Riset Produk

Riset produk merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan penjualan. Riset produk sangatlah penting untuk dilakukan, karena ide produk terbaik sekalipun tidak ada artinya jika kita tidak mengetahui siapa target pasar kita.

 

Riset Produk

Apa itu riset produk? 

Riset produk merupakan suatu kegiatan mengumpulkan informasi tentang data dari suatu produk, yang bertujuan untuk arah pengembangan, dan solusi mana yang harus Anda tawarkan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Riset produk dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pasar serta memahami apa yang calon pembeli inginkan.

Mengapa Melakukan riset dan analisa produk penting ?

Jika Anda tidak mengetahui apa yang diinginkan oleh calon pembeli anda terkait produk yang akan anda pasarkan, bahkan ide Anda yang paling cemerlang pun berisiko gagal jika anda tidak melakukan riset dan analisa produk terlebih dahulu. Berikut tahapan untuk melakukan riset produk yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan penjualan : 

Riset Produk

1. Tentukan Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

produk Anda yang akan anda jual harus bisa memecahkan problem yang sedang dialami oleh pelanggan, tetapi bagaimana melakukannya jika Anda tidak tahu masalah apa yang mereka hadapi? Riset produk membantu Anda mengumpulkan data dan wawasan perilaku untuk memahami masalah pengguna dan membangun solusi yang mereka butuhkan.

2. Menyesuaikan Produk yang dibuat sesuai  kebutuhan Pelanggan

Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan bagaimana mereka bisa menyesuaikan dengan produk yang anda tawarkan

3. Mengembangkan dan Mewujudkan Ide Produk

Ketika Anda memiliki kejelasan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan, Anda dapat menemukan cara inovatif untuk memecahkan masalah mereka dan membuat produk yang akan mereka sukai.

4. Mendapatkan keunggulan Produk

Melakukan analisis pesaing akan membantu Anda memahami cara membedakan produk Anda dengan produk yang dijual kompetitor, yang dapat membantu Anda memutuskan fitur apa yang akan dibuat.

 

Baca Juga :

5 Cara Meningkatkan Penjualan

Apa Itu Metaverse dan Manfaatnya

Cara Melakukan Analisa Produk Menggunakan dimia.id

Untuk Melakukan analisa Produk anda harus masuk ke Menu Marketplace kemudian klik menu riset Produk. dengan menggunakan dimia kita bisa mengetahui peluang dan besarnya pasar, serta kita mengetahui persaingan terkait produk yang akan kita jual.

LSP Digital Marketing

 

Dengan dimia.id kita bisa lihat data produk yang dijual oleh kompetitor , Mulai dari foto yang digunakan, judul produk serta Harga produk yang mereka tawarkan

 

LSP Digital Marketing

 

source :  https://dimia.id/blog