tools cek seo

Dari sekian banyak jenis digital marketing, SEO merupakan jenis yang cukup diminati oleh banyak pebisnis. Selain sangat efektif untuk mendatangkan calon pembeli, SEO bukanlah merupakan jenis digital marketing berbayar, hanya membutuhkan beberapa tools untuk menunjang optimasinya berjalan dengan baik.

Tools cek SEO adalah salah satu tools yang wajib dimiliki saat menjalankan strategi SEO. Dengannya, kita bisa dengan mudah mengetahui posisi ranking website kita di search engine (misalnya Google), sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk segala analisis yang harus dijalankan.

Tools untuk cek ranking website yang terbaik ialah yang memiliki beberapa fitur dasar, seperti jumlah backlink, jumlah referral domains, jumlah organic traffic, posisi ranking semua keywords, halaman yang paling sering dikunjungi users melalui Google serta masih banyak lagi yang lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 7 tools cek SEO (ranking website di Google) yang punya beberapa fitur dasar tersebut.

 

1. Google Search Console

Tools cek SEO yang pertama adalah Google Search Console (GSC). Tools ini seperti sudah menjadi wajib dipasang di setiap website yang ingin menjalankan optimasi SEO, tidak peduli apa kategori dari web tersebut, entah itu portal berita, sosial media, bisnis, landing page, toko online, ecommerce ataupun yang lainnya.

Mengacu dari website resminya, GSC adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah ranking website Anda di hasil Google Penelusuran.

Kenapa search engine yang kita bahas selalu Google? Karena, jumlah market share dari sekitar 197 juta pengguna internet di Indonesia, 97% diantaranya lebih memilih menggunakan Google dibandingkan Bing, Yahoo! ataupun yang lainnya. Angka yang besar untuk membangun sebuah bisnis, kan?

google search console

Anda bisa lihat melalui gambar di atas, GSC memiliki sejumlah fitur yang benar-benar dibutuhkan bagi digital marketer dan web developer, antara lain performa keywords, performa halaman, kecepatan web, technical SEO, sitemap SEO, AMP (Accelerated Mobile Pages) dan lain-lain.

Karena tools ini milik Google, maka saat ada pembaharuan algoritma dan cara kerja search engine, GSC sudah tentu akan menyesuaikan dengan konsepnya dan memperbaharui ranking web Anda secara real-time (atau maksimal 1 hari yang lalu).

2. Google Analytics

Tools yang kedua masih berasal dari Google, tapi kali ini lebih universal. Google Analytics (GA) adalah tools analisis website (gratis) yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda menganalisa aktivitas pengunjung website secara mendalam.

Meski bersifat universal, GA bisa benar-benar membantu mengecek performa SEO dengan memilih organic traffic sebagai segment dari data yang ditampilkan.

google analytics

Secara sederhana, organic traffic didefinisikan sebagai pengunjung yang masuk ke website melalui pencarian di search engine dan bukan dari iklan.

Anda bisa mengunjungi beberapa artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut cara menggunakan Google Analytics:

3. Dimia.id

Dimia.id adalah tools SEO dan market riset terbaik buatan anak bangsa yang pernah berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan sebagai juara 1 dalam lomba Comptech Artificial Intelligence & Big Data Analysis.

Tools ini menawarkan tampilan serta cara penggunaan yang mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya dapat dimengerti meskipun digunakan oleh pemula.

Hanya dengan menyisipkan URL web di dalam menu Domain Overview, kita akan disuguhkan dengan beberapa data penting terkait performa SEO yang telah dijalankan.

tools SEO dimia

Jauh lebih dari itu, Dimia juga memiliki performa yang bagus untuk melakukan beberapa hal penting dalam menjalankan optimasi SEO, antara lain:

  • Melakukan keyword research.
  • Melihat jumlah organic keyword yang punya performa bagus.
  • Melihat jumlah organic traffic tiap bulan melalui angka dan grafik.
  • Melihat halaman web yang performa SEO-nya paling bagus.
  • Melihat jumlah backlink yang sudah pernah didapatkan beserta detailnya.
  • Melihat kecepatan website dari device dekstop dan mobile.

Bila Anda perlu melakukan riset SEO dari web kompetitor, Dimia juga dapat diandalkan. Anda hanya cukup membayar biaya langganan mulai dari Rp249.000 per bulan untuk mendapatkan versi pro. Harga tools SEO paling murah sejauh ini.

4. Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight (PSI) adalah tools yang akan melaporkan kecepatan loading halaman web di perangkat mobile dan desktop, dan memberikan saran tentang cara meningkatkan kecepatannya tersebut.

Banyak pemilik situs web sering meremehkan pentingnya parameter kecepatan loading website. Faktanya, 90% users akan meninggalkan website kalau selama 5 detik halaman web tersebut tidak tampil sepenuhnya.

Bagi pemilik bisnis UMKM, kalau kecepatan loading web Anda lambat, maka sudah bisa dipastikan SEO Anda akan berjalan dengan buruk. Kenapa loading web lambat membuat SEO menjadi buruk? Karena, seperti yang kita pelajari dalam serial belajar SEO, SEO adalah optimasi yang fokus pada melayani users dengan baik.

Apa jadinya kalau loading web lambat? Users akan merasa web Anda tidak layak untuk dikunjungi. Ketika users sudah beranggapan seperti itu, maka Google pun akan menganggapnya begitu. Google mengetahuinya melalui laporan yang mereka dapatkan dari Google Analytics.

Usahakan untuk menjaga kecepatan skor kecepatan web Anda berada di angka lebih dari 50 seperti yang telah dilakukan oleh Tokopedia pada gambar berikut.

google pagespeed insight

5. Ahrefs

Ahrefs dikenal sebagai pemeriksa otoritas backlink, tetapi lebih dari itu. Alat pemasaran digital ini memberikan informasi berharga tentang backlink dan SEO. Ini menawarkan fitur SEO seperti pemantauan peringkat dan alat kata kunci

Lebih dari itu, Ahrefs mampu memberikan informasi berharga tentang performa SEO website melalui fitur pemantauan ranking web, keyword research, kompetitor terberat dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan, Anda bisa menemukan ide konten artikel blog dan Youtube dengan sangat mudah.

ahrefs

Tidak sedikit pakar SEO yang merekomendasikan kita untuk menggunakan Ahrefs karena fitur-fiturnya tersebut. Tapi, kita harus membayar paket langganannya yang tidak murah, dimulai dari $99 (sekitar Rp1,4 juta) per bulan.

6. SEMRUSH

SEMRUSH adalah tools digital marketing yang bisa dimanfaatkan untuk SEO, PPC, sosial media dan channel marketing yang lainnya. Fitur-fitur di dalamnya cukup mirip dengan apa yang dimiliki oleh Ahrefs, hanya sedikit lebih teknis.

seoquake

SEMRUSH cukup bisa diandalkan buat Anda yang bisnisnya berjalan multinasional karena ada berbagai pilihan bahasa saat Anda menggunakannya. Tapi, harga dari SEMRUSH ini cukup mahal, perlu biaya langganan $199 (Rp 1,7 juta) per bulan. Apakah menurut Anda ini worth it? Keputusan tentu ada di tangan Anda sendiri.

7. Extension SEOquake

SEOquake adalah extension SEO yang berjalan di browser untuk melihat performa seperti apa yang sudah didapatkan dari sebuah web. SEOquake bisa menampilkannya secara real-time semua data melalui navigasi bar saat Anda berada di dalam web tersebut.

Uniknya, SEOquake bisa menampilkan berbagai macam data yang sebenarnya dihasilkan oleh lebih dari 1 tools, mulai dari Google Index, Alexa, SEMRUSH, Bing Index, hingga Facebook Signal

seoquake

Itu dia 7 tools untuk melihat peringkat website di Google yang menawarkan banyak fitur berguna dan bisa digunakan untuk mencapai hasil dari optimasi SEO yang paling maksimal. Tidak semua tools harus Anda miliki, minimal gunakanlah 3 teratas atau yang menurut Anda paling bermanfaat.