tips membuat instagram bisnis

Apakah Anda pelaku usaha yang sedang mencari cara membuat Instagram Bisnis? Tepat sekali jika Anda membaca halaman ini. Instagram saat ini menjadi platform yang berfungsi sebagai ladang bisnis dimana pelaku usaha maupun jasa dapat menjaring konsumen. Mari pelajari langkah-langkah membuat Instagram bisnis berikut ini.

1. Buat Akun Instagram Baru

Cara membuat Instagram bisnis yang pertama adalah buat akun Instagram baru yang berbeda dari Instagram pribadi Anda. Caranya cukup mudah, masuk ke akun Instagram, klik gambar tiga baris di pojok kanan atas, lalu klik menu Setting yang berada di paling bawah. Scroll halaman ke paling bawah, disitu Anda akan menemukan menu Tambah atau Ganti Akun.

Kemudian, masukkan username yang diinginkan serta password. Setelah itu tambahkan nomor telepon dan email yang akan digunakan khusus untuk bisnis. Anda juga dapat mensinkronisasikan akun Instagram ke Facebook untuk memperluas jangkauan usaha.

2. Jadikan Akun Bisnis

Setelah membuat akun baru dan foto profil serta keterangan di bio sudah dilakukan. Cara membuat Instagram bisnis yang kedua yaitu ganti akun Anda ke profil bisnis. Pilih menu Edit Profil, lalu pilih Beralih ke Akun Profesional. Halaman yang bertuliskan Dapatkan Fitur Profesional akan muncul, cukup klik lanjutkan sampai empat kali.

Setelah itu, Anda dapat memilih kategori bisnis yang sesuai dengan yang ingin dijalankan. Klik salah satu kategori, kemudian klik selesai. Selanjutnya Anda akan menemukan pilihan Kreator dan Bisnis, pilihlah Bisnis. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi Informasi bisnis. Masukkan email, nomor telepon, serta alamat lengkap bisnis.

Langkah berikutnya Anda akan diminta menghubungkan akun Instagram ke halaman Facebook. Hal ini memang bersifat opsional, namun jika fitur seperti promosi iklan dan mengirim silang ingin digunakan, penghubungan ini diperlukan.

3. Siapkan akun Profesional Anda

Cara membuat Instagram bisnis selanjutnya adalah isi menu Lengkapi Profil Anda, Pelajari Dari Bisnis Lainnya, Jelajahi Fitur Professional, dan Bagikan Foto dan Video. Pada menu lengkapi profil, masukan nama bisnis, situs web jika punya, dan bio yang bisa diisi informasi seputar bisnis.

Fitur pelajari bisnis berisikan akun pengguna lain yang mempunyai bisnis yang sama dengan Anda. Silahkan follow pengguna yang bisa anda jadikan referensi. Selanjutnya jika Anda mengklik menu Jelajahi Fitur Professional, akan muncul Insight dan promosi. Insight adalah analitik tentang kinerja konten dan orang yang berinteraksi dengan Anda.

Sedangkan promosi adalah fitur untuk menjangkau orang baru di Instagram dengan cara mempromosikan postingan, atau biasa disebut paid-promote. Fitur ini akan dijelaskan pada langkah selanjutnya. Terakhir, siapkan foto dan video produk atau jasa anda yang menarik untuk di upload ke akun Instagram bisnis.

4. Gunakan Paid Promote

Langkah selanjutnya cara membuat Instagram bisnis adalah gunakan paid promote. Buka foto postingan Instagram Anda, klik Promosikan di sebelah kanan bawah foto. Lalu, pilih tempat untuk mengirim orang yang Anda inginkan, bisa Anda arahkan langsung ke profil Instagram, website usaha, direct message, dan etalase. Halaman selanjutnya adalah Pemirsa Target dan pilih Otomatis. Instagram yang akan memilih target yang potensial.

Kemudian pilih anggaran dan durasi yang Anda inginkan. Anggaran dimulai dari Rp10.000 per hari. Semakin banyak jangkauan yang diinginkan, anggarannya dapat dinaikkan. Anggaran per hari tersebut akan dikalikan dengan berapa hari postingan akan dipromosikan. Setelah selesai, detail promosi akan muncul sesuai pilihan yang telah dibuat. Klik Buat Promosi.

Akan muncul tambahkan metode pembayaran dengan credit atau debit card. Jika memilih debit card, pastikan terdapat logo visa atau mastercard pada kartu Anda. Kemudian, masukkan nama lengkap, nomor kartu, valid thru, dan CVV. Klik Bayar Sekarang dan foto Anda pun akan terpromosikan.

5. Gunakan Hashtag

Saat mengupload foto dan video produk atau jasa, gunakan hashtag yang berkaitan agar postingan ampuh untuk membuat produk terpromosikan lebih luas ke pengguna yang berkaitan dengan hashtag tersebut. Anda bisa memasukkan maksimal 20 hashtag dalam sekali posting, dan memasukkan hashtag lain di postingan lainnya.

###

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan cara membuat Instagram bisnis jika langkah per langkah Anda ikuti dengan baik. Ada baiknya jika hal yang diperlukan seperti akun facebook, foto dan video produk, serta kartu ATM sudah disiapkan terlebih dahulu. Selamat mencoba