customer acquisition cost

Customer acquisition cost (CAC) merupakan metriks dalam kehidupan seorang digital marketer dan pelaku bisnis online. Tanpanya, perusahaan akan kesulitan mengidentifikasi return on investment (ROI) dan seberapa efektif campaign marketing yang telah dijalankan.

Dahulu, bisnis yang dijalankan secara konvensional memiliki insight yang sedikit untuk menghitung metriks penting seperti ini. Sekarang, dengan adanya berbagai jenis digital marketing, semua orang bisa melacak efektivitas pemasarannya hanya dengan satu kali klik.

Anda belum familiar dengan CAC? Jangan khawatir, sekarang Anda berada di artikel yang tepat untuk mengetahui definisi lengkap tentang customer acquisition cost, bagaimana cara menghitungnya serta fungsinya bagi sebuah bisnis.

 

Apa itu Customer Acquisition Cost (CAC)?

Customer acquisition cost atau yang sering disingkat sebagai CAC adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan sebuah bisnis untuk mendapatkan 1 pelanggan baru.

Jumlah biaya ini mengacu pada setiap operasional, sumber daya serta biaya pemasaran yang dikeluarkan saat mereka merencanakan konten, membuat konten hingga memasarkannya.

Biasanya, perhitungan metriks CAC berhubungan dengan perhitungan metriks customer lifetime value (CLV) dan conversion rate optimization untuk mengukur nilai keuntungan yang didapatkan dari 1 pelanggan.

Semua perusahaan di dunia yang ingin berkembang dan sukses tidak pernah berhenti berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai CAC yang kecil. Bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tapi kecilnya nilai customer acquisition cost juga menandakan bisnis tersebut berjalan dengan sehat.

Selain itu, CAC juga membuktikan bahwa setiap cost yang dikeluarkan oleh perusahaan bukan merupakan pertanda buruk, karena setiap cost yang dikeluarkan akan menghasilkan pelanggan baru setiap hari.

Bahkan, sangat banyak investor di dunia yang sangat senang bila startup yang didanainya itu mendapatkan nilai CAC yang kecil. Jadi, penting bagi Anda yang sedang merintis startup untuk tidak melupakan metriks ini.

 

Cara Menghitung Biaya Customer Acquisition Cost (CAC)

Saat Anda berjalan sebagai seorang digital marketer yang ingin melihat biaya customer acquisition dari hasil beriklan di channel marketing online seperti Facebook, Instagram, Google Ads atau yang lainnya, Anda hanya memerlukan data spent budget dan number of acquisition dengan formula berikut:

perhitungan cac digital marketer

Tapi, ketika Anda adalah pemilik bisnis yang (biasanya) melihat keseluruhan yang terjadi pada bisnis Anda, perhitungan CAC Anda memerlukan data yang lebih banyak (yang dikelompokkan) menjadi cost of sales & marketing dengan formula sebagai berikut:

perhitungan cac pebisnis

Beberapa data yang masuk ke dalam kelompok cost of sales & marketing antara lain upah karyawan, biaya pemasaran, operasional dan logistik.

Pemilik bisnis punya perhitungan CAC yang lebih rumit, karena itulah yang seharusnya terjadi. Seorang digital marketer hanya bertanggung jawab pada setiap iklan yang dijalankannya. Sedangkan, pemiliknya bertanggung jawab atas semua yang terjadi dalam satu perusahaan.

Tidak boleh seorang pebisnis mudah tergiur dengan data CAC yang ditampilkan oleh digital marketer. Tapi, bukan berarti CAC yang sehat dari digital marketer tidak boleh Anda terima.

Karena, perhitungan CAC digital marketer yang menjalankan campaign melalui channel digital merupakan langkah awal untuk Anda menganalisa kebutuhan bisnis dan membuat keputusan yang lebih baik lagi di kemudian hari.

 

Contoh Perhitungan Customer Acquisition Cost (CAC)

Di akhir tahun, perusahaan XYZ akan melakukan meeting besar untuk membicarakan strategi apa yang harus diambil tahun depan.

Sebagai manager digital marketing, Rendy akan merekap seluruh campaign yang sudah dijalankan dengan detail untuk meninjau kembali tingkat efektivitas campaign yang sudah dijalankan berdasarkan jumlah pelanggan yang didapatkannya.

Berikut ini adalah informasi campaign perusahaan XYZ:

contoh perhitungan cac - langkah pertama

Maka, perhitungan customer acquisition cost dari perusahaan XYZ akan dihitung menggunakan formula berikut:

contoh perhitungan cac - langkah kedua

 

Penutup

Itulah penjelasan lengkap tentang customer acquisition cost (CAC). Semoga melalui penjelasan ini, Anda bisa menghitung kembali CAC bisnis Anda dan mampu mengoptimasinya ke angka yang lebih ideal.

Jika bisnis Anda ingin sukses, jangan pernah lupakan CAC, karena CAC akan mempengaruhi return on investment perusahaan, dan margin keuntungan bisnis.