Analisis produk

Untuk mengembangkan dan  menjual suatu produk perlu dilakukan yang namanya analisa produk. Jika anda seorang penjual online atau pemilik bisnis, maka sebelum anda melakukan suatu penjualan, riset produk ini sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Lalu apa itu riset produk dan kenapa riset produk itu sangat penting sebelum melakukan penjualan atau bisnis Online? 

Apa itu Analisis produk?

Analisa produk merupakan proses yang dilakukan untuk bisa mendapatkan informasi terkait data suatu produk dengan keinginan pelanggan. Pada tahapan ini, anda sebagai seorang penjual harus mencari tahu produk apa yang sedang diinginkan oleh pelanggan. Analisis produk bisa membantumu untuk bisa memaksimalkan  kinerja  penjualan terhadap  produk yang akan dijual. 

Analisis produk berusaha untuk bisa mendefinisikan setiap bagian dari suatu produk yang akan dijual, sehingga bisnis dapat lebih memahami bagaimana mengelola profitabilitas dan daya tarik pelanggannya. Analisis ini mencakup:

  1. Desain atau Foto Produk
  2. Harga Produk
  3. Judul Produk
  4. Target Pasar
  5. Persaingan Produk

Kenapa Analisis produk itu sangat penting?

Pada dasarnya akan terlihat mustahil membuat bisnis menjadi berhasil tanpa melakukan pengembangan produk. Kamu tentunya pasti tahu kan, kenyataannya produk tersebut tidak bisa langsung dijual begitu saja setelah diproduksi. Adanya kebutuhan pelanggan, kompetitor, dan persaingan pasar membuat pengembangan produk ini penting. Misalnya saja dalam memberikan inovasi atau menciptakan kelebihan dari produk tersebut. Nah, pengembangan produk ini tidak dapat dilakukan tanpa melakukan riset. 

Analisis suatu produk membuat anda untuk bisa memahami hal yang diinginkan oleh setiap pelanggan, sehingga bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan mereka. Proses ini juga bisa membuat anda untuk mengetahui bagaimana respon pelanggan terhadap produk yang anda jual.

Analisa Produk Selain untuk bisa menciptakan strategi untuk mendominasi pasar, analisa produk juga digunakan untuk bisa meminimalisir terjadinya potensi masalah dan menghindari kesalahan pada pembiayaan. Misalnya kesalahan dalam meluncurkan sebuah produk. Hal ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan adanya risiko, seperti produk yang jual ternyata tidak laku. Oleh karena itu, pentingnya melakukan riset produk dalam menjalankan bisnis.

 

Manfaat Melakukan Analisis  produk

Secara umum, analisa produk tentunya bisa memiliki manfaat yang positif untuk pengembangan dan penjualan produk. ada beberapa manfaat yang didapat setelah anda melakukan analisa produk diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk bisa memahami kebutuhan pengguna dan masalah mereka
  2. Untuk bisa memudahkan dalam proses pengembangan dan inovasi suatu Produk
  3. Untuk bisa mendapatkan keunggulan dibanding kompetitor

Baca Juga :

Cara Analisa SEO

Belajar SEO Lebih dalam

Cara melakukan Analisis produk laris di marketplace  dengan Menggunakan dimia.id

 

Setelah mengetahui manfaat dari analisa produk, mari kita melakukan analisa produk dengan menggunakan aplikasi dimia.id

untuk melakukan riset produk laris di marketplace langkah yang pertama anda buka dimia.id, dibawah ini adalah tampilan gambar website dari dimia.id

untuk menggunakan aplikasi dimia.id, langkah yang pertama silahkan anda login terlebih dahulu, jika sudah login selanjutnya anda klik menu riset produk:

Analisis produk

di menu riset produk silahkan anda masukan kata kunci produk apa yang ingin anda cari, contoh disini saya menggunakan kata kunci produk kacamata.

Analisis produk

dari gambar diatas kita bisa ambil kesimpulan dari data dimia.id, 

dengan dimia.id kita bisa melihat peluang dan besarnya pasar, dengan kata kunci kacamata, dicari di mesin pencari google dengan jumlah 135.000 di Google, dan di tokopedia terjual sebanyak 128,376 serta di shopee terjual sebanyak 3,152,191 , dari data tersebut kita bisa melihat tempat yang cocok untuk berjualan kacamata yaitu di shopee.

Analisis produk

Selanjutnya kita akan coba melakukan analisa produk , mulai dari foto produk, harga produk, serta jumlah terjual dari masing-masing produk.