Cara Riset Kata Kunci

Riset kata kunci Merupakan suatu langkah pertama dalam proses copywriting atau pembuatan Konten SEO,  serta merupakan suatu bagian terpenting dari strategi  dan Optimasi SEO. Sebelum Anda membuat konten  di situs website, Anda harus melakukan riset kata kunci untuk mencari tahu istilah pencarian apa yang sering digunakan oleh  target audiens Anda. Setelah melakukan analisa kata Kunci, Anda dapat mulai untuk  menulis konten yang bermanfaat dan berkualitas sehingga artikel yang anda buat dapat dilihat dan  dibaca oleh banyak Orang.

 

Cara buat kata Kunci

 

Apa yang dimaksud dengan kata kunci?

 

Menurut Irman Siswadi dalam jurnal Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci tahun 2013 mengungkapkan bahwa, kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

 

Reitz (2012) menyatakan bahwa kata kunci (keyword) merupakan satu kata atau frase yang menonjol (significant) pada judul, tajuk subjek, catatan isi, abstrak atau teks sebuah cantuman pada katalog online dan database bibliografi, yang dapat dimanfaatkan sebagai istilah pencarian dalam pencarian

 

Selain itu, ada pula pengertian lain dari kata kunci adalah suatu kata yang atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting, yang digunakan untuk mencari suatu hal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, apa itu kata kunci? Adalah sebuah kata yang menjadi sebuah kata penting dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan hal yang banyak dicari oleh seseorang.

Baca Juga :

11 Cara Menulis Artikel SEO

Kursus SEO

Mengapa riset kata kunci itu penting sebelum membuat Artikel atau Konten?

Riset keyword merupakan proses untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk produk atau konten yang anda buat di internet. Riset keyword merupakan sebagai  langkah penting untuk melakukan dan mengoptimalkan SEO on page karena dapat mempengaruhi performa website Anda. Dengan Riset kata Kunci anda bisa tahu  Keyword mana yang paling banyak dicari oleh user, sehingga ketika anda membuat suatu konten atau artikel website anda bisa muncul di halaman pencarian Google dengan kata kunci yang sudah ditargetkan. 

Untuk Melakukan analisa kata Kunci bisa menggunakan aplikasi dimia.id

Cara melakukan analisa kata kunci menggunakan aplikasi dimia.id yang pertama buka dimia.id kemudian masuk ke menu keyword Overview dan kita coba masukan kata kunci yang akan kita analisis disini sebagai contoh kita akan analisa keyword Baju Gamis

 

Cara riset Keyword

 

Kenapa kita harus menggunakan Long-tail keywords

Jika  ingin artikel atau konten Anda muncul di halaman pencarian Google, Anda harus  menempatkan Long tail keyword pada artikel yang kita buat ”.

 

Pengertian dan fungsi kata kunci ekor panjang

kata kunci ekor panjang adalah suatu kata kunci dari suatu halaman blog artikel yang berupa kalimat dengan menuju suatu pencarian yang lebih spesifik dan lebih detail.

Untuk lebih jelasnya berikut contoh kata kunci ekor panjang:

Kursus website terbaik di jakarta

Kursus Seo Terbaik di serpong

 

Fungsi dari kata kunci ekor panjang ?

Penggunaan kata kunci ekor panjang adalah untuk memperbaiki posisi artikel anda di posisi serp google, apalagi buat blog anda yang memiliki trafik masih rendah, pasti artikel anda akan muncul di halaman belakang jika kita menggunakan kata kunci ekor pendek seperti Kursus website

Tetapi sebelum menentukan kata kunci ekor panjang alangkah baiknya kalian riset dulu menggunakan aplikasi Google keyword planner dan dimia.id , dan coba lihat pesaing2 anda, jika sedikit atau tidak ada, maka besar harapan artikel anda akan berada di halaman teratas, tetapi bila banyak pesaing maka cari kata kunci ekor panjang lainnya yang memiliki pesaing sedikit.

Posted in SEO