Backlink memang bukan faktor utama dalam mempengaruhi peringkat website di berbagai search engine -khususnya Google. Tapi, backlink adalah faktor penting yang akan mempengaruhi SEO dari website Anda.

Backlink menunjukkan bagaimana kredibilitas, kualitas dan kekuatan website Anda di internet. Semakin banyak backlink yang menuju ke web Anda, semakin tinggi juga reputasi web Anda di berbagai search engine seperti yang telah kita pelajari di artikel optimasi SEO Off Page. Reputasi ini sering disebut dengan Domain Authority (DA).

Sayangnya, ada banyak tutorial yang salah dalam memberikan cara mendapatkan backlink, yang mana justru membawa ke jalan spamming, dimana spamming itu sendiri sangat tidak disukai oleh Google dan users.

Padahal, ada 8 cara sederhana dan cerdas yang sebenarnya bisa dibuktikan untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi di internet, dan khusus pada artikel ini, kami akan membahasnya satu per satu.

 

8 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tanpa Spamming

Teknik ini bisa Anda lakukan tanpa harus membuat backlink palsu ataupun berbayar. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buatlah Konten Berbentuk Riset

Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua konten berakhir menjadi artikel, podcast, ataupun video, tapi Anda bisa membuatnya menjadi sebuah riset yang bermanfaat. Tipe konten ini jarang dibuat oleh sebuah perusahaan karena dianggap terlalu susah dan membuang banyak waktu.

Faktanya, sesuatu yang dianggap susah dan membuang banyak waktu bisa menghasilkan hal yang sungguh di luar dugaan. Seperti yang telah dilakukan oleh iPrice Group Indonesia saat membuat landscape ecommerce di Indonesia.

landscape ecommerce di Indonesia dari iprice

Data dari riset ini tentu akan membantu banyak sekali pebisnis ataupun pemilik usaha dalam segala hal, mungkin untuk melihat peluang berbisnis dropship di Tokopedia, melihat siapa kompetitor terbesar, ataupun melihat posisi ecommerce mereka sendiri.

Jika dibuktikan dengan Dimia.id untuk melakukan pengecekan jumlah backlink yang didapatkan oleh konten iPrice tersebut, jumlahnya ternyata sangat besar. Ada sekitar 300 ribu lebih website yang memberikan backlink ke konten riset ini.

backlink iprice dilihat dari tools SEO dimia

Bahkan, website yang memberikan backlink itu bukan website kecil. Data dari Ahrefs menunjukkan beberapa website besar yang memberikan backlink ke iPrice, seperti DailySocial, TechInAsia, ValueWalk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

web yang memberikan backlink ke iprice

2. Dapatkan Backlink dari Rekan Bisnis Anda

Terlihat simpel, tapi banyak dilupakan. Cara mendapatkan backlink berkualitas kedua adalah melalui seseorang yang sudah bekerja sama dengan bisnis Anda. Lihatlah pada tampilan di bawah ini.

babastudio bisa memberikan backlink ke partisipannya

Tampilan di atas adalah tampilan halaman daftar perusahaan dan organisasi yang pernah menjadi klien Baba Studio. Daftar tersebut sebenarnya bisa menjadi peluang besar bagi Metro TV, Semen Gresik, Gramedia Printing ataupun yang lainnya untuk mendapatkan backlink dari Baba Studio.

Caranya cukup mudah, mengingat antara mereka sudah memiliki relasi, maka siapapun yang ingin mendapatkan backlink darinya, cukup menghubungi ulang Baba Studio dan minta mereka untuk menyisipkan link ke website mereka.

Bagaimana dengan Anda? Dengan siapa saja Anda bekerja sama untuk membangun bisnis? Entah itu bekerja sama dalam hal pembiayaan, pembuatan web, digital marketing, persediaan stok barang, aplikasi ataupun yang lainnya. Tentu ada, kan?

3. Gantikan Backlink Kompetitor Menjadi Milik Anda

Backlink bisa didapatkan dengan mudah jika users menganggap konten yang Anda buat memiliki nilai penting. Karena, users akan dengan sukarela menyisipkan sumber informasinya di konten yang mereka buat.

Tapi, apa jadinya jika ternyata sumber konten yang users buat sudah hilang dan tidak bisa diakses lagi? Tentu, backlink tersebut akan dinyatakan hilang karena Google melihat link yang users sisipkan menuju ke halaman 404 dan dianggap sebagai broken links.

Data ini bisa kamu mudah dapatkan dengan tools Ahrefs melalui menu Backlink Profiles seperti di bawah ini.

broken backlinks

Lalu, apa langkah yang harus Anda lakukan berikutnya? Yaitu, membuat konten yang sama (dan lebih berkualitas) dari apa yang kompetitor Anda buat sebelumnya. Kemudian, tawarkanlah kepada pemilik bahwasannya Anda memiliki konten yang lebih bagus, dan tentunya halamannya masih ada.

4. Dapatkan dari Forum

Ya, forum! Ini merupakan trik lama bagi para praktisi SEO untuk mendapatkan backlink, dan serius ini masih berjalan hingga saat ini. Berikut tampilan backlink dari salah satu forum ke web penyedia hosting di Indonesia.

backlink dari forum

Backlink ini cukup mudah didapatkan. Cukup daftarkan diri kamu di beberapa forum, cari topik yang sesuai dengan bisnis milik Anda, dan tinggalkan komentar yang memiliki value pada salah satu thread.

Permasalahan untuk mendapatkan backlink biasanya karena forum hanya memperbolehkan link tipe “nofollow”, dimana link tipe ini tidak sesuai dengan kriteria PageRank Google.

Jangan khawatir, permasalahan ini sebenarnya masih bisa diatasi. Cukup lakukan “inspect element” pada forum yang sudah ada di daftar backlink Anda, kemudian lihat link yang mengarah ke website lain. Jika tidak ada value “nofollow” di sana, maka forum tersebut penting untuk didapatkan.

Lagipula, backlink bukan permasalahan antara “dofollow” atau “nofollow” saja, kok. Website Anda masih dikategorikan mendapatkan backlink berkualitas jika berasal dari website yang aktif, punya traffic dan tidak mengidikasikan adanya spam.

Bagaimana caranya untuk melihat seberapa banyak traffic yang didapatkan oleh forum tersebut? Cukup masukkan alamat forum di kolom yang tersedia di tools SEO Dimia.id, maka Anda akan mendapatkan data bahwa forum itu punya traffic atau tidak.

melihat traffic forum moodle dengan tools SEO dimia.id

5. Guest Blogging

Sekali lagi, jangan remehkan trik lama. Karena, trik lama jika dipoles dengan benar, maka hasilnya akan sangat di luar dugaan. Kalau yang tadi tentang forum, kali ini tentang guest blogging, teknik dimana Anda harus menjadi kontributor di suatu media sehingga punya akses untuk menciptakan sebuah ide konten.

Bahkan jauh sebelum Google menciptakan algoritma PageRank dan mengatakan bahwa backlink merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya, guest blogging sudah jauh lebih dulu dilakukan oleh praktisi marketing, tepatnya saat surat kabar populer.

Google sendiri menerima kontributor umum di blog mereka, jadi tidak ada banyak alasan untuk khawatir tentang penalti, selama posting kontributor yang Anda buat tidak berisi spam.

Tetapi jika Anda akan melakukan guest blogging, itu harus dibuat dengan kualitas tinggi. Setidaknya sebagus konten yang Anda publikasikan di situs web Anda sendiri, jika tidak lebih baik. Tidak semua guest blogging berhasil, tetapi jika Anda menganggap metode ini serius, Anda akan melihat manfaatnya.

Ingatlah dengan mindset SEO yang sudah dipelajari pada artikel sebelumnya, bahwa SEO bukan pekerjaan rutin, SEO bukan proyek dengan jangka waktu tertentu, dan SEO bukan alat untuk mengoptimasi. Perlu konsistensi dan kesabaran untuk menciptakan hasil yang maksimal.

Beberapa web yang membuka kesempatan guest blogging bagus di Indonesia antara lain Hipwee, IDNTimes, Kumparan, dan Medium. Coba Anda lakukan di salah satu web tersebut.

6. Cari Influencer yang Mention Brand Anda

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini tidak sedikit users di sosial media yang memiliki banyak pengikut dengan mudah menyebut suatu brand di kolom status sosial media mereka.

Lihatlah pada contoh di bawah ini.

brand mention

Ketika akun bernama @palituccia itu menyebut brand Sribulancer tanpa menyisipkan link sama sekali, ini dinamakan sebagai “unlinked brand mention”. Ketika ternyata ada banyak unlinked brand mention, ini artinya Anda harus siap segera mengirimkan pesan ke DM (Direct Message) atau email ke pemilik akun tersebut.

Pesan tersebut bertujuan untuk mengajak pemilik akun sosial media tidak hanya menyebut brand bisnis Anda, tapi juga menyisipkan link ke dalam web Anda.

7. Sediakan Resource Gratis

Tips berikutnya adalah memanfaatkan kebutuhan users yang biasanya mengambil resource dari website orang lain kemudian memasukkannya di konten blog, sosial media maupun yang lainnya. Resource tersebut dapat berupa template dari sesuatu yang paling sering dibutuhkan, seperti template CV, template email, template Google Analytics, template artikel blog, ataupun template yang lainnya.

Coba lihat template yang satu ini:

template cv dari canva

Ada setidaknya 21 referral domains yang memberikan backlink ke template CV dari Canva tersebut.

backlink yang didapatkan oleh canva

Jadi, apa yang harus dilakukan? Anda hanya perlu mencari tahu apa resource yang paling sering digunakan oleh pengguna atau klien bisnis Anda. Misalkan, bisnis Anda menjual jasa desain grafis, mungkin saja kumpulan font adalah resource yang paling sering dibutuhkan oleh calon klien Anda.

8. Promosikan Konten Semaksimal Mungkin ke Channel Apapun

Orang-orang berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan konten yang berkualitas, lebih baik dari kompetitor, dan memakai judul artikel yang sangat menarik. Tapi, mayoritas lupa kalau mempromosikan konten juga tidak kalah penting darinya. Bahkan, mempromosikan merupakan jalan untuk mendapatkan lebih banyak coverage dan backlink dari media lain.

Mayoritas dari mereka hanya berusaha memposting ulang kontennya ke sosial media yang mereka miliki. Faktanya, Anda masih bisa mempromosikan konten tersebut ke pemilik media, web, atau komunitas di luar sana. Melalui email yang Anda kirimkan, harapannya mereka akan tertarik untuk menjadikan konten Anda sebagai sumber atau topik yang akan dibahas.

 

Penutup

Mendapatkan backlink yang berkualitas tidak sesulit apa yang orang lain pikirkan dan sampaikan kepada Anda. Jika Anda baru memulai, memang proses ini akan sedikit memakan waktu lebih banyak. Tapi, layaknya berinvestasi, harga backlink sangat berharga untuk jangka panjang.

Mungkin tidak semua tips di atas cocok untuk bisnis Anda jalankan. Saran kami, pilih salah satu dan maksimalkan. Jangan lupa juga untuk tetap berinvetasi pada SEO di bagian lain, karena SEO bukan hanya sebatas membangun backlink. Kunjungi link belajar SEO untuk pemula dari kami. Dari sana, Anda akan terhubung dengan banyak sesi pembelajaran SEO mulai dari 0 hingga mahir.