Masa pandemik memang menyerang banyak sektor industri dan tidak sedikit dari mereka yang lebih memilih menutup usahanya. Padahal jika mereka tahu trik maupun tipsnya, bisnis mereka tidak perlu gulung tikar bahkan bisa lebih menguntungkan saat pandemik.

Kalau bisnismu berupa toko fisik (Brick And Mortar), atau meeting dengan pelanggan, maka kini saatnya mengevaluasi ulang strategi bisnismu.

Seiring masa Lockdown, dan orang-orang dipaksa untuk tinggal dirumah, maka teman terbaik mereka yakni Internet. Manfaatkan peluang ini dengan mentransformasi bisnismu menjadi digital.

Pertanyaan Penting Ketika Bertransformasi Ke Bisnis Digital

  • Apakah bisnismu sebelumnya memiliki website atau platform lain di Internet ?
  • Sudahkah kamu mengimplementasi PPC (Iklan berbayar) ?
  • Adakah kampanye sosial media yang kamu lakukan sebelumnya ?
  • Jika sudah memiliki website, sudahkah dioptimasi elemen SEO nya ?
  • Apakah websitemu ramah pengguna, dan mudah dinavigasi ?

Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang cukup penting ketika kamu beralih ke bisnis digital. Karena sangat berkaitan dengan Website maka ada baiknya kamu mulai membangunnya jika sebelumnya tidak punya.

Selain lebih aman menjalankan bisnis secara online, disaat yang sama jangkauan pelanggan kamu akan lebih luas lagi karena memanfaatkan platform internet.

 

Cara mengidentifikasi, Mengimplementasi, dan Optimasi Kanal Penjualan Baru

Dengan social distancing sebagai tindakan pencegahan untuk mengatasi krisis, menginvestasikan atau mengalokasikan kembali sumber daya ke saluran penjualan yang berbeda mungkin merupakan peluang yang sebelumnya kamu abaikan, tapi kini wajib kamu terapkan.

Berikut ini terdapat 6 ide agar penjualan kamu lebih efektif lagi di dunia digital :

  • Membangun fungsionalitas E-commerce di situs web kamu guna memudahkan proses jual beli produk atau jasa
  • Pastikan kamu memberikan layanan antar barang yang cepat ketangan pembeli
  • Tambahkan fitur booking virtual agar pelanggan mudah
  • Menawarkan Webinar sebagai pengganti seminar biasa
  • Implementasi sistem chat secara online pada situs web agar pembeli bisa mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawabannya dengan cepat
  • Buat laman khusus untuk Sesi tanya jawab (FAQ) dimana didalamnya berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering pengunjung tanyakan.

Bila dilaman websitemu juga terdapat blog, maka pertimbangkan untuk memuat konten yang informatif dan edukatif. Sebarkan konten tersebut di berbagai platfom sosial media guna mencapai sumber traffic yang lebih luas lagi.

 

Cara Membangun Hubungan Yang baik dengan pelanggan

Kalau sebelumnya kamu tidak mengalami masalah dalam menjalin hubungan dengan pelanggan maka kini akan berbeda karena kamu tidak bertemu langsung dengan mereka. Pada dunia digital semua proses komunikasi tidak terjadi secara fisik melainkan digital.

Perbedaan inilah yang menciptakan cara baru untuk membangun hubungan dengan pelanggan secara online. Berikut ini ada 6 tips untuk kamu untuk membangun relasi dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka :

  • Memberikan konten yang informatif, relevan, dan konsisten untuk pelanggan
  • Permudah pelanggan untuk menghubungi kamu. Ini bisa kamu lakukan dengan cara memberikan layanan Customer service cepat tanggap, memprioritaskan chating online dengan pelanggan (Tidak dengan bot), Mengatur pertemuan online dengan platform video konferensi seperti Zoom.
  • Perdalam hubungan dengan pelanggan melalui penawaran produk atau jasa baru
  • Terlibat langsung dengan kanal pelanggan. Misalnya pelanggan menggunakan Facebook, maka layani mereka diplatform yang sama. Jika melalui email maka gunakan platform email pula.
  • Cepat tanggap dalam pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Jika bisa maksimal kamu harus bisa menjawab dalam waktu kurang dari 5 menit setelah mereka mengajukan pertanyaan.

Dalam membangun bisnis digital, pertimbangkan pula untuk menggunakan tools-tools yang bisa memudahkan alur bisnismu. Cari dan pilih teknologi marketing yang menurutmu bisa melebarkan bisnis selama pandemik.

Kordinasikan tools-tools tersebut dengan semua lapisan managemen yang ada didalam bisnismu supaya efisiensi bisnismu ikut meningkat pula.

Sumber :360integralmarketing.com