content marketing

Jika kamu ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan brand awareness produk kamu. Kamu dapat menggunakan Content Marketing.

Jika kamu ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan brand awareness produk kamu. Kamu dapat menggunakan Content Marketing.

Content Marketing adalah salah satu strategi yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak prospek dengan biaya lebih sedikit. Tapi kamu wajib tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang Content Marketing dan cara memulai kampanye marketing yang sukses.

Apa Itu Content Marketing ?

Marketing adalah tindakan mempromosikan merek dan produk Anda menggunakan berbagai strategi seperti riset pasar dan iklan.

Sedangkan Content Marketing adalah strategi yang menggunakan material kreatif seperti posting di media sosial, video, blog, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Singkatnya, content marketing adalah tentang semakin dekat dengan audiens Anda dengan menyediakan konten yang relevan dan berharga untuk mengatasi masalah yang mereka alami.

Tidak seperti iklan, content marketing tidak secara langsung mengiklankan produk atau layanan. Tujuan content marketing adalah Menganalisa karakter pelanggan, menentukan tema dan topik, membuat dan mempromosikan konten berdasarkan kedua hal tersebut.

Langkah akhirnya yaitu menganalisa dan mengevaluasi performa konten tersebut. Jika hasilnya memuaskan maka bisa dijadikan acuan untuk konten berikutnya. Jika belum berarti ada beberapa hal yang harus diganti misalnya seperti gambar yang digunakan maupun kata-kata didalamnya.

Pentingnya Content Marketing

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan biaya yang sedikit, maka content marketing adalah hal wajib yang harus kamu terapkan. Disamping itu, Content marketing juga bisa memberi dampak positif pada SEO website kamu.

Misalnya saja, Airbnb merupakan salah satu website travel yang menggunakan content marketing dalam kampanye digital marketingnya.

Bahkan pada tahun 2017 Airbnb mengklaim mengalami peningkatan booking hotel sebesar 2500% pada website yang mereka kelola. Meskipun tidak sebesar airbnb, Content marketing pastinya memberi keuntungan yang lumayan bagi bisnis kamu.

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa anda dapatkan dari content marketing :

Impact

Lebih dari 90% bisnis yang ada di dunia membuat konten untuk meraih lebih banyak audiens. Inilah mengapa kamu harus menerapkan content marketing pada bisnis kamu jika ingin berkembang.

Sebagai contoh, Marriott menerapkan strategi content marketing yang hebat dengan Marriott Traveler dan berhasil menarik 3 juta pengunjung pada tahun 2018 yang mana 78% lebih tinggi dari traffic mereka tahun lalu. Plus, setiap kunjungannya telah memicu lebih banyak pendapatan dari pemesanan hotel – hingga 200% dibandingkan tahun 2017.

Jadi, membuat konten yang informatif secara konsisten dapat membantu kamu terlibat dengan lebih banyak orang, membangun brand kamu, dan mendapatkan profit yang menguntungkan.

Hemat Biaya

Baik besar atau kecilnya skala bisnis, content marketing merupakan cara yang hemat biaya untuk mempromosikan suatu produk.

Pertama, kamu dapat membagikan ulang kontenmu di berbagai platform, sehingga menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

Misalnya, FlipKey memiliki blog traveling yang amat baik. FlipKey mengupas tentang semuanya, mulai dari tips perjalanan hingga daftar dimana saja spot travel terbaik. Setelah konten diposting di blog mereka, Flipkey membagikan ulang post tersebut di platform lain seperti Facebook dan twitter.

Semakin baik konten yang kamu buat, maka semakin efektif dampak yang diberikan pada hasil pencarian organik (SEO jangka panjang yang hemat biaya).

Traffic organik adalah tujuan utama setiap pemilik website. Traffic yang bersifat organik tidak membutuhkan biaya sama sekali dalam prosesnya, karena mesin pencari menilai konten berdasarkan tingkat relevansi dan nilai informatifnya.

Sederhananya, orang mencari informasi online menggunakan mesin pencari. Untuk mendapatkan SERP (Search Engine Result Page) yang tinggi, kamu perlu memberikan informasi SEO yang dioptimalkan dan relevan dengan apa yang mereka cari.

Faktanya, 92% dari rata-rata traffic berasal dari halaman hasil pertama Google. Yang mengatakan, memiliki konten yang informatif dan relevan ditempatkan tinggi pada SERP sangat penting. Organic SEO adalah tehnik yang sangat wajib kamu pelajari karena hasil yang diberikan amat besar dan tidak membutuhkan biaya iklan.

Investasi Jangka Panjang

Jika kamu ingin terlibat dengan pelanggan kamu, cobalah membantu mereka untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi sesuai dengan keahlian kamu.

Karena content marketing berusaha mendidik orang melalui informasi yang bisa mereka terapkan sendiri, nah hasilnya ini terbukti ampuh dalam menjalin hubungan dengan calon pelanggan.

Untuk melakukan itu, Content Marketing menggunakan strategi siklus pembelian: Brand awareness (Kesadaran merek), consideration (tahap pertimbangan), dan decision stage (tahap keputusan pembelian).

Tahap pertama siklus pembelian berkaitan dengan upaya membangun audiens secara online. Tahap kedua adalah tentang mengajari orang bagaimana memilih produk terbaik. Tahap terakhir adalah ketika orang memutuskan untuk membeli suatu produk atau tidak.

Content marketing adalah strategi investasi marketing jangka panjang. Hasilnya tidak bisa anda dapatkan secara instan dan membutuhkan proses serta beberapa optimasi tergantung dari target pemasaran kamu.

 

Baca Juga :

Jenis-Jenis Content Marketing

Setelah anda mengetahui pentingnya content marketing, mari kita lanjut ke tahap mengenal jenis-jenis content marketing yang ada.

Blogs

Baik kamu seseorang yang bergerak secara individu atau pada level perusahaan, Content marketing adalah metode yang cocok untuk Anda. Suatu bisnis akan berkembang jika content yang dibuat optimal dan menarik

Blog merupakan platform yang cukup populer. Di amerika saja terdapat lebih dari 31 juta blogger pada tahun 2019. Inilah alasan mengapa Blog merupakan platform yang cocok untuk website individu.

Salah satu blog bisnis yang menggunakan strategi content marketing yang efektif adalah grammary.

Grammarly mencoba untuk terlibat dengan prospek mereka dengan menyediakan artikel yang bermanfaat seperti tips tata bahasa, how-to (Bagaimana cara….), dan Trend penulisan yang sedang marak saat ini.

Newsletter

Newsletter bisa didefinisikan sebagai upaya untuk tetap bisa berhubungan kepada pelanggan melalui email. Bahkan bisa diartikan sebagai publikasi singkat dengan peristiwa terkini.

Newsletter digunakan untuk para pelanggan yang sudah berubungan dengan perusahaan/calon yang memang benar-benar ingin mengetahui informasi terbaru. Tidak hanya memastikan bahwa orang tetap update dengan perkembangan perusahaan.

Tetapi juga dimanfaatkan oleh pemilik toko online untuk menginformasikan suatu produk pada Newsletter terbaru bahkan untuk menginformasikan harga diskon. Oleh karna itu anda dapat mengembangkan portal berbelanja berbasis web dan menempatkan link.

Salah satu newsletter terbaik untuk strategi content marketing berasal dari BarkBox. BarkBox menggunakan gambar tematik tentang kehidupan anjing-anjing yang ada.

Social Media

Media sosial adalah jenis content marketing dengan tingkat engagement (Like, Comment, Share) pengguna tertinggi.

Selain googling untuk blog atau berlangganan newsletter, seseorang hanya perlu mengklik tombol ‘follow’ untuk mendapatkan berita terupdate atau produk terbaru dari suatu akun dimedia Sosial.

Contohnya saja, Go Pro adalah salah satu pengguna strategi content marketing yang bekerja dengan baik dengan mengkampanyekan pemasaran media sosial yang agresif. Mereka dengan gesit memperkenalkan content mereka diberbagai platform media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram.

Dengan strategi ini, GoPro memperoleh pendapatan besar – hingga $ 377 Juta dollar AS pada kuarter 4 di tahun 2018.

Infographics

Infographics atau infografis adalah cara kreatif untuk menyajikan informasi menggunakan desain yang indah.

Ketika orang memahami informasi secara visual dengan lebih baik, penggunaan infografis mampu menghasilkan engagement yang baik. Selain itu, infografis cocok untuk berbagai jenis penerbitan, baik itu secara digital atau cetak, postingan blog atau pembaruan media sosial.

Namun, perlu diingat bahwa jenis content marketing ini terbilang rumit. Pastikan kamu membuat posting yang menarik secara visual.

White Paper

White paper adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menyoroti fitur suatu produk.

Jenis content marketing ini menyajikan bukti faktual berdasarkan penelitian atau tes. Dengan cara ini, pemasar mencoba mempengaruhi audiens mereka untuk membeli produk tanpa menggunakan iklan yang mewah.

Salah satu contoh terbaik dari white paper adalah Microsoft Azure Stack.

Sumber : hostinger.com