SEO Internasional adalah salah satu strategi pemasaran yang paling sulit dilakukan, baik pada tingkat teknis maupun kreatif.

Dengan setiap target pasar yang kamu tambahkan, tingkat kerumitan dalam mengelola kehadiran pencarian internasional juga akan meningkat. Ini juga berpotensi meningkatkan risiko kesalahan kritis yang dapat merusak peringkat website kamu.

Masalah teknis hampir tidak bisa dihindari dengan SEO internasional, tetapi cara kamu mengatasinya lebih penting lagi.

Berikut adalah lima alasan mengapa strategi SEO internasional kamu tidak bekerja dengan baik.

  1. Kendala Teknis

Kendala teknis SEO bisa jadi tantangan yang rumit. Anggaplah websitemu merupakan website Internasional dengan banyak jenis bahasa. Disini kamu harus benar-benar tepat menautkan satu laman ke laman lain sesuai versi bahasanya masing-masing.

Selain itu juga, penyebab adanya kendala teknis SEO biasanya dipengaruhi oleh :

  • Struktur domain yang buruk
  • Struktur URL yang buruk
  • Konflik Sitemap XML
  • Penggunaan tag yang salah
  • Sinyal hreflang bercampuran
  • Konflik IP, cookie, CloudFlare atau VPN
  • Konten duplikat
  • Kanonisasi yang terlalu agresif
  • Tautan internal / masalah navigasi

Domain dan struktur URL yang buruk adalah dua masalah SEO internasional yang paling umum terjadi. Parahnya lagi keduanya merupakan masalah kritis yang sangat mahal untuk diperbaiki.

Misalnya saja, pada kasus Netflix mengalami masalah pengindeksan utama pada tahun 2017 karena struktur domainnya menyebabkan masalah dengan pengiriman konten ke pasar yang berbeda.

 

  1. Strategi Konten Yang Belum Dilokalisasi

Meskipun aspek teknis SEO internasional rumit, setidaknya banyak yang mengalaminya dan banyak pula solusi pemecahannya.

Namun, satu area yang tidak mendapatkan perhatian yang layak adalah konsep pelokalan strategi konten untuk penonton di setiap bahasa dan lokasi yang berbeda.

Kebutuhan dan minat audiens di pasar yang berbeda sangat bervariasi, bahkan dalam bahasa yang sama (misalnya: Inggris vs AS), dan kamu harus memecahkan masalah ini dalam konten jika ingin setiap audiens mengambil tindakan.

Ini juga akan menyelesaikan banyak masalah konten duplikat potensial kamu di kemudian hari.

 

  1. Loading Time Yang Lambat

Loading time (Waktu pemuatan laman)  menjadi semakin penting untuk SEO karena Google menganggap kecepatan muat website sebagai sinyal penentu peringkat.

Lamanya Waktu pemuatan bisa jadi terjadi karena jarak antara pengguna dan lokasi server kamu yang jauh, meninggalkan sedikit margin untuk kesalahan.

Berikut adalah beberapa solusi untuk memecahkan masalah loading time yang lambat :

  • Gunakan layanan hosting terbaik
  • Gunakan server lokal untuk domain ccTLD, jika memungkinkan
  • Gunakan Content Delivery Network(CDN)
  • Kurangi permintaan server
  • Hindari Redirectjika memungkinkan
  • Penyederhanaan JavaScript
  • Kompres file kode
  • Optimalkan gambar dan file media lain
  • Izinkan cache pada  browser
  • Optimalkan waktu pemuatan

Menurut laporan kecepatan halaman dari Unbounce pada tahun 2019, hanya 3% pemasar yang mengatakan waktu muat adalah prioritas utama mereka. Padahal waktu pemuatan laman website sangat penting untuk prospek bisnis digital.

 

  1. Terlalu Fokus Pada Geo-Targeting

Geo-targeting memang menjadi cara terbaik untuk mengarahkan pengguna ke versi situs web kamu yang benar, meskipun mereka mengetikkan URL yang berbeda (misalnya: situskamu.com> situskamu.co.id). Namun, penting untuk memahami batasan strategi ini dan skenario kegagalannya.

Orang-orang pergi berlibur, bekerja di luar negeri, tinggal di luar negeri, atau menggunakan VPN untuk menutupi lokasi mereka.

Beberapa orang tidak berbicara bahasa nasional dari negara tempat mereka tinggal atau tinggal di negara dengan banyak bahasa nasional.

Jadi, disini kamu  perlu mencadangkan penargetan geografis dengan UI yang dapat diakses untuk mengubah pengaturan lokasi, bahasa, dan mata uang jika relevan.  Dan mempertimbangkan fakta bahwa pengguna mungkin perlu mengubah pengaturan ini tanpa memahami bahasa default.

 

  1. Kesalahan Penerjemahan Kata

Meski ada banyak tema wordpress dan lusinan platform pembuatan web yang mengkalim bisa menterjemahkan bahasa sesuai keinginan, tetapi nyatanya tidak berhasil seperti kelihatannya.

Pertama-tama, ini karena terjemahan bukanlah solusi tepat untuk membuat halaman multibahasa.

Di bagian kedua artikel ini, kita berbicara tentang pelokalan strategi konten kamu dan ini mengharuskan kamu untuk membuat konten asli dalam setiap bahasa target.

Disini bukan berarti kamu tinggal menerjemahkan satu konten (bahasa A) ke jenis bahasa lainnya secara otomatis (seperti menggunakan Google Translate). Melainkan kamu harus mengemasnya kembali sesuai tata bahasa dari jenis bahasa yang ditargetkan.

Untuk solusinya kamu bisa menyewa jasa penerjemah profesional yang siap menyampaikan konten kamu sesuai tata bahasa dari negara yang diinginkan. Agar nantinya tingkat kualitas konten tetap sama (penting untuk SEO) di setiap bahasa yang kamu tawarkan.

 

Sumber : https://www.thedrum.com/profile/vertical-leap/news/5-reasons-your-international-seo-isnt-working