cara cek da pa

Domain authority (DA) dan page authority (PA) atau yang biasa disingkat menjadi DA PA adalah 2 faktor yang mempengaruhi peringkat website di search engine.

Melakukan pengecekan SEO sebuah website atau blog dilihat dari 2 faktor ini merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan secara berkala, terutama ketika web Anda baru dirilis belakangan ini.

Anda bisa cek DA PA menggunakan 3 tools berikut:

  1. MOZ Link Explorer
  2. Dimia Domain Overview
  3. Ahrefs

Ketiga tools ini akan sangat membantu Anda. Mau tahu caranya? Lihat langkah-langkah berikut

 

Cek DA PA Menggunakan MOZ Link Explorer (Gratis Berkuota)

Karena domain authority dan page authority merupakan indikator yang dikembangkan pertama kali oleh MOZ, sudah jelas Anda bisa mengeceknya juga melalui MOZ.

Produk dari MOZ yang bisa Anda gunakan adalah MOZ Link Explorer, dimana hanya akan ada 10 kuota yang bisa Anda gunakan setiap harinya.

1. Kunjungi MOZ melalui link berikut: https://moz.com/link-explorer, kemudian masukkan domain yang ingin Anda cek.

gambar moz link explorer

2. Silahkan registrasi terlebih dahulu untuk melanjutkan proses pengecekan.

gambar registrasi moz

3. Ubah menu “root domain” menjadi “exact page” agar page authority domain ini bisa terlihat. Kemudian, klik tombolĀ “Analyze”.

gambar menu exact page moz

4. Simpanlah angka ini dan lakukan analisa lanjut terhadap data yang mempengaruhi DA PA domain tersebut, seperti Discovered and lost linking domains, follow vs nofollow, followed link dan yang lainnya.

 

Cek DA PA Menggunakan Dimia.id (Sepenuhnya Gratis)

Tools kedua yang bisa membantu Anda melihat DA PA web milik Anda maupun kompetitor adalah Dimia.id. Tools ini sudah terbukti aman dan mampu menampilkan data secara real, terbukti dengan penghargaan yang pernah didapatkannya menjadi Juara 1 Comptech bertema Artificial Intelligence & Big Data Analysis.

1. Kunjungi Dimia.id Domain Overview melalui link berikut ini: https://dimia.id/app/domain-overview, masukkan domain yang ingin Anda cek.

gambar domain overview dimia

2. Tunggu beberapa detik, otomatis Dimia.id akan menampilkan data selengkapnya, dan domain authority akan tampilan sejajar dengan data jumlah organic keywords, organic monthly traffic, dan jumlah backlink.

gambar domain authority dimia

3. Sedangkan bagian page authority, bisa Anda lihat melalui menu “backlink” lengkap dengan data yang bisa Anda gunakan untuk optimasi backlink berkualitas.

gambar backlink overview dimia

4. Simpan data ini dan jangan ragu untuk menganalisa website yang lain, karena tidak ada kuota yang dibatas oleh Dimia.id. Bila ingin mendapatkan hasil yang lebih lengkap, Anda bisa lakukan pendaftaran akun.

 

Cek DA PA Menggunakan Ahrefs (Berbayar)

Tools ketiga adalah Ahrefs. Tools yang sangat efektif untuk Anda yang sedang melakukan optimasi Off Page SEO dan keyword research. Namun, Anda harus berlangganan sekitar 2 juta per bulan untuk bisa mengaksesnya.

1. Masuk menggunakan akun berbayar Ahrefs Anda melalui link berikut: https://ahrefs.com/user/login

gambar login ahrefs

2. Masuk ke menuĀ “Site Explorer” dan ketik domain web yang ingin Anda cek.

gambar site explorer ahrefs

3. Tunggu beberapa menit, Ahrefs akan menampilkan langsung data DA dan PA tersebut di halaman depan dashboard. Perhatikan bahwa Ahrefs menggantikan sebuah DA dengan DR dan mengganti sebutan PA dengan UR.

gambar da pa ahrefs

 

Apa sih Perbedaan DA dengan PA?

Kedua istilah ini mungkin terdengar mirip, tapi ada perbedaan di antara keduanya. Page authority berkaitan dengan peringkat halaman web tertentu, sedangkan domain authority berkaitan dengan otoritas domain keseluruhan dari sebuah situs web, yang mencakup semua halaman web di situs tersebut.

Domain authority mewakili seberapa otoritatif sebuah situs web pada skala 0 hingga 100. Ini menggambarkan relevansi dan kredibilitas situs web di industri dan topik tertentu. Memiliki skor domain authority yang tinggi sangat penting karena secara langsung berdampak pada peringkat situs web di SERP.

Sedangkan page authority adalah metrik yang mirip dengan domain authority yang digunakan untuk memperkirakan bagaimana peringkat halaman atau URL tertentu dari situs dalam hasil mesin pencari SERP.

Jika diilustrasikan ke dalam sebuah gambar, DA dan PA akan menjadi seperti berikut.

gambar DA dan PA

 

Bagaimana Cara Meningkatkan DA PA?

Karena DA dan PA sudah jelas menggambarkan seberapa baik kualitas sebuah web di search engine, sudah jelas bahwa setiap optimasi SEO yang kita lakukan merupakan langkah yang ditempuh untuk meningkatkan DA PA.

Terutama pada bagian backlink.

Di dalam SEO, kualitas backlink dari luar menentukan kualitas sebuah web – layaknya sebuah vote. Ketika sebuah web memberikan backlink ke situs Anda, algoritma search engine akan melihat backlink itu sebagai dukungan terhadap konten di web Anda.

Perhitungan sederhananya, semakin banyak backlink berkualitas = semakin tinggi nilai DA dan PA konten web Anda.

Kami tidak akan mengulangi bagaimana cara untuk mendapatkannya. Anda bisa mengunjungi artikel kami yang sebelumnya, “Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas“, disini Anda bisa menemukan 8 langkah yang akan sangat membantu.