bisnis

Saat kamu ingin terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang lebih pribadi, suara memungkinkan pendengar untuk mendengar emosi di balik kata-kata yang kamu ingin sampaikan.

Dan Podcast dapat menjadi alat utama dalam strategi pemasaran digital perusahaan. Untuk kamu yang memiliki target audiens yang juga suka mendengarkan radio, maka Podcast adalah tempat terbaik untuk bisnismu.

 

Apa itu Podcast ?

Wikipedia mendefinisikannya sebagai “radio on demand”. Podcast adalah program audio yang direkam sebelumnya, diterbitkan di situs web dan tersedia untuk diunduh di komputer pribadi atau perangkat seluler untuk didengarkan ketika pendengar menginginkannya.

Format ini telah menaklukkan banyak orang karena salah satu fitur podcast yang paling menonjol adalah pendengarnya dapat berlangganan. Dengan RSS, pendengar diberi tahu saat podcast baru tersedia, menghilangkan kebutuhan untuk menerapkan kampanye pemasaran baru.

Baca Juga :

Tips Membuat Kampanye Iklan Berbayar dan Sosial yang Efektif 

Selain berbasis audio, Podcast juga bisa diterapkan dengan Video dan diunggah di situs jejaring terkemuka seperti Youtube. Misalnya saja seperti yang kamu tahu, Dedy Corbuzier seorang mentalist terkemuka menuai kesuksesan besar di kanal Podcastnya di Youtube.

Pentingnya Podcast Bagi Marketing Bisnis

Seiring berkembangnya format untuk produksi konten ini, beberapa merek menjadi tertarik dengan nilai yang dapat diberikan podcasting ke bisnis mereka. Podcasting memungkinkan merek untuk berkomunikasi dengan audiens yang tertawan.

Dengan gaya hidup saat bepergian, kekuatan untuk memiliki podcasting sesuai permintaan memungkinkan perusahaan dan merek menceritakan kisah mereka di mana saja dan kapan saja, yang membantu membangun otoritas di industri kamu dan menciptakan merek pendukung di sepanjang jalan.

Seperti di platform lain tempat kamu membuat konten, tentukan siapa yang akan menjadi target audiens kamu di acara podcast kamu.

Tentukan topik apa yang sekiranya menarik dan disukai mereka. Durasi podcast akan ditentukan oleh materi yang dihasilkan dan interaksi dengan pendengar. Cobalah atur dan sajikan waktu maupun format yang berbeda untuk menganalisis mana yang paling disukai audiensmu.

Baca Artikel Lainnya :

Jangan lupa juga untuk menautkan podcast ke blog atau saluran sosial kamu lainnya untuk meningkatkan jangkauan audiens dan partisipasi dengan komunitas bisnismu.

Kalaupun kamu tidak memiliki anggaran biaya untuk memulai podcast sendir, kamu juga bisa menggunakan podcast yang sudah ada. Ajukan pada mereka untuk membuat konten yang berhubungan dengan brand atau bisnismu dan sama-sama menguntungkan.

Tips-Tips Bagaimana Mempromosikan Kanal Podcast

Manfaatkan Kanal Sosial Media Lain

Sudah sewajarnya kalau kamu memasarkan bisnis di suatu platform agar memasarkannya juga di platform lainnya. Hal ini juga berlaku untuk Podcast yang baru saja kamu buat. Kamu bisa membagikan kanal Podcast barumu di platform social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Bahkan LinkedIn sekalipun.

Rilis Setidaknya 3 – 5 Episode Saat Rilis Podcast

Sebuah riset menunjukan bahwa jumlah minimum episode yang harus ada saat peluncuran adalah tiga. Tetapi secara umum, lebih banyak maka lebih baik.

Buat setidaknya 3 saat kamu selesai membuat kanal Podcast lalu konsisten agar terus mengunggah episode baru setidaknya 2 kali dalam seminggu. Tujuannya agar kanal podcast kamu dikenal aktif dan selalu up-to-date

.

Konversi Format Audio Ke Video Youtube

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu juga bisa membuat kanal Podcast di Youtube. Tidak hanya podcaster individu semata, Bahkan banyak perusahaan besar yang melakukan hal ini dan terbukti sukses besar.

  • Keuntungan dari mengkonversi audio ke format video youtube diantaranya :
  • Video untuk dibagikan di media sosial
  • Teks dan transkrip otomatis dari YouTube (bagus untuk aksesibilitas jika Anda tidak akan membuat transkrip)
  • Manfaat SEO

 

Adakan Kontes Giveaway atau Bagi-bagi Hadiah Gratis

Daya pikat barang gratis dan diskon bisa menjadi motivator yang kuat untuk lebih banyak mendengarkan podcast kamu.

TIdak perlu hadiah yang mahal, kamu bisa memberikan hal-hal seperti :

  • Kaos
  • Diskon produk
  • Stiker

Baca Juga : 7 Langkah Mudah Membuat Situs Web Toko Online!

Berikut ini adalah contohnya yang dilakukan Buffer. Mereka membagikan giveaway di acara podcast mereka namun memasarkannya di platform Instagram :

buffer

Mention Podcast Pebisnis atau Individual Lain yang Relevan

Terbilang cara jadul tetapi masih memiliki dampak besar. Dalam acara podcast kamu, disana kamu bisa menyebutkan atau mempromosikan jenis bisnis, influencer, atau podcaster lain yang memang masih relevan dengan bisnismu.

Besar kemungkinan saat mereka melihatnya, mereka juga tidak akan segan-segan mempromosikan bisnis kamu sebagai rasa terima kasih. Metode ini merupakan win-win solution dimana kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

Sumber : buffer.com

 

Baca Artikel Berikutnya,

Pentingnya Brand Awareness pada Iklan Google Ads