performa

Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset kata kunci di Pinterest sedikit berbeda dengan yang mungkin kamu lakukan sebelumnya di Google. Tips riset di Pinterest salah satunya bisa dilakuka SEO dengan mengetikan topic yang relevan dengan niche kamu pada menu pencarian :

 

Pada hasil pencariannya nanti, akan muncul kotak berwarna yang mengandung kata kunci di bagian atas hasil. Itu adalah bagian dari penelusuran terpandu Pinterest, yang menyarankan istilah pengubah terkait untuk mempersempit hasil kamu

Kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk memutuskan topik mana yang akan dibahas di situs web kamu dan kata kunci populer apa yang akan disertakan saat membuat pin.

Dan pastikan untuk melihat situs lain di niche kamu yang memiliki peringkat dan lihat  apa yang mereka lakukan

.

Buat Profile Yang Kaya Kata Kunci

Selain konten situs web, profil pinterest kamu juga harus dioptimasi untuk hasil pencarian.

Pastikan untuk memilih Username yang ramah SEO dan isi  bagian About dengan URL situs webmu, sisipkan juga deskripsi singkat tentang niche atau spesialisasi kamu disana, dan pastikan untuk menggunakan logo atau foto profil berkualitas tinggi.

 

Buat Board Dengan Kata kunci Utama Dan Optimasi Deskripsinya

Algoritma Pinterest mempertimbangkan Board (Beranda profil di Pinterest) saat menetukan visibilitas dan jenis konten apa yang kamu garap. Jadi penting sekali untuk mengorganisir konten kamu supaya cocok dengan kata kunci populer dan yang kamu targetkan.

Semisal niche yang kamu garap membahas bisnis digital, maka kamu bisa beri judul Board kamu dengan nama relevan seperti “Strategi konten Marketing”, atau “Ide Bisnis digital untuk Start Up”.

 

Sisipkan Kata kunci yang ditargetkan Pada Pins

Saat memberi nama dan deskripsi untuk Pins kamu, penting untuk menyisipkan kata kunci yang kamu incar disana. Selain itu, karena Pinterest merupakan media penghubung visual, pastikan untuk menggunakan foto atau gambar berkualitas tinggi.

Sedangkan untuk konteks gambar, cukup gunakan warna cerah dan memiliki kontras baik. Jangan lupa juga untuk menambahkan teks pada gambar menggunakan media seperti photoshop.

 

Buat Beberapa Gambar Berbeda Pada Postingan Yang Sama

Tahukah kalau kamu bisa melampirkan URL yang sama ke beberapa pin dengan gambar berbeda ? Pinterest menyukai konten segar dan memungkinkan kamu menargetkan beberapa kata kunci di satu postingan yang sama.

Jika kamu Menyematkan artikel dari situs web, misalnya, buat beberapa gambar yang mirip dengan menarik gambar dari artikel dan menghamparkan teks (dan menyesuaikan dimensi gambar) dengan alat desain grafis favorit mu.

Kemudian, ubah setiap gambar menjadi Pin yang menautkan kembali ke postingan yang sama. Gunakan judul dan deskripsi yang kaya kata kunci yang berbeda untuk setiap Pins-nya.

 

Rilis Pins Secara Konsisten

Saat membuat banyak pin dan menggunakan penjadwal otomatis, tidak perlu waktu lama  terutama karena kamu akan menyematkan tautan yang sama beberapa kali, menggunakan gambar yang berbeda, atau memposting Pins ke berbagai Board .

Selain itu, tidak semua pins kamu bersifat orisinil. Aturan praktis yang baik adalah mengikuti aturan 80/20: 80 persen dari pins kamu harus menyematkan ulang materi orang lain yang menurut kamu akan membantu follower kamu. Dan hanya 20 persen saja dari pins kamu yang harus orisinil atau asli buatan sendiri.

Mengenai frekuensi Pin, Penting untuk menjaga konsistensi saat merilisnya di Pinterest. Idealnya kamu bisa merilis 5-30 Pins setiap harinya.

Waktu terbaik untuk memasang Pin adalah saat audiens kamu online, jadi cara terbaik adalah memeriksa analitik Pinterest kamu sendiri untuk data tertentu. Hanya saja pastikan untuk menghindari merilis pin pada waktu jam kerja.

 

Bergabung dengan Grup Board

Meski kamu harus sering terlibat di Pinterest dengan mengikuti orang lain di niche terkait, mengomentari Pin mereka, maupun menanggapi komentar di pin kamu, disini kamu juga bisa meningkatkan keterlibatan kamu dengan bergabung dalam Grup Board.

Sama halnya seperti Grup di platform social media lain, Grup Board di  interest bersifat kolaboratif dimana didalamnya terdapat beberapa Pengepin (Pinner) menyumbangkan konten serupa.

Ini adalah cara yang bagus juga untuk mencari audiens baru. Gunakan juga tools pencarian seperti PinGroupie untuk mencari grup komunitas board yang memiliki niche yang sama denganmu.

 

SUmber : https://www.seoblog.com/how-to-use-pinterest-seo/