cara mengetahui jumlah pengunjung website orang lain

Saat kita memutuskan untuk berbisnis melalui website, ekspektasi untuk mendapatkan lebih banyak uang semakin naik. Sangat disayangkan, kenyataan justru kita akan menemukan sangat banyak kompetisi yang terjadi, bahkan hanya dalam 10 menit kita bisa dengan mudah mengetahui 10 kompetitor terkuat di industri bisnis kita.

Pertanyaannya sekarang, berapa jumlah pengunjung website milik orang lain atau kompetitor kita?

Pertanyaan seperti itu sudah semestinya akan terucap untuk pertama kali, karena kita semua tahu kalau traffic (jumlah pengunjung web) adalah elemen penting dalam sebuah website yang akan menunjukkan seberapa besarnya potensi penjualan yang bisa dilakukan.

Saat kita mengetahui besaran jumlah pengunjung milik kompetitor, kita akan memiliki pemahaman yang lebih tajam dari seberapa besarnya kompetisi yang terjadi, apa langkah selanjutnya untuk memaksimalkan semua jenis digital marketing dan berapa kira-kira budget iklan yang perlu kita keluarkan untuk berkompetisi dengan mereka.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami sudah merangkum cara melihat jumlah traffic web orang lain dengan 7 tools berikut ini:

  1. Similarweb
  2. Dimia.id
  3. Ubersuggest
  4. Ahrefs
  5. Alexa

Mari kita lihat langkah-langkahnya satu per satu, dimulai dari Similarweb dan Dimia.id.

 

1. Cek Jumlah Pengunjung Web Orang Lain dengan Similarweb

Similarweb adalah tools analisa yang dibuat dan dipakai untuk memeriksa posisi website kita di mata masyarakat, dimana hal ini juga bisa kita lakukan untuk kompetitor. Data yang diberikan oleh Similarweb termasuk yang paling detail dari tools lainnya.

Data yang bisa kita dapatkan termasuk ranking web dalam suatu kategori bisnis di Indonesia, estimasi traffic 6 bulan terakhir, traffic berdasarkan negara, sumber channel traffic, keyword apa yang paling banyak didapatkan, daftar sosial media yang menyumbang traffic, kategori minat yang disukai pengunjung dan siapa saja website yang mirip dengan web tersebut.

Bagaimana cara menggunakan Similarweb? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi terlebih dahulu website Similarweb melalui link berikut: http://similarweb.com/

2. Masukkan alamat website yang ingin Anda ketahui trafficnya pada kolom yang ada di halaman awal. Klik pada rekomendasi yang muncul di bawahnya atau tekan tombol Enter.

pilih web untuk dimasukkan ke similarweb

3. Tunggu beberapa detik dan Similarweb akan menunjukkan hasilnya.

overview traffic babastudio dari similarweb

4. Scroll ke bawah untuk mengetahui lebih banyak data yang ditampilkan.

5. Tekan tombol Compare untuk menambahkan website lain untuk dibandingkan.

membandingkan traffic web melalui similarweb

Similarweb bisa digunakan secara gratis tanpa batas waktu, tapi tanpa akun premium maka data yang kita kumpulkan akan sangat terbatas (yang tentu berbeda dengan akun premium), misalkan, kita hanya bisa melihat traffic selama 6 bulan (tidak lebih), 5 keyword organic traffic, 5 negara dengan traffic tertinggi atau yang lainnya.

Bagi kami, versi gratis dari Similarweb sudah cukup dari lebih. Silahkan jika Anda tertarik untuk menggunakan versi premiumnya dengan menghubungi konsultan sales mereka, karena harga Similarweb akan menyesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan.

2. Cek Jumlah Pengunjung Web Orang Lain dengan Dimia.id

Cara cek traffic web orang yang kedua adalah dengan memanfaatkan tools digital marketing Dimia.id yang kemarin pernah berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan sebagai juara 1 dalam lomba Comptech Artificial Intelligence & Big Data Analysis.

Algoritma yang digunakan oleh Dimia.id membuat kita bisa menganalisa website kompetitor dari sisi optimasi SEO-nya, mulai dari melihat jumlah organic keyword, jumlah organic traffic, jumlah backlink serta masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Dimia.id? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi terlebih dahulu website Dimia.id melalui link berikut: https://dimia.id/

2. Masukkan alamat website yang ingin Anda ketahui trafficnya pada kolom yang ada di halaman awal.

pilih web untuk dimasukkan ke dimia.id

3. Tunggu beberapa detik dan Dimia.id akan menunjukkan hasilnya.

overview babastudio dari dimia.id

Penjelasan dari masing-masing data yang ditampilkan Dimia.id:

  • Organic keywords: Jumlah keywords yang mendapat peringkat tinggi.
  • Organic monthly traffic: Total perkiraan traffic yang diterima domain ini dengan mempertimbangkan organic keywords.
  • Authority score: Skor peringkat search engine oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan sebuah situs web mendapat peringkat dihalaman hasil mesin pencari, skore otoritas domain berkisar dari satu hingga 100.
  • Backlinks: Jumlah link atau tautan yang masuk dari website lain ke domain ini.
  • Organic traffic: Traffic yang masuk ke dalam website melalui pencarian hasil organik, bukan dari iklan-iklan berbayar.
  • Tren keyword SEO: Minat pencarian pada keywords yang dianalisis selama 12 bulan terakhir. Metrik ini didasarkan pada perubahan jumlah penelusuran per bulan.
  • SEO keywords ranking: Menu untuk cek SEO dari keywords domain ini.

Dimia sangat membantu para digital marketer untuk menganalisa apa langkah yang harus berikutnya dalam mengoptimasi website, baik On Page SEO ataupun Off Page SEO. Dan dibandingkan dengan tools yang lain, Dimia termasuk yang paling terjangkau biaya bulanannya, hanya sekitar Rp249.000 per bulan.

3. Cek Jumlah Pengunjung Web Orang Lain dengan Ubersuggest

Berikutnya Ubersuggest, tools yang dikembangkan oleh digital marketer dari India, Neil Patel, bersama timnya. Ubersuggest adalah tools yang akan membantu kita menghasilkan ide konten untuk meningkatkan dan memperluas strategi digital marketing kita, baik strategi original ataupun meniru strategi yang sudah dilakukan oleh kompetitor.

Saat mulai menggunakan Ubersuggest, hanya ada 3x kesempatan untuk melakukan analisa kompetitor, jika lebih dari itu kita harus berlangganan sekitar Rp580.000 per bulan.

Bagaimana cara menggunakan Ubersuggest? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi terlebih dahulu website Ubersuggest melalui link berikut: https://neilpatel.com/ubersuggest/

2. Masukkan alamat website yang ingin Anda ketahui trafficnya pada kolom yang ada di halaman awal, jangan lupa untuk mengubah lokasinya menjadi Indonesia.

pilih web untuk dimasukkan ke ubersuggest

3. Tunggu beberapa detik dan Ubersuggest akan menunjukkan hasilnya.

overview traffic babastudio dari ubersuggest

Pikirkan terlebih dahulu website yang ingin Anda ketahui trafficnya, karena kuota yang diberikan Ubersuggest tidak banyak.

4. Cek Jumlah Pengunjung Web Orang Lain dengan Ahrefs

Ahrefs dikenal sebagai alat pemeriksa backlink, tetapi lebih dari itu, Ahrefs bisa memberikan informasi berharga tentang persaingan bisnis kita di internet, mulai dari melihat traffic yang berasal dari SEO hingga traffic yang berasal dari PPC (Paiy-per Click).

Kami pernah menyisipkan screenshot tampilan Ahrefs yang menunjukkan bagaimana 2 website di hasil pencarian search engine mendapatkan traffic yang berbeda hanya karena judul artikel yang membedakannya. Itulah yang terjadi, Ahrefs bisa menampilkan jumlah trafficnya dengan baik.

Sekarang, bagaimana cara menggunakan Ahrefs? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi terlebih dahulu website Ahrefs melalui link berikut: https://ahrefs.com/

2. Daftarkan diri Anda dan pilih salah satu pilihan berlangganan yang mereka tawarkan. Sebelum memilih paket, Anda tidak bisa menggunakan Ahrefs secara gratis.

3. Masukkan domain atau URL pada kolom yang ada di menuĀ Site Explorer.

pilih web untuk dimasukkan ke Ahrefs

4. Untuk melihat traffic hasil dari penerapan SEO, masuklah ke menu Organic search. Sedangkan untuk traffic hasil dari penerapan PPC, masuklah ke menu Paid search.

traffic web dilihat dari ahrefs

Insight Ahrefs ini bisa Anda dapatkan dengan berlangganan paket langganan seharga Rp2,5 juta per bulan.

5. Cek Jumlah Pengunjung Web Orang Lain dengan Alexa

Alexa adalah salah satu tools analisis web tertua dari luar Indonesia, tetapi masih menjadi pilihan tools analisis kompetitif yang bagus. Alexa bisa memberikan kita memberikan informasi demografis dan regional yang kuat sehingga kita bisa melihat di mana dan kepada siapa pesaing kita memasarkan produknya.

Gunakan alat ini untuk mendapatkan gambaran tentang demografi users. Jika demografi users di web kompetitor Anda tampaknya cocok dengan target pasar mereka, maka Anda dapat berharap bahwa jenis digital marketing yang mereka gunakan berfungsi dengan baik (dan dapat bekerja dengan baik untuk brand Anda juga).

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Alexa? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi terlebih dahulu website Alexa ke menuĀ Website Traffic Statistics melalui link berikut: https://www.alexa.com/siteinfo

3. Masukkan domain atau URL pada kolom yang tersedia kemudian klik Run Analysis.

pilih web untuk dimasukkan ke Alexa

4. Gulir ke bawah dan temukan jenis traffic seperti apa yang ingin Anda lihat, disana ada Keyword Opportunities Breakdown, Top Keywords by Traffic, Traffic Sources dan yang lainnya.

traffic web dilihat dari alexa

 

Traffic Kompetitor Sudah Ada, Apa Selanjutnya?

Bagian yang lebih sulit daripada melihat jumlah pengunjung website orang lain adalah mencari tahu dan memahami arti dari data ini sehingga kita bisa melihat kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor. Bagaimanapun, mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan oleh orang lain akan jauh lebih baik daripada menirunya, karena kita punya kelemahan dan kelebihan yang berbeda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan traffic website yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan waktu dan biaya marketing yang masing-masing dari kita miliki. Sekarang, setelah kita mengetahui apa yang kompetitor lakukan, kita harus membuatnya yang jauh lebih menarik.

Kunjungi referensi mengenai berbagai pelajaran digital marketing, antara lain SEO, SEM, Copywriting, Content Marketing, dan Copywriting yang sudah kami sediakan.