi Kasus
- E-Book
2. Search Engine Optimization (SEO)
SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mendapatkan traffic berkualitas baik yang secara gratis, maupun berbayar.
Jika kamu bertujuan menarik banyak pengunjung, kamu diharuskan mengoptimalisasi konten seperti menentukan kata kunci yang relevan untuk judul, deskripsi, isi website, serta membangun backlink yang relevan. Tanpa hal ini website anda akan sulit di temukan pengunjung.
SEO merupakan komponen penting dalam digital marketing, dengan stabilnya alur pengunjung pada website, tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih.
3. Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil Mesin pencarian (SERPs) seperti google, Yahoo, dan Bing.
Search engine marketing juga dikenal sebagai pencarian berbayar (Paid Search), klik berbayar (Pay per Click), atau iklan pencarian berbayar (Paid search adversiting). Kamu hanya perlu melakukan bid pada kata kunci yang digunakan pengunjung pada mesin pencari saat mencari suatu produk atau informasi.
Sehingga ketika muncul hasil pencarian, website atau iklan kamu akan muncul.
Bisa dilihat pada URL dari hasil pencarian google terdapat tanda “Ad”. Hal ini menandakan bahwa website tersebut menggunakan Paid Search Google Adwords dimana google akan meletakan website tersebut pada halaman teratas hasil pencarian.
Kursus internet Marketing Terbaik
4. Social Media Marketing (SMM)
Simpel kata, Sosial Media Marketing mengacu pada penggunaan platform media sosial untuk menarik pelanggan. Dengan menggunakan sosial media, kamu dapat membangun hubungan harmonis dengan pelanggan.
Sosial Media Marketing meliputi mendengarkan keluhan pelanggan, memulai percakapan dengan mereka, dan berbagi informasi.
Umumnya media sosial yang paling sering digunakan untuk memasarkan produk yaitu :
Ketiga Media diatas sangat mendominasi pasar saat ini dan sangat cocok untuk memasarkan produkmu untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.
5. Pay – Per – Click Advertising (PPC)
Pay per click adalah sejenis model pemasaran seperti Google Adwords dimana anda sebagai pengiklan membayar untuk setiap orang-orang yang berkunjung ke website kamu.
Besaran tarif per klik nya bisa kamu tentukan sendiri atau mengikuti rekomendasi yang diberikan. Semakin tinggi biaya per klik nya, semakin besar pula iklan website kamu tampil di halaman teratas.
Baca Juga :
- bagaimana pencarian suara dan ai percakapan mengubah seo
- data produk kecantikan Terlaris di E-Commerce
6. Email Marketing
Email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang banyak diminati. Singkat kata, Email marketing menggunakan Email sebagai media promosi suatu produk atau jasa.
Kalau kamu telusuri lebih dalam, email marketing juga berfungsi menjalin hubungan dengan para customer. Idealnya, email yang dikirim kepada customer bukan hanya sekedar interaksi sosial, namun harus meninggalkan kesan menarik kepada mereka mengenai produk yang kamu tawarkan
Banyak hal yang dapat mendukung strategi email marketing kamu, mulai dari konten yang kamu buat sendiri hingga waktu ketika mengirim email tersebut. Satu hal yang pasti, Email marketing jauh dari kata mati dan pastinya wajib dijadikan salah satu Strategi Marketing kamu.
7. Instant Messaging Marketing
Instant Messaging Marketing atau lebih dikenal Marketing via pesan singkat adalah tren komunikasi terkini. Lebih dari 1,5 Miliar orang secara global menggunakan Whatsapp, diikuti Facebook Mesengger, dan WeChat.
Metode pemasaran seperti ini terbilang laris mulai dari beberapa tahun yang lalu. Kamu pastinya sering mendapatkan Pesan singkat via Whatsapp yang berisi promosi suatu barang atau jasa.
Caranya pun terbilang mudah karena kamu hanya perlu melakukan pesan broadcast kepada nomor-nomor yang ada di aplikasi tersebut.
Ada lebih dari 7 jenis digital marketing. Namun, ketujuh jenis diatas memberikan titik awal yang solid bagi kamu. Tidak perlu mencoba semuanya. Cukup pilih salah satu yang cocok untuk bisnismu. Lakukan eksperimen, dan analisa hasil yang tampil.