SEO

Google membuat lebih dari 3.200 pembaruan algoritma per tahun. Bisa dibayangkan begitu banyaknya perubahan yang akan terjadi pada tahun 2020, bukan.

Dalam artikel ini kami akan menguraikan perubahan besar dalam SEO pada tahun 2020.

Jadi, apa yang akan terjadi pada tahun 2020?

1. Meningkatnya jumlah pencarian Google yang tidak menghasilkan klik

Menurut Jumpshot dan SparkToro 49% dari semua pencarian yang dilakukan di Google tidak menghasilkan klik. Artinya, hampir setengah dari semua pencarian di Google tidak akan mengirim traffic ke situs web manapun. Orang-orang menyerah mencari atau mendapatkan jawabannya saat itu juga dari Google. Saya memperkirakan bahwa kejadian seperti itu akan meningkat pada tahun 2020.

Tempat Kursus Digital Marketing & Website Terbaik

2. Jumlah pengunjung yang didapatkan dari traffic organik akan terus berkurang.

Tentunya di saat yang bersamaan, traffic organik terus dihasilkan dengan semakin banyaknya orang yang online dan menggunakan Google. Namun menurut Merkle, total kunjungan yang dihasilkan oleh pencarian organik turun 6% dari tahun ke tahun di kuartal kedua tahun 2019.

Baca Juga : Akankah Bisnis Kecil Masih Mendapatkan Untung dari Iklan Facebook pada Tahun 2020?

Pihak yang paling terpukul dari fenomena ini adalah perangkat seluler, di mana pertumbuhan kunjungan seluler turun 13% di kuartal pertama tahun 2019, hingga 5% di kuartal kedua tahun 2019. Jadi, pada tahun 2020, kami memperkirakan traffic juga akan turun walaupun tidak dengan kecepatan yang sama karena itulah tren yang telah terjadi.

3. Persaingan Google dengan Amazon akan semakin ketat

Setidaknya menurut Wall Street, Shopify kini menjadi alternatif dari Amazon. Shopify memungkinkan semua orang untuk memiliki toko eCommerce-nya sendiri.

Pada tahun ini,  Google telah merilis fitur Buy (Beli) di Google, bukan? Fitur ini memungkinkan orang untuk membeli produk eCommerce secara langsung di Google. Kami memperkirakan bahwa Google akan membuat lebih banyak perubahan untuk bersaing secara langsung dengan Amazon pada tahun 2020.

Seharusnya ini juga berpotensi membantu orang-orang yang memiliki toko eCommerce mereka sendiri, seperti orang-orang di Shopify, di mana mereka dapat menghasilkan lebih banyak penjualan tanpa harus membuat orang mendatangi situs web mereka yang sebenarnya. Hal ini kini menjadi mungkin dengan adanya tombol Beli di Google sekarang walaupun fiturnya masih belum sempurna.

Seiring berjalannya waktu, Google akan membuat iterasi untuk membuatnya begitu bagus sehingga orang bahkan tidak perlu mendatangi situs web Anda untuk melakukan pembelian.

4. Lebih banyak orang akan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan melalui rich snippet

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Path Interactive pada orang berusia antara 13 dan 18 tahun, sebanyak 40% dari mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari sebuah snippet tanpa perlu mengklik snippet tersebut.

Bukan berarti kita mendapatkan traffic lebih sedikit dari Google dan itu perbuatan yang jahat. Kebanyakan dari mereka hanya mencari sebuah jawaban. Tentu, mereka mungkin datang ke situs web Anda, tapi tidak berarti mereka akan membeli sesuatu atau berubah menjadi lead.

Sekarang, ketika Anda memperluas jangkauan kelompok usia dari 18 hingga 30, 20% mendapatkan apa yang mereka butuhkan dari snippet tanpa mengklik. Hal ini mengganggu sejumlah industri. Namun Google akan terus membuat lebih banyak perubahan seperti ini untuk terus memberikan pengalaman yang lebih baik.

Baca Juga : Dimia.id Raih Juara 1 Kompetisi Startup 4 Industry

Misalnya, dalam hal penerbangan, jika saya memasukkan nomor penerbangan, Google akan menunjukkan apakah penerbangan itu ditunda atau tepat waktu bahkan lengkap dengan peta yang bisa kita pantau.

Anda akan melihat Google membuat lebih banyak perubahan selain pada bidang penerbangan seperti dalam hal ketersediaan hotel, atau cuaca, mereka akan terus memperluasnya ke area lain seperti yang mereka sehingga orang bisa mendapatkan apa yang mereka cari tanpa harus mendatangi situs tertentu.

Misalnya, saya penggemar bola basket. Jadi, ketika saya mencari skor terbaru klub Lakers, saya tidak ingin membuka NBA.com. Kan saya bisa mendapatkan jawabannya langsung di Google?

Lihat, saya tidak melihat hal ini sebagai hal yang buruk. NBA.com mungkin mendapatkan lebih sedikit traffic, tapi Saya sudah menonton TV di saluran itu untuk menonton permainan Lakers, atau permainan olahraga lainnya, dan sekarang saya sedang mencari skor. Jadi, ketika saya melakukan hal ini, mereka sudah mendapatkan perhatian saya, tetapi mengapa saya harus terus mengunjungi situs web?

Anda mungkin kehilangan traffic, dan tentu saja, terkadang, orang mungkin tidak memperhatikan Anda seperti dalam contoh kasus NBA atau NFL atau liga olahraga ini, tapi inilah masalahnya, seringkali Google memberikan jawaban dan berusaha membantu banyak orang serta meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca Juga : 10 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui !

Dengan meningkatkan pengalaman pengguna, tentu, Anda mungkin mendapatkan lebih sedikit traffic, tetapi:

  • Dengan memberikan pengalaman yang lebih baik, akan lebih banyak orang yang menggunakan Google dan hal ini yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic.
  • Lebih banyak orang online yang juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak traffic.
  • Banyak dari orang-orang yang pertanyaannya dijawab oleh Google tidak membeli apa-apa ketika tiba di situs web Anda.

Jadi, apa yang akan Anda lihat tren pada tahun 2020 juga, jika Google menjawab pertanyaan orang tanpa mendatangi situs web Anda, traffic yang Anda dapatkan juga harus meningkatkan tingkat konversi.

Saya tidak ingin Anda berpikir bahwa Google itu jahat karena sebenarnya tidak. Sebenarnya mereka adalah perusahaan yang sangat bagus. Mereka bahkan memiliki keuntungan dan fasilitas yang luar biasa, seperti memberikan karyawan mereka diskon dan cashback (uang kembalian) jika pegawainya melakukan hal-hal seperti mengendarai mobil ramah lingkungan. Itu adalah hal yang bagus.

Jadi, saya memberi Anda 5 tips untuk membantu Anda menghadapi dan bahkan memanfaatkan perubahan-perubahan yang dilakukan Google:

1. Menjadi ahli dalam mengungkap intensi dalam melakukan pencarian.

Sebagian besar pemasar hanya mencari kata kunci yang harus mereka targetkan. Tapi ini bukan tentang kata kunci, ini tentang suatu permasalahan. Ketika seseorang mencari sesuatu, seringkali mereka mengajukan/memiliki suatu pertanyaan. Mereka mencari perbandingan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya untuk mengetahui produk atau layanan apa yang harus saya beli?

Jadi, Anda dapat menggunakan Uber Suggest untuk melakukan hal tersebut. Uber Suggest akan menampilkan semua pertanyaan, saran, proposisi dan perbandingan yang diketik banyak orang terkait dengan bidang Anda.

 Ini akan membantu Anda mengetahui intensi dengan lebih baik sehingga ketika Anda menargetkan kata kunci tersebut, Anda tidak hanya mendatangkan sembaranga traffic tapi lebih tepatnya traffic yang tepat sehingga mereka yang mengunjungi situs Anda akan menghasilkan konversi.

Baca Juga : 9 Tips Jitu Buat Toko Onlinemu Sukses dan Menghasilkan Profit Besar

2. Tingkatkan CTR Anda

Buatlah judul yang meyakinkan. Semuanya tentang membuat orang mengklik iklan Anda. Bahkan jika Anda tidak berada pada posisi teratas, bukan artinya Anda tidak bisa mendapatkan jumlah klik lebih banyak daripada iklan yang berada di atas Anda.

Anda dapat melakukan beberapa hal seperti membuat judul yang menarik, menggunakan kata kunci dalam judul Anda, menulis deskripsi meta yang menakjubkan sehingga orang-orang ingin mengklik dan membacanya.

Anda juga bisa menggunakan mark-up breadcrumb yang juga bisa membantu.

Anda juga dapat menggunakan alat seperti ClickFlow yang akan membantu Anda mengoptimalkan tag judul Anda. Mereka juga punya solusi yang gratis. Jadi, dengan begitu Anda bisa mendapatkan lebih banyak klik.

3. Jelajahi schema mark-up sebanyak-banyaknya.

Schema mark-up membantu menonjolkan iklan Anda. Misalnya, di situs NeilPatel.com, Saya cukup sering menggunakan skema FAQ. Jadi ketika Anda mencari istilah seperti digital marketing, Anda akan melihat indentasi yang berisi pertanyaan umum yang saya jawab saat itu juga. Untuk apa kita melakukannya? Karena, hal ini membantu saya meningkatkan peringkat dan secara keseluruhan mendapatkan lebih banyak klik di situs web saya.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

4. Berusaha membangun audiens yang loyal

Dengan membangun audiens yang loyal, Anda dapat membuat mereka kembali ke situs web Anda. Itu sebabnya saya menggunakan langganan email. Jadi, saya menggunakan alat seperti Hello Bar untuk membuat orang berlangganan iklan saya. Jadi, saya bisa mengirimkan email massal setiap kali saya memiliki posting blog baru dan pembaruan fitur baru.

Saya menggunakan alat seperti Subscribers untuk pemberitahuan push karena saya dapat mengirimkan push setiap kali saya memiliki posting blog, video maupun podcast baru sehingga semakin banyak orang yang kembali ke situs web saya.

 Saya meningkatkan saluran sosial, bahkan obrolan bot seperti MiniChat atau MobileMonkey.

Ini semua adalah cara saya untuk mendapatkan lebih banyak orang mengunjungi situs saya kembali.

5. Mengadopsi pendekatan saluran omni.

Anda tidak ingin hanya mengandalkan SEO atau iklan berbayar atau media sosial, atau pemasaran konten. Saat Anda menggabungkan semuanya dan menggunakannya bersama-sama, Anda akan melihat bahwa CPA Anda turun, dan orang semakin sering melihat Anda. “The rule of seven” dalam pemasaran adalah mereka yang melihat konten Anda selama tujuh kali memiliki kemungkinan lebih besar untuk dikonversi. Hal ini akan membantu Anda membangun merek.

Berikutnya Baca : Karakteristik Bisnis Digital

Sumber : Neil Patel Youtube Channel