Tahun 2021

Prediksi Trending SEO di Tahun 2021, Menurut Pakar Webmaster Google.

Baru-baru ini, Webmaster Senior Google, John Mueller menjelaskan bahwa Google membuat banyak perubahan algoritma setiap tahun.

Sebagian ada yang berupa pembaruan inti web (Web Core Vital), dan yang lainnya hanya berupa perubahan kecil saja.

Tapi yakinlah, sekecil apapun itu Mueller percaya bahwa tidak ada yang boleh diabaikan sebab semuanya pada akhirnya nanti berkontribusi pada hasil SEO jangka panjang yang lebih baik.

John Mueller juga memberikan beberapa bocoran bahwa Google saat ini sedang focus pada mempromosikan pengindeksan situs web yang ramah seluler terlebih dahulu, lalu meyusul dengan pembaruan Web Core Vital yang diharapkan pada Mei 2021.

Baca Juga : 

6 Cara Membuat Postingan Bersponsor di Instagram

Selain itu, di tahun 2021 banyak prediksi para ahli membahas beberapa perubahan lain juga peningkatan pada factor peringkat seperti backlink, atau Pengalaman pengguna (UX).

Penasaran apa saja lengkapnya ? berikut ulasannya.

Pengalaman Pengguna (User Experience UX)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Google Web Core Vital akan menjadi salah satu dari 3 perubahan besar yang akan diterapkan oleh Google. Ia meliputi 3 aspek dalam suatu situs web, yaitu :

  • Kecepatan Memuat (Loading Speed) situs Web
  • Responsifitas situs web di berbagai perangkat
  • Dan tingkat stabilitas situs web saat proses memuat (Loading)

Ketiga faktor ini nantinya dikombinasikan dengan pengalaman pengguna yang sudah ada seperti  seberapa Mobile-Friendly situs web kamu,

ada tidaknya pesan pop-up yang mengganggu pengunjung, sampai seberapa aman situs kamu berkontribusi besar pada pengalaman pengguna nanti.

Seperti yang digaris bawahi oleh Brian Dean, pendiri Backlinko bahwa dengan pembaruan web vitals inti, Google akan berinvestasi lebih banyak ke dalam pengalaman pengguna.

Dean juga meyakini, ke depannya Web core vitals akan berkembang dan dari 3 faktor saja menjadi 10 atau bahkan lebih.

Baca Artikel Lainnya :

Backlinks

Membangun Backlinks diprediksi akan tetap menjadi faktor utama SEO di tahun 2021. Jadi kalau kamu ingin mulai membangun link ke situs dengan otoritas domain yang tinggi, pastikan agar tidak bersifat spamming dan konten kamu relevan dengan situs web yang kamu tuju.

Sebagai bantuan, kamu juga bisa menggunakan salah satu Tools Backlink baik dari luar negeri seperti Semrush, Ubersuggest, atau Ahrefs. Atau yang berasal dari dalam negeri seperti Dimia.id.

Disana nanti kamu bisa melihat seberapa banyak backlink yang kamu miliki, kepada dan dari siapa backlinks tersebut tertuju / berasal, serta seberapa berkualitas backlink tersebut.

 

Pemasaran Konten (Content Marketing)

Membuat konten yang lebih nyata, manusiawi, dan memiliki tujuan yang jelas akan membuat konten kamu menonjol dari para pesaing.

Ann Handley, Seorang penulis terlaris dan spesialis pemasaran konten menggarisbawahi bahwa dalam hal pemasaran konten, kamu harus memiliki nada suara dan kepribadian sendiri .

Artinya menunjukkan kepada pelanggan dan prospek siapa kamu sebenarnya tetapi juga menceritakan kisah internal yang kuat kepada karyawan kamu.

Selain harus dikemas secara unik dan menarik, konten kamu juga harus mudah ditemukan orang lain. Dan disinilah taktik SEO seperti kata kunci dan backlink memainkan perannya. Keduanya bisa memudahkan konten kamu ditemukan oleh audiens yang kamu targetkan.

Bahkan Neil Patel, seorang pakar SEO percaya bahwa Pemasaran Konten dan SEO saling bersinergi dan membutuhkan satu sama lain untuk bertahan.

Selain itu, Mesin telusur (Search Engine) lebih suka konten baru, itulah mengapa penting untuk mengunggah konten baru secara konsisten. Meluangkan waktu untuk memperbarui konten yang ada juga sama pentingnya dan dapat membantu kamu menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

 

Sumber : techbullion.com

 

 Baca Artikel Selanjutnya,

40 Kategori Produk Paling Laris di Marketplace 2020