facebook marketing

Apakah Anda merasa bahwa jumlah tanggapan yang didapatkan iklan Facebook Anda menurun setiap hari? Apakah Anda merasa lebih sulit untuk mengubah orang-orang menjadi pelanggan berbayar melalui iklan Facebook Anda dibandingkan dengan dua tahun lalu?

Jika Anda merasa kesulitan sekarang, itu akan terus semakin sulit.

Artikel ini akan membahas apakah bisnis kecil masih bisa mendapatkan untung dari iklan Facebook pada tahun 2020.

Menurut Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg, Facebook memiliki lebih dari 7 juta advertiser aktif. Terdapat 2,4 miliar pengguna aktif, Facebook hanya memiliki 342 pengguna aktif per advertiser.  

Tidak hanya semakin banyak orang yang mempromosikan iklan, tetapi juga semakin sulit dan semakin memakan biaya untuk mendapatkan klik. Kalau Anda lihat, sekarang biaya untuk mendapatkan klik, Iklan Facebook CPC di feed berita sudah semakin mahal.

Pada kuartal kedua tahun 2008 biayanya kira-kira sebesar 0,43¢. Pada kuartal kedua tahun 2019, naik menjadi 0,64 ¢. CTR iklan feed berita juga telah menurun. Pada kuartal kedua tahun 2018 sebesar 2.24%. Pada kuartal kedua tahun 2019 menurun menjadi 1.20%.

Tempat Kursus Digital Marketing & Website Terbaik

Menurut Instapage, rata-rata iklan Facebook yang menghasilkan konversi berkisar sekitar 9,21% di semua industri. Anda harus membayar rata-rata $64 untuk mendapatkan sembilan konversi. Konversi juga tidak berarti penjualan. Dalam konteks ini, bisa jadi hanya mengumpulkan email kan? Artinya tidak selalu menghasilkan ROY positif. Jadi pertanyaan sebenarnya adalah, bagaimana bisa bisnis kecil masih bisa mendapat untung dari Facebook? Padahal dalam banyak kasus, iklan mendapatkan klik lebih sedikit dan biaya yang dikeluarkan semakin melambung.

Baca Juga : TIPS SEO : Agar Halaman Konsisten Peringkat #1 Di Google

Berikut adalah tip-tip yang dapat diikuti:

1. Jangan mengincar keuntungan saat kontak pertama dengan prospek.

Mungkin dulu Anda hanya memasang iklan di depan orang banyak lalu mengarahkan mereka ke  halaman produk atau layanan Anda, mencoba mengubah mereka menjadi konversi lalu Anda menghasilkan uang. Namun proses itu memakan biaya yang besar.

Zaman sekarang, cara terbaik dan lebih murah untuk menghasilkan penjualan adalah dengan pertama-tama mengambil sebuah iklan di Facebook, arahkan ke konten kita yang bersifat mendidik, lalu edukasi mereka. Setelah itu, kita pasarkan ulang. Kemudian, tampilkan sebuah iklan yang mengarahkan mereka ke halaman produk atau layanan kita.

Meskipun kita harus menampilkan iklan yang sama dua kali kepada pengguna, kami menemukan bahwa keseluruhan biaya untuk konversinya jauh lebih sedikit daripada jika kita mengarahkan mereka langsung ke sebuah iklan di awal.

 Jadi, alih-alih langsung mengirimi mereka iklan, kita arahkan mereka ke suatu iklan yang menjadi bagian dari suatu konten yang mendidik lalu memasarkannya ulang. Dari sudut pandang konversi, metode ini lebih murah dan hemat biaya.

2. Gunakan retargeting ads untuk prospek yang benar-benar berkualitas

Ada satu hal yang kami lakukan yang menghasilkan begitu banyak pendapatan dari Facebook dan ini adalah kampanye kami dengan konversi ROY tertinggi. Inilah yang kami lakukan. Ketika seseorang mengunjungi halaman checkout tapi tidak melakukan pembelian, kami membuat video yang menunjukkan bagaimana jadinya jika mereka menjadi pelanggan kami. Keuntungan apa yang akan mereka dapatkan.

Jika penawaran utama kita menggunakan logika untuk meyakinkan mereka untuk membeli, maka video kita akan menggunakan emosi. Mengapa? Jika mereka tidak menjadi konversi melalui logika di awal, maka mengirimkan kampanye pemasaran ulang atau video yang juga menggunakan logika mungkin tidak akan berhasil. Jadi, kita melakukan kebalikannya.  

Baca juga Artikel Terkait :

Jika landing page kita mencoba untuk menjual melalui emosi, gunakan logika pada video pemasaran ulang kita. Selain itu, pastikan untuk menambahkan upsells (menawarkan produk/layanan yang lebih mahal) dan downsell (menawarkan produk/layanan yang lebih murah) yang meningkatkan LTV, yang memungkinkan Anda untuk mengeluarkan lebih banyak uang di Facebook.

3. Gunakan iklan video – jauh lebih murah untuk mengekspos merek Anda

Iklan video jauh lebih murah untuk mengekspos merek Anda kepada orang-orang karena Anda menyebarluaskan merek Anda walaupun mereka tidak segera menjadi konversi. Seperti yang dikatakan dalam marketing the rule of seven, cara membangun merek Anda adalah membuat seseorang melihat dan terlibat dengan merek Anda sebanyak tujuh kali.

Jika Anda menggunakan video, Anda akan mendapatkan lebih banyak engagement karena Facebook lebih banyak mendorong iklan video ketimbang iklan berbasis teks.

4. Gunakan lookalike audience

Setelah Anda memiliki orang yang berubah menjadi konversi, gunakan 1% lookalike audience (audiens serupa) di Facebook. Ini akan memungkinkan Anda menemukan orang yang sangat serupa, yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk berubah menjadi konversi. Jika Anda tidak menggunakan audiens serupa, Anda perlu menayangkan banyak iklan dan membuang banyak uang. Audiens serupa akan membantu Anda menyempurnakan hasil dan menghemat banyak uang.

5. Lebih sering menguji materi kreatif yang berbeda

Anda akan terkejut melihat perbedaan kinerja saat Anda menggilir materi iklan setidaknya sekali seminggu. Ketika saya menjalankan beberapa kampanye saya sendiri, kami menggilir materi iklan  dua hingga tiga kali seminggu di kelas low-end dan bahkan terkadang menggilir materi iklan setiap hari di kelas high-end. Ini sangat efektif karena hanya dengan menghasilkan begitu banyak materi kreatif, ROY Anda menjadi lebih baik.

6. Jaga iklan Anda tetap baru

Ini bukan hanya tentang spanduk, materi kreatif, tapi juga tentang apa saja landing page Anda? Apa naskah tulisan Anda? Apakah Anda mengubah sesuatu? Apakah Anda mencoba menyampaikan pesan yang berbeda? Apakah Anda mencoba menargetkan audiens baru?

Jika Anda terus menguji, mengubah dan menjaga iklan Anda tetap baru pada seluruh saluran pemasaran yang Anda gunakan (landing page, naskah tulisan, testimoni maupun ulasan), maka hal itu akan membuat kampanye Anda banyak dikenal dan mendapatkan lebih banyak konversi.

  • Pantau frekuensi iklan Anda.

Jika orang melihat iklan Anda berulangkali, maka Anda tidak menjangkau orang baru dan Anda tidak mengubah orang-orang yang terus melihat iklan Anda menjadi konversi. Anda harus menghentikannya. Kedua faktor itu akan membuat skor iklan Anda berkurang dan biaya Anda meningkat.

Sumber : Neil Patel Youtube Channel