Mesin pencari tetap menjadi salah satu sumber traffic terbesar bagi pemilik bisnis lokal.

Dengan lebih dari 85% pangsa pasar , Google adalah raja mesin pencari, artinya, bisnis kamu harus dilihat di Google untuk menarik traffic lokal yang paling relevan. 

Bisnis yang tidak dioptimalkan untuk pencarian lokal sebenarnya kehilangan 80% dari pelanggan potensial . 

Pencarian “Near me” (dekat saya( telah meningkat lebih dari 500% dalam beberapa tahun terakhir, dan sekitar 78% dari pencarian mobile lokal menghasilkan pembelian di dalam toko.    

Tidak diragukan lagi bahwa kamu perlu meraih peringkat situs web lebih tinggi di hasil pencarian lokal Google untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Untuk mewujudkannya, kamu perlu menerapkan serangkaian strategi SEO lokal. Panduan ini membahas setiap aspeknya. Tandai panduan ini dan gunakan setiap kali kamu perlu meningkatkan SEO lokal kamu.

Apa itu SEO Lokal?

Optimalisasi mesin pencari lokal, atau SEO lokal, adalah serangkaian strategi yang diterapkan untuk meningkatkan keberadaan bisnis kamu secara lokal. SEO lokal membantu bisnismu untuk meraih peringkat lebih tinggi secara organik pada sejumlah pencari lokal yang relevan.  

Misalnya, jika kamu adalah pemilik toko roti di Dothan, Alabama, dan jika seseorang mencari kata kunci seperti “toko roti di Dothan” di Google, maka toko roti kamu dapat dilihat oleh pencari di kotak yang menampilkan tiga toko roti lokal teratas di Dothan. Kotak ini juga dikenal sebagai “Snack Pack” sehingga SEO lokal juga dikenal sebagai “Snack Pack SEO”.

Snack pack itu menampilkan tiga daftar bisnis lokal paling relevan, tergantung pada permintaan pencarian yang dimasukkan oleh pencari.

Baca Juga :

Cara Membuat Artikel User Friendly 2020

Belajar seo Terbaru dan terlengkap

 

3 Faktor Teratas Yang Menentukan Peringkat Lokal

Relevansi, Jarak, dan Prominen adalah tiga faktor utama yang menentukan peringkat lokal.

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image7-1.png
  • Relevansi mengacu pada seberapa sesuai daftar iklan Google My Business dengan maksud dari pencari. Nama bisnis, kategori bisnis, deskripsi, jam kerja bisnis kamu memainkan peran penting dalam menentukan relevansi keseluruhan bisnis kamu sehubungan dengan permintaan pencarian yang dimasukkan oleh pencari. 
  • Jarak mengacu pada seberapa jauh jarak bisnismu dari lokasi pencari. Jika kamu memiliki cabang di setiap lokasi yang ingin ditargetkan oleh bisnis kamu, maka kamu dapat meningkatkan peluang secara drastis untuk menentukan peringkat secara lokal. 
  • Prominen mengacu pada seberapa terkenal suatu bisnis. Google memperhitungkan popularitas bisnis. Ini ditentukan berdasarkan kutipan, tautan, ulasan, dan peringkat positif. 
  •  

Setelah kamu memahami tiga faktor teratas yang memengaruhi SEO lokal, mari mulai menerapkan strategi SEO lokal:

Langkah 1- Klaim dan Optimalkan Daftar Google My Business 

Yang pertama dan terpenting adalah kamu memerlukan profil bisnis untuk menampilkan produk dan layanan kamu di hasil pencarian lokal.

Kamu bisa membuat daftar Google My Business yang baru untuk bisnis kamu jika kamu tidak memilikinya atau mengklaim listing bisnis kamu jika sudah dibuat.    

Mengklaim listing Google My Business akan membantu kamu meningkatkan peluang muncul di hasil pencarian lokal serta menawarkan kesempatan untuk muncul di Knowledge Graph ketika seseorang mencari bisnis kamu menggunakan nama bisnisnya.

Once you have created or claimed your listing, optimize it for accuracy and for achieving the top 3 rankings in the local snack pack. Here are some tips that help:

Setelah kamu membuat atau mengklaim listing kamu, optimalkan untuk mencapai keakuratan dan 3 peringkat teratas dalam snack pack lokal. Berikut beberapa kiat yang membantu:

Pastikan Nama, Alamat, dan Nomor Telepon kamu akurat. (Harap dicatat bahwa siapa pun dapat membuat perubahan pada Daftar GMB (Google My Business) kamu, jadi akan sangat baik jika kamu sering memeriksa kembali dan memperbaiki setiap saran yang tidak akurat yang dibuat oleh orang-orang).
Masukkan nomor telepon lokal dalam daftar kamu alih-alih nomor pusat panggilan karena ini membantu meningkatkan relevansi lokal bisnis kamu.
Tambahkan kategori yang akurat, gunakan deskripsi yang user-friendly, dan pilih atribut yang menggambarkan bisnis kamu secara akurat.

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image3-3.png
  • Unggah foto profil berkualitas tinggi, tambahkan foto sampul untuk meningkatkan keberadaan profil kamu. kamu juga dapat menambahkan video untuk menceritakan kisah bisnis kamu dan meningkatkan engagement. * Verifikasi lokasi bisnis kamu dan pertahankan akurasi jam kerja kamu.
  • Promosikan profil bisnis kamu secara lokal dan minta orang untuk meninggalkan ulasan. Pastikan untuk memeriksa ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan kamu secara teratur dan menanggapi ulasan negatif dengan sopan.
  • Pastikan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan kamu sehingga mereka meninggalkan ulasan positif karena sejumlah besar ulasan positif yang ditinggalkan oleh pelanggan kamu memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat lokal profil GMB kamu.

Langkah 2- Bangun Kutipan

Kutipan adalah referensi tentang bisnis kamu, bisa mengandung hyperlink atau tidak.

Semakin banyak jumlah kutipan (dengan NAP yang akurat) yang dimiliki suatu bisnis, semakin besar peluang meraih peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal. Ingat bahwa kutipan bukan satu-satunya faktor peringkat tetapi salah satu faktor peringkat lokal.

Berikut adalah beberapa situs (selain Google My Business) yang bisa menjadi sumber kutipan lokal untuk bisnis kamu:

  • Bing Places For Business
  • Yahoo Local Business Listings
  • Yelp
  • Local.com
  • Superpages
  • Apple Maps
  • Foursquare
  • Localeze
  • City Search
  • Facebook
  • Yellowbook
  • Kudzu
  • Hotfrog
  • BOTW
  • Spoke

Langkah 3- Dapatkan Backlink Lokal

Tautan adalah faktor peringkat paling penting yang dipertimbangkan Google sebelum menentukan peringkat situs web mana pun.

Saat mencari peluang untuk tautan lokal, cobalah untuk memperoleh tautan:

  • Dari sumber yang relevan secara lokal dengan bisnis yang kamu layani.
  • Yang membantu untuk meneruskan traffic rujukan yang berkualitas ke situs kamu.
  • Dari Chamber of Commerce (Kamar Dagang) setempat, Universitas, Klub yang sudah memiliki reputasi tinggi.

Sekarang, pertanyaan terbesarnya adalah – mengapa mereka menautkan ke bisnis kamu? Nah, kamu perlu menerapkan strategi khusus untuk menarik peluang yang menguntungkanmu.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk memperoleh tautan lokal dan menjadikan situsmu sangat relevan di mata Google.

  • Tawarkan beasiswa kepada mahasiswa universitas lokal untuk mendapat berita. Casey Meraz dapat memperoleh tautan dari publikasi terkenal seperti Wall Street Journal ketika dia mendesak kliennya untuk memulai beasiswa bagi mahasiswa Universitas Colorado yang mengaku mabuk dan mengemudi.
https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image1-2.png
  • Luncurkan penghargaan untuk layanan yang dapat menjadi klien kamu di masa depan. Misalnya, jika kamu adalah perusahaan desain web, kamu dapat meluncurkan penghargaan untuk startup paling menjanjikan tahun ini di area lokal kamu.
  • Tambahkan bagian di situs web kamu yang berbicara untuk kepentingan komunitas lokal. Promosikan konten yang kamu terbitkan pada bagian tersebut melalui iklan Facebook. Prosesnya mudah dan akan membutuhkan sedikit usaha. Tautan yang akan kamu dapatkan dengan cara ini akan sepenuhnya alami dan dapat meningkatkan keberadaan situs kamu secara organik.
  • Nominasikan bisnis kamu untuk penghargaan lokal yang diadakan setiap tahun di komunitas kamu. Jika kamu dapat memenangkan penghargaan bisnis lokal, maka reputasi perusahaanmu akan bertambah secara keseluruhan.
  • Jadikan bisnis kamu ramah lingkungan (dukung produk ramah lingkungan) dan dapatkan tautan dari organisasi yang mempromosikan bisnis ramah lingkungan.
  • Bangun suatu alat dan luncurkan kampanye outreach email untuk menyebarkan berita. Orang selalu mencari alat gratis yang membantu meringankan masalah mereka. Alat memperoleh banyak tautan alami dalam jumlah yang besar.
  • Lakukan wawancara dengan influencer lokal dan publikasikan di situs kamu. Influencer cenderung untuk menautkan kembali ke situs yang mempublikasikan wawancara mereka. Selalu siapkan konten yang bermanfaat bagi audiens kamu.
  • Gunakan taktik gambar reverse untuk membuat tautan 26% lebih banyak ke situs kamu. Di bawah strategi ini, kamu harus menemukan situs yang menggunakan gambar kamu dengan melakukan pencarian gambar di Google. Pilih situs yang menggunakan gambar kamu tetapi tidak menautkan ke situs kamu. Kemudian kamu bisa melakukan kampanye outreach email untuk menjangkau mereka dan meminta atribusi gambar. Strategi ini bekerja.  
https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image10-1.png
  • Tulis artikel tentang 6-7 bisnis lokal di daerah kamu dan promosikan artikel kamu di saluran sosial kamu. Jangkau mereka dan beritahu tentang artikel kamu. Kemungkinannya, mereka secara alami akan menautkan ke artikel kamu karena setiap bisnis ingin menyoroti rekomendasi positif tentang bisnis mereka.

Langkah 4- Dapatkan Ulasan dan Peringkat yang ‘Jujur’

Survei peringkat lokal Google  membuktikan bahwa ulasan menyumbang 15,44% dari pemberian peringkat bisnis oleh Google.  

Bukan hanya mendapatkan ulasan tetapi menanggapi ulasan positif dan negatif juga bisa membantu kamu meningkatkan posisi di hasil pencarian lokal.

Tempat Kursus Digital Marketing & SEO Terbaik

Menurut perkataan Google , “Menanggapi ulasan menunjukkan bahwa kamu menghargai pelanggan kamu dan umpan balik yang mereka berikan tentang bisnis kamu. Ulasan positif dan berkualitas tinggi dari pelanggan kamu akan meningkatkan visibilitas bisnis kamu dan meningkatkan kemungkinan bahwa calon pelanggan akan mengunjungi lokasi kamu. “ 

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image6-2.png

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan ulasan jujur ​​dan mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian lokal:

  • Minta pelanggan kamu untuk meninggalkan ulasan tentang produk dan produk yang kamu jual.
  • Permudah pelanggan kamu untuk meninggalkan ulasan dan tawarkan insentif kepada mereka.
  • Mintalah ulasan pada saat yang tepat dan ambil bantuan marketing email untuk itu.
  • Menjadi host acara dan seminar untuk terhubung dengan prospek dan mendorong mereka untuk menyebarkan berita tentang bisnis kamu.
  • Tanggapi ulasan positif dan negatif dengan sopan. Bantu pelanggan dengan segala cara.

Langkah 5- Luncurkan Strategi Marketing Email Lokal

Tempat Belajar SEO Gratis

Marketing email adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan SEO lokal kamu karena membantu mengarahkan traffic yang berkualitas ke situs web kamu dan meningkatkan metrik engagement pelanggan.

Menurut penelitian oleh SimilarWeb, baik waktu di situs dan rasio bounce berkorelasi dengan peringkat situs. Mengirim email yang ditargetkan ke pelanggan kamu meningkatkan rasio bounce, menambah durasi di halaman, meningkatkan kunjungan situs, dan memberi sinyal ke Google bahwa situs kamu populer. 

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image9-1.png

Ikuti panduan di bawah ini ketika meluncurkan strategi marketing email lokal kamu:

  • Pastikan email kamu bebas dari spam: Keamanan Internet penting bagi pengguna. Mereka menggunakan berbagai alat untuk menjaga kotak masuk mereka bebas dari spam. Jadi, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan penting kepada vendor kamu untuk memastikan pengiriman email.  
  • Memilih personalisasi konten yang dinamis: Buat landing page yang mereplikasi pesan yang kamu kirim di email kamu. Misalnya, merek ritel pakaian dapat melakukan supercharge marketing email dengan personalisasi konten landing page yang dinamis dengan menggunakan mesin personalisasi Duda. 

Berikut adalah contoh bagaimana jenis personalisasi ini dapat bekerja:

  • Buat kampanye email yang menargetkan empat kelompok pembeli yang tersegmentasi – perempuan (usia 13-19), wanita dewasa muda (20-29), wanita dewasa (30-40), dan wanita paruh baya (41-50).
  • Kamu bisa dengan mudah mengatur 4 kampanye email yang berbeda, dengan baris subjek dan pesan yang dipersonalisasi untuk menargetkan empat kelompok pengguna yang berbeda.
  • Lalu, buat satu landing page yang dinamis, dan gunakan tag UTM kelompok usia di URL tujuan untuk setiap tautan kampanye.
  • Terakhir, gunakan aturan personalisasi Duda untuk menampilkan konten khusus segmen tertentu di tempat-tempat yang relevan di landing page. Personalisasi konten dinamis bertujuan untuk mengurangi waktu dan juga menghasilkan konversi tertinggi dibandingkan dengan kampanye yang tidak dipersonalisasi.

Jangan hanya mendatangkan traffic tetapi ubahlah menjadi pelanggan.

Semakin banyak pelanggan yang kamu punya, semakin tinggi peluang traffic. Lebih banyak traffic akan menghasilkan lebih banyak konversi dan meningkatkan keseluruhan tingkat engagement di situs kamu. Toko kelontong online Mercato.com mengirimkan email ke pelanggan baru, mendorong mereka untuk melakukan pembelian pertama mereka dengan memberikan diskon $10. Ini adalah strategi yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui email.  

Baca Juga: Pengertian Meta Tags Pada Website Dan Fungsinya

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image11-2.jpg

Liput seluruh perjalanan pelanggan dan kirim email ke pelanggan di setiap tahap perjalanan pelanggan. Tawarkan konten lokal yang menambahkan nilai langsung ke kehidupan pelanggan kamu. Email reguler akan memungkinkan kamu untuk tetap berada di urutan pertama pikiran pelanggan kamu sehingga menghasilkan keseluruhan engagement yang lebih tinggi.

Langkah 6- Tingkatkan Struktur Penghubung Internal kamu

Baik tautan eksternal dan internal sama-sama diperlukan untuk meraih peringkat lokal yang lebih tinggi. Keuntungan terbesar yang ditawarkan tautan internal adalah kamu memiliki kontrol penuh atas tautan tersebut.

Terkadang, kamu perlu memperoleh real estat organik Google yang melampaui 3 paket lokal. Di sinilah saatnya tautan internal akan membantu kamu.

Jika kamu menjalankan situs bisnis yang perlu memberikan peringkat pada berbagai permintaan pencarian untuk setiap lokasi, kamu memerlukan konten spesifik lokal di situs kamu (dijelaskan pada langkah ke-7 di bawah).

Mengoptimalkan struktur tautan internal kamu akan membantu kamu meningkatkan reputasi dan relevansi halaman dalam spesifik lokal tersebut secara signifikan.

Tautan kontekstual menawarkan nilai lebih dari tautan footer atau sidebar. Cobalah dan tambahkan tautan internal ke halaman lokalmu yang penting secara kontekstual di dalam konten utama kamu. Kamu dapat menambahkan tautan kontekstual dari halaman produk, halaman blog, halaman kategori, halaman layanan, dll. Kamu juga bisa menambahkan tautan di sidebar atau footer, tetapi pastikan kalau kamu punya tautan kontekstual yang cukup.

Cluster topik juga merupakan cara yang bagus untuk memperkuat strategi tautan internal kamu. Di bawah model ini, kamu menautkan ke konten pilar utama kamu (halaman lokasi) dari konten cluster (halaman yang relevan dengan konten pilar tetapi tidak bersaing secara langsung dengan mereka). Halaman seperti itu membantu meningkatkan relevansi keseluruhan dan pentingnya konten pilar.

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image4-3.png

Langkah 7- Optimalkan Situs Web kamu Untuk Pencarian Suara

 

Belajar SEO Dari dasar sampai Bisa

Pencarian suara tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2020, 50% dari semua pencarian akan berupa pencarian suara.

Untuk bersaing dengan bisnis lokal melalui pencarian lokal, kamu harus mengikuti strategi di bawah ini:

Optimalkan situs kamu untuk Google Search Speech Guidelines. Pastikan nama, alamat dan nomor telepon kamu benar, dan bisnis kamu terdaftar di setiap direktori yang disarankan dalam artikel ini. Asisten suara seperti Siri, Alexa, dan Asisten Google mengambil data dari GMB, Apple Maps, Yelp, dan Yext untuk menjawab pengguna. 

Manfaatkan kekuatan markup skema dan fetured snippet untuk memberi peringkat bagi permintaan pencarian lokal. Pemberian peringkat sebagai featured snippet akan meningkatkan visibilitas merek kamu yang mengarah ke traffic yang lebih tinggi dan tautan alami yang lebih banyak.

Siapkan konten bergaya FAQ (tanya jawab) atau konten berbasis QA di situs kamu. Orang-orang sering mengajukan pertanyaan saat melakukan pencarian suara, dan kamu akan meningkatkan peluang meraih peringkat yang lebih tinggi jika kamu membuat konten bergaya QA.

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image5-2.png

Langkah 8- Manfaatkan Ilmu Data dan Tambahkan Halaman Lokasi ke Situs Web kamu

SEO lokal adalah tentang menargetkan audiens lokal. kamu dapat membuat persona audiens untuk memahami maksud dan perilaku kelompok target kamu.

Cara lain untuk memahami audiens kamu adalah melalui ilmu data. Memang benar bahwa 90% dari data dunia telah diproduksi dalam dua tahun terakhir, sebagaimana didokumentasikan oleh penelitian Maryville University.  

Ilmu data menambah makna pada set data. kamu dapat menambahkan sumber data kamu, mengidentifikasi konten kamu yang memiliki kinerja engagement terbaik, mengidentifikasi jalur konversi teratas, mengungkapkan pertanyaan yang tersembunyi, menemukan tren umum, dan memproses set besar data dalam skala besar.

Pengetahuan yang diperoleh melalui ilmu data menggunakan alat seperti Google Analytics dapat membantu kamu mengungkapkan topik yang paling diminati audiens kamu. kamu kemudian dapat membuat konten yang fokus pada topik-topik itu.

https://www.wishpond.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/12/image8-1.png

Buat landing page khusus untuk setiap lokasi yang kamu targetkan dan pastikan untuk menambahkan semua detail kontak lokal kamu pada setiap halaman. Optimalkan landing page kamu untuk intensi pengguna lokal berdasarkan ilmu data dan tingkatkan relevansi situs web kamu.

Langkah 9 – Manfaatkan Kekuatan Alat SEO Lokal

Alat SEO sangat membantu mengoptimalkan kampanye SEO lokal kamu. Kamu perlu menggunakan alat terbaik untuk menghemat waktu dan memaksimalkan engagement. Berikut adalah alat SEO lokal terbaik yang harus kamu gunakan untuk meningkatkan SEO lokal kamu:

Mention.com – Memungkinkan kamu memantau web dan mendengarkan apa yang dikatakan audiens kamu tentang bisnis kamu atau pesaing kamu. Ketika kamu tetap update dengan percakapan yang penting, kamu dapat merespons pada waktunya dan memperkuat visibilitas bisnis kamu. 

Whitespark Local Citation Finder – Adalah salah satu alat SEO lokal terbaik yang memungkinkan kamu mengidentifikasi semua sumber kutipan penting untuk bisnis kamu. Kamu dapat memasukkan URL pesaing lokal kamu di alat tersebut, dan kamu akan menemukan semua kutipan dari pesaing kamu. Kamu bisa dapat membuat listing baru di situs-situs di mana bisnis kamu tidak terdaftar dan meningkatkan peringkat lokal kamu. 

Schema Generator – Alat ini menawarkan salah satu cara termudah untuk menambahkan markup data terstruktur ke situs kamu. Pilih jenis markup yang ingin kamu tambahkan dan tempatkan kode di bagian halaman HTML kamu. 

Moz Local – Alat ini membantu kamu memiliki nama, alamat dan nomor telepon yang konsisten di beberapa properti web. Kamu bisa menghapus duplikat listing, mengelola ulasan kamu dan memastikan data bisnis kamu konsisten di semua platform. 

Review Trackers – Adalah perangkat lunak ulasan yang sangat berguna. Kamu bisa mengumpulkan ulasan bisnis, memantau ulasan, dan meresponsnya saat bepergian. Review Tracker menawarkan dasbor tunggal untuk mengelola ulasan dari setiap lokasi bisnis kamu. 

Lalu selanjutnya apa?

SEO lokal menawarkan pengembalian investasi yang lebih tinggi, dan kamu tidak boleh segan menerapkan strategi untuk meraih peringkat lokal yang lebih tinggi. Ikuti kiat yang disarankan dalam artikel ini untuk mengoptimalkan situs kamu.

Bangunlah fondasi yang kuat untuk bisnis kamu, bantu pelanggan, optimalkan situs, pertahankan listing GMB kamu, dan dapatkan ulasan positif.  

Link: https://blog.wishpond.com/post/115675437941/local-seo