personal branding

Tidak hanya sebuah produk atau perusahaan yang memiliki branding di depan umum, seorang individu, seperti Anda dan saya, juga punya kesempatan untuk membangun branding yang biasa disebut dengan personal branding.

Personal branding akan sangat membantu kita menjelaskan tentang apa tujuan hidup kita, apa yang kita lakukan sehari-hari dan apa yang membuat kita lebih unik dibandingkan orang lain.

“Ohhh Rendy Andriyanto si aktif yang suka nulis digital marketing itu ya?”

“Dia tuh pinter banget nggambar, liat nih portofolionya di Instagram”

“Wah udah cantik, pinter, aktif juga menjadi relawan musibah ya”

Tidak hanya sampai disini, personal branding juga akan sangat membantu Anda ketika ingin menjalankan peluang bisnis, melamar pekerjaan sampai menulis resume masuk ke perguruan tinggi. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang hal ini.

 

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah bentuk komunikasi dan cara Anda mempromosikan diri sendiri kepada orang lain dengan mengkombinasikan antara pengalaman, skill dan kepribadian dari dalam diri.

Kita menggunakan personal branding sebagai bentuk untuk membedakan diri kita dari orang lain. Bila direncanakan dan dieksekusi dengan baik, personal branding akan membantu kita dalam berkarir dan menjalankan bisnis.

Kita bisa mengabaikan personal branding dan memilihnya terbentuk secara organik sesuai dengan pandangan orang lain. Karena memang personal branding sudah pasti dimiliki oleh semua orang, bedanya kita memilih untuk direncanakan atau dibiarkan.

Pada zaman sebelum internet populer di Indonesia, personal branding hanya dibangun melalui kartu nama bisnis. Kecuali, jika Anda adalah seorang yang terkenal dan punya banyak coverage di media koran, televisi, atau menjadi entertainer.

Setelah internet datang dan menjadi populer di Indonesia, semua orang punya kesempatan besar untuk membangun personal branding melalui berbagai channel marketing, seperti Instagram, Facebook, blog, Youtube, podcast ataupun yang lainnya.

Tidak ada batas lagi siapa orang yang berhak membangun personal branding dengan kuat, mulai dari pemilik bisnis, influencer, content creator, streamer, pekerja profesional, bahkan mahasiswa sekalipun.

Rio Purba merupakan salah satu orang yang mampu menerapkan personal branding sebagai brand designer dengan sangat solid dan kuat, membuat dia memiliki banyak followers. Dan dapat dipastikan, mayoritas orang yang sedang belajar atau aktif sebagai designer akan mengenal Rio Purba.

personal branding rio purba

Ingin melihat contoh personal branding yang lebih luas lagi? Mari kita lihat Elon Musk, sosok dibalik brand Tesla. Nama Elon Musk sudah tercatat di publik berskala internasional layaknya brand Coca Cola. Sekalipun Anda tidak tertarik dengan teknologi, bisa dipastikan Anda mengenal siapa Elon Musk ini.

personal branding elon musk

 

7 Keuntungan Memiliki Personal Branding yang Solid

Personal branding adalah tentang memutuskan untuk mengambil peran aktif dalam arah hidup Anda. Anda mendapat manfaat dari menciptakan personal branding karena memungkinkan Anda untuk mengatur hidup Anda sendiri dan berhenti bergantung pada orang lain untuk melakukannya untuk Anda.

Berikut 7 keuntungan memiliki personal branding yang solid:

  1. Membantu Anda lebih mudah terkenal.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri karena Anda tidak menunjukkan sebagai ahli segala hal, tapi hanya ahli dalam 1 hal penting.
  3. Membantu Anda membangun koneksi dengan orang-orang penting.
  4. Menjadi unik dan punya kredibilitas bagus.
  5. Membantu Anda fokus pada topik konten seperti apa yang akan diposting ke sosial media.
  6. Lebih mudah dicari oleh perusahaan yang membutuhkan orang yang cocok untuk posisi yang mereka butuhkan.
  7. Peningkatan skill yang fokus pada satu bidang.

 

4 Tips Utama dalam Membangun Personal Branding

Baik dalam bersosialisasi maupun kebutuhan profesional yang sesuai target market, personal branding sangat membantu dan perlu ditonjolkan saat ada di beberapa kondisi. Inilah 4 tips utama untuk membangun personal branding yang unik, solid dan mengundang ketertarikan.

1. Fokus pada satu topik yang sangat spesifik

Adam Smiley Poswolsky, millennial workplace expert dan penulis The Breakthrough Speaker mengatakan bahwa personal brand terbaik adalah personal brand yang sangat spesifik. Begitu juga dengan Juan Felipe Campos, VP of tech and partner di Manos Accelerator yang menyampaikan, “Jaga pesan dan konten Anda konsisten dengan satu topik khusus agar mudah diingat dalam komunitas yang ditargetkan.”

Semakin sempit dan fokus personal brand Anda, semakin mudah orang mengingat siapa Anda. Dan ketika tiba saatnya untuk merekrut seorang pembicara atau karyawan baru, Anda lah yang akan mereka ingat.

2. Jujurlah pada kemampuan Anda

Bersikaplah jujur pada setiap kali Anda membangun reputasi dan persona. Karena, kejujuran akan menjadi filter terbaik bagi users untuk menentukan apakah Anda sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak.

Influencer, streamer, dan siapapun yang sering muncul di internet tapi tidak punya karakteristik yang menonjol akan sulit mendapatkan followers yang lebih loyal dibandingkan yang punya karakteristik.

3. Konsisten dengan yang sudah Anda mulai

Anda harus menunjukkan konsistensi di seluruh komunikasi, platform dan penampilan Anda. Jangan meremehkan bagaimana inkonsistensi kecil dapat menggagalkan efektivitas branding diri Anda.

Branding adalah investasi jangka panjang yang hasil dan impact-nya akan Anda rasakan tidak dalam waktu dekat, mungkin 1 atau 2 tahun yang akan datang. Tanpa konsistensi, semua yang Anda lakukan akan sia-sia.

4. Sampaikan dengan Storytelling

Strategi personal branding yang paling efektif saat ini adalah membangun narasi dan sebuah cerita sebagai sudut pandang orang pertama. Bukan lagi tentang mendengarkan Anda berteriak tentang semua unique selling proposition (USP) dalam menjalani topik tersebut.

Anda bisa membagikannya dalam bentuk content marketing, video, podcast ataupun jalan lain yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan dan tidak perlu terlalu banyak skill dalam pembuatannya.

 

Penutup

Personal branding membuat Anda jadi lebih unik dibandingkan orang lain. Kunci kesuksesannya terletak pada konsistensi Anda dalam menyampaikan pesan. Sekarang, tampillah dan layani koneksi Anda dengan segala cara yang mungkin dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda layak berinvestasi menjadi orang yang menonjol.